Arti Nama Gita Dan Sejarahnya Untuk Bayi Perempuan

Diposting pada
Arti Nama Gita
Arti Nama Gita

Sebagian besar orang tua tidak pernah memberikan nama kepada putra-putrinya secara asal. Mereka kerap memikirkannya sejak jauh-jauh hari, bahkan saat anak yang dimaksud belum dititipkan oleh Tuhan.

Bagaimana pun juga, memberi nama adalah hal yang menyenangkan. Apalagi, di balik setiap nama, pasti ada hal indah yang terselip. Contohnya adalah harapan, doa, dan bahkan kenangan manis.

Apakah kamu akan segera memiliki anak, adik, atau keponakan perempuan? Jika iya, mungkin satu nama ini bisa jadi inspirasi untuk kamu: Gita.

Arti dan Asal-Usul Nama Gita

Gita adalah kata dalam bahasa Sansekerta yang memiliki arti cerdas, beruntung, dan berhasil. Kata Gita juga terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang berarti nyanyian, lagu, atau pita puja.


Baik dalam bahasa Sansekerta maupun bahasa Indonesia, dua-duanya memiliki makna yang menarik. Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak perempuan yang diberkahi kecerdasan dan keberuntungan, atau memiliki anak yang ”menenangkan” seperti nyanyian.

Seperti yang mungkin telah kamu ketahui, Gita adalah nama yang lazim ditemukan di Indonesia. Gita dapat digunakan sebagai nama depan, nama tengah, atau nama belakang, juga dikombinasikan dengan nama lain.

Penasaran apa saja kombinasi nama Gita dengan nama lain? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Damayanti (Gita Damayanti, Damayanti Gita)

Sama seperti Gita, Damayanti juga berasal dari bahasa Sansekerta. Artinya adalah berparas rupawan.

Nama Damayanti cocok dikombinasikan dengan Gita, baik jadi nama depan atau belakang, karena nama Damayanti melengkapi makna nama Gita. Siapa yang tak ingin memiliki anak perempuan cerdas, beruntung, sekaligus berwajah rupawan?

Apabila kamu tak terlalu menyukai nama Damayanti, kamu bisa mengganti nama ini dengan nama lain yang bermakna sama, kok. Contohnya adalah Charvi dan Nayna (cantik). Keduanya juga berasal dari bahasa Sansekerta.

Lakshita (Gita Lakshita, Lakshita Gita)

Gita
Gita

Apa artinya cerdas dan beruntung jika tak memiliki tujuan hidup?

Bagi kamu yang masih bingung ingin menyandingkan nama Gita dengan kata apa, mungkin kamu bisa mempertimbangkan Lakshita. Lakshita sendiri adalah kata dalam bahasa Sansekerta yang berarti ”hidup dengan tujuan”.

Dengan memberikan nama Lakshita, berarti kamu mendoakan anak, adik, atau keponakan perempuan kamu menjadi perempuan yang memiliki visi hidup. Ia pun tumbuh menjadi anak yang berprinsip, teguh pendirian, dan selalu berusaha meraih kesuksesan.

Jika menurut kamu Lakshita bukanlah nama yang tepat, kamu bisa menggunakan nama Maya (gemar bekerja) atau Uttamika (giat bekerja). Walaupun artinya tak persis sama dengan Lakshita, setidaknya sifat Maya dan Uttamika akan berujung pada sifat Lakshita.

Esana (Esana Gita, Gita Esana)

Bagi kamu yang sudah lama mendamba-dambakan anak, adik, atau keponakan perempuan lalu akhirnya mendapatkannya, Esana adalah nama yang tepat untuk kamu pilih.

Dalam bahasa Sansekerta, Esana memiliki arti ”yang diinginkan”. Jika kamu menggunakannya, nama ini akan mengingatkan kamu pada penantian panjang yang berbuah manis, sehingga kamu lebih menghargai kehadirannya. 

Ngomong-ngomong, jika disandingkan dengan Gita, nama Esana akan memiliki arti ”anak perempuan cerdas dan beruntung yang sudah lama diinginkan”. Nama yang bagus, ya?

Basanti (Gita Basanti, Basanti Gita)

Walaupun Basanti bukan nama yang umum digunakan di Indonesia, nama ini tetap layak untuk kamu pertimbangkan, lho! Bagaimana pun juga, Basanti memiliki arti ”musim semi” yang identik dengan mekarnya bunga, keindahan, dan kesejukan.

Apabila kamu menyandingkan nama Basanti dan Gita, berarti kamu mengharapkan anak, adik, atau keponakan perempuan kamu menjadi anak yang cerdas, beruntung, tetapi juga ”indah” secara sifat. Ia akan tumbuh menjadi pribadi yang membawa ketenangan kepada orang-orang di sekitarnya.

Nama lain yang memiliki arti serupa dengan benda atau hal indah lainnya adalah Judistia (sinar matahari) dan Chandini (cahaya bulan). Mungkin, kamu bisa memilih salah satunya.