Arti Nama Fadhil dan Kombinasinya untuk Bayi Laki-Laki

Arti Nama Fadhil

Arti Nama Fadhil

Memberi nama untuk sang buah hati tentu tidak boleh sembarangan. Bagaimana pun juga, nama adalah hal yang melekat sejak awal hingga akhir hidupnya, juga menjadi identitasnya. Terlepas dari nama apa pun yang kamu pilihkan, nama tersebut harus mengandung makna serta doa yang baik.

Salah satu nama bermakna baik yang bisa kamu pertimbangkan adalah Fadhil.

Fadhil adalah nama islami yang memiliki arti “yang mulia”. Dalam konteks ini, mulia dapat berarti dua hal. Pertama, dimuliakan Tuhan akibat iman serta perbuatan baiknya, dan kedua, dianggap berderajat tinggi oleh orang-orang di sekitarnya.

Walaupun Fadhil adalah nama yang umum dijumpai di Indonesia, nama Fadhil tetap dapat dikombinasikan dengan nama lain untuk memberi kesan unik. Yuk, simak rekomendasi nama-nama tersebut di bawah ini!

1. Adzriel

Nama Adzriel yang jarang ditemui di Indonesia membuat nama ini cocok dikombinasikan dengan nama Fadhil. Selain itu, ia juga memiliki makna yang indah: sempurna.

Apabila nama Adzriel dan Fadhil digabungkan, maka makna yang tercipta adalah “lelaki mulia yang memiliki banyak kelebihan”. Walaupun tak ada manusia yang sempurna, setidaknya penyandang nama Adzriel diharapkan akan selalu berusaha memperbaiki diri dan mendekati kesempurnaan.

2. Zhafar

Zhafar adalah nama islami yang memiliki arti “kemenangan”.

Dengan memberikan nama Zhafar dan Fadhil kepada sang buah hati, maka kamu berharap bahwa ia akan tumbuh menjadi lelaki mulia yang menang. Menang sendiri dapat berarti sukses dunia dan akhirat.

Baca jugaArti Nama Wahyu

Apabila kamu kurang menyukai nama Zhafar, kamu bisa menggunakan nama Falah yang memiliki arti sukses dan beruntung.

3. Pradipta

Kata siapa nama islami adalah nama yang kaku dan tidak cocok dikombinasikan dengan nama dari bahasa lain?

Pradipta adalah nama Sanskerta yang cocok dikombinasikan dengan nama Fadhil. Pradipta sendiri memiliki arti “terang dan bercahaya”. Dalam konteks ini, bercahaya bisa berarti tampan secara fisik, baik secara kepribadian, maupun cemerlang secara akal (pintar). Sifat-sifat yang tentu kamu dambakan dalam seorang anak laki-laki, bukan?

Rekomendasi nama Sanskerta lain yang mungkin bisa kamu pertimbangkan adalah Birendra (pemimpin para ksatria), Dewananda (karunia Tuhan), dan Ekawira (berjiwa pemberani).

4. Abqary

Abqary adalah nama islami yang memiliki arti cerdas dan jenius. Nama ini cocok dikombinasikan dengan Fadhil secara makna, karena makna mereka saling melengkapi. Seseorang yang berilmu tentu ditinggikan derajatnya di hadapan Tuhan, bukan?

Apabila nama Abqary kurang menarik bagi kamu, kamu bisa menggunakan Daniyal dan Dhakiy yang juga berarti pintar atau jenius.

5. Estiawan

Estiawan adalah nama khas Indonesia yang berasal dari Jawa. Ia memiliki arti “pria yang bercita-cita”.

Nama Estiawan cocok digunakan apabila kamu menginginkan buah hatimu tumbuh menjadi lelaki yang selalu bersemangat, tekun, dan punya visi hidup. Dengan begitu, ia pun menjadi lebih mudah untuk meraih kesuksesan dan dianggap sebagai orang berderajat tinggi.

Baca jugaArti Nama Kevin

Nama Jawa lain yang bisa kamu gunakan adalah Wijayanto (kejayaan) dan Budianto (berhasil).

6. Fakhri

Apakah kamu menginginkan sosok anak laki-laki yang membuat kamu bangga?

Jika iya, nama Fakhri yang berarti kebanggaan adalah nama yang cocok untuk kamu gunakan. Selain sebagai doa agar ia akan selalu membanggakan kamu dan keluarga, nama Fakhri juga bisa menjadi simbol bahwa ia adalah anak kebanggaan keluarga.

7. Uzair

Sebagai rekomendasi terakhir, ada nama Uzair yang memiliki arti penolong.

Apabila Uzair digabungkan dengan Fadhil, maka makna yang tercipta adalah lelaki yang dimuliakan oleh Tuhan karena sifat penolongnya. Tak hanya itu, ia juga akan dianggap sebagai manfaat bagi orang-orang di sekitarnya.