Arti Nama Fajar dan Kombinasinya

Arti Nama Fajar

Arti Nama Fajar

Salah satu hal yang perlu orang tua persiapkan untuk menyambut kelahiran sang buah hati tercinta adalah sebuah nama dengan makna yang indah. Ayah dan bunda tidak bisa memilih nama tanpa mempertimbangkan arti di dalamnya.

Perlu diingat bahwa nama adalah salah satu bentuk doa dari orang tua untuk anak-anaknya. Itulah alasan kenapa ayah dan bunda harus berhati-hati dalam memilih nama yang cocok untuk si kecil nantinya.

Salah satu nama yang memiliki arti baik adalah nama Fajar.

Nama Fajar memiliki arti matahari terbit dalam bahasa Melayu-Indonesia. Sedangkan dalam bahasa Jawa, nama Fajar memiliki arti lahir di waktu fajar.


Arti yang tak jauh berbeda juga dimiliki oleh nama Fajar dalam bahasa Arab. Dalam bahasa Arab, nama Fajar memiliki arti fajar, dini hari, cahaya putih dan lahir pada waktu fajar.

1. Revan Fajar Kurniawan

Rangkaian nama pertama adalah Revan Fajar Kurniawan. Nama ini tidak terlalu asing di telinga orang Indonesia. Selain itu, nama ini juga memiliki arti yang cukup bagus.

Nama Revan memiliki arti yang berambut hitam dalam bahasa Inggris- Amerika. Sedangkan nama Kurniawan memiliki arti kecintaan dan kebahagiaan dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, ada arti lain juga untuk nama Kurniawan dalam bahasa Sunda, yaitu laki-laki karunia Tuhan.

Baca Juga : Arti Nama Aditya

2. Fajar Ramdani

Selanjutnya ada nama Fajar Ramdani. Nama ini memiliki nuansa islami orang Indonesia pada umumnya. Artinya juga pasti sudah bisa ayah dan bunda tebak sendiri.

Nama Ramdani memiliki arti yang cukup bagus loh. Tidak kalah dengan nama lainnya, nama Ramdani memiliki arti bulan Ramadhan dalam bahasa Indonesia. Nama ini biasa digunakan oleh banyak orang saat anak mereka lahir pada bulan Ramadhan.

3. Fajar Putra Syahputra

Rangkaian nama yang ketiga adalah Fajar Putra Syahputra. Nama ini tergolong unik dengan pengulangan nama putra dengan arti yang berbeda.

Nama Putra dalam bahasa Melayu-Indonesia memiliki arti anak laki-laki. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, nama Putra memiliki arti anak lelaki, lelaki, dan pangeran.

Berbeda dengan nama Syahputra yang secara islami memiliki arti teguh dan berkuasa.

4. Dimas Fajar Pradipta

Rangkaian nama yang selanjutnya adalah Dimas Fajar Pradipta. Pasti ayah dan bunda juga pernah mendengar nama yang satu ini bukan? Nama ini memang cukup popular di Indonesia.

Tapi tenang, nama ini bukan nama pasaran kok jika ayah dan bunda pandai dalam memadu padankan nama.

Nama Dimas memiliki arti dalam beberapa bahasa. Dalam bahasa Sansekerta, nama Dimas memiliki arti adik laki-laki. Dalam bahasa Yunani, nama Dimas memiliki arti popular yang merupakan bentuk lain dari nama Demas.

Selanjutnya dalam bahasa Portugis nama Dimas memiliki arti matahari terbenam dan dalam bahasa Indonesia memiliki arti saudara termuda dan yang terkasih.

Arti yang bagus juga dimiliki oleh nama Pradipta. Nama ini memiliki arti terang dan bercahaya dalam bahasa Sansekerta. Sedangkan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, nama Pradipta memiliki arti terang dan cahaya.

5. Fajar Chandra Bimantara

Rangkaian nama yang kelima adalah Fajar Chandra Bimantara. Nama yang keren ini memiliki arti yang tak kalah keren. Pasti anak ayah dan bunda akan nampak lebih istimewa dengan nama ini.

Nama Chandra memmiliki arti yan cukup banyak dalam beberapa bahasa.

Dalam bahasa Sansekerta, nama Chandra memiliki arti yang bermartabat, jalan penghidupan yang tenteram, merdeka, bahagia, sempurna, istimewa, bulan yang bersinar dan cahaya.

Sedangkan dalam bahasa Inggris-Amerika, nama ini memiliki arti seperti bulan.

Nama Bimantara juga memiliki arti yang bagus dalam bahasa Jawa dan Sansekerta.

Arti nama Bimantara ini sama dalam bahasa Jawa dan Sansekerta, yaitu penguasa udara di mana dalam bahasa Jawa sendiri nama Bimantara merupakan bentuk lain dari nama Bamantara.

6. Ardian Frestian Fajar

Rangkaian nama yang keenam adalah Ardian Frestian Fajar. Nama ini tergolong unik. Nama yang unik untuk anak ayah dan bunda yang memang sangat istimewa di hati orang tuanya.

Nama Ardian memiliki arti sehat dan rukun dalam bahasa Indonesia.  Sedangkan nama Rizki memiliki arti pemberian dalam bahasa Arab.

7. Fajar Satria Pranaja

Selanjutnya ada nama Fajar Satria Pranaja. Nama ini memiliki kesan Jawa yang sangat bermartabat. Nama ini patut untuk ayah dan bunda pertimbangkan menjadi nama untuk si kecil

Nama Satria memiliki arti yang cukup banyak dalam bahasa Indonesia, yaitu, pejuang, jalan penghidupan yang tenteram, merdeka, bahagia, sempurna, dan prajurit yang berani.

Sedangkan dalam bahasa Jawa, nama Satria memiliki arti berani dan gagah. Berbeda dengan nama Satria, nama Pranaja memiliki arti laki-laki dalam bahasa Sansekerta.

8. Abinaya Fajar Agam

Rangkaian nama yang kedelapan adalah Abinaya Fajar Agam. Nama ini memang tidak terlalu popular di Indonesia. Namun ayah dan bunda tetap bisa menjadikannya pilihan karena artinya yang bagus.

Nama Abinaya memiliki arti semangat dalam bahasa Sansekerta dan akan menjadi anak yang penuh semangat dalam bahasa Jawa.

Sedangkan nama Agam sendiri memiliki arti masa depan baik, besar, gagah dan kuat dalam bahasa Indonesia dan lelaki dalam bahasa Aceh.

9. Fajar Nandana

Yang terakhir adalah Fajar Nandana. Nama ini cukup singkat dan mudah diingat. Jika ayah dan bunda ingin nama yang sederhana dan mudah diingat, ayah dan bunda bisa menjadikan nama yang satu ini sebagai pilihan.

Nama Nandana memiliki arti anak laki-laki dalam bahasa Jawa dan Sansekerta. Ayah dan bunda bisa menyelipkan nama yang satu ini untuk nama anak laki-laki ayah dan bunda nantinya.

Baca Juga : Arti Nama Farel

Itulah 9 rangkaian nama dengan nama Fajar di dalamnya. Arti baik yang dimiliki oleh nama Fajar tentu akan semakin sempurna jika dirangkai dengan beberapa nama di atas. Sekarang tinggal ayah dan bunda yang menentukan nama mana yang paling cocok untuk buah hati tercinta.