Arti Nama Maulana Dan Kombinasinya Untuk Bayi Laki-Laki

Arti Nama Maulana

Arti Nama Maulana

Apakah kamu seorang penggemar nama-nama berbau islami?

Nama-nama islami memang pantas untuk diberikan kepada anak, adik, atau orang tersayang lainnya. Selain karena nama itu adalah nama yang lazim digunakan di beberapa belahan dunia, nama islami juga terdengar indah dan meneduhkan. Apalagi banyak makna positif dan doa yang tersimpan di baliknya.

Salah satu nama islami yang mungkin bisa kamu pertimbangkan adalah Maulana.

Arti dan Asal-Usul Nama Maulana

Maulana adalah kata berbahasa Arab yang berarti pelindung. Di dalam islam, kata ini muncul beberapa kali dalam Al-Qur’an, seperti dalam surah Al-Baqarah ayat 286.

Maulana adalah nama yang lazim diberikan kepada anak laki-laki dengan harapan bahwa anak tersebut akan melindungi segenap keluarga dan orang-orang di sekitarnya tanpa pamrih.

Selain itu, ia juga diharapkan tumbuh menjadi orang terpelajar, taat dalam menjalankan perintah Allah SWT, dan dihormati banyak orang. Nama yang indah, bukan?

Untuk melengkapi nama tersebut, kamu tentu membutuhkan kombinasi nama lain yang tak kalah indahnya. Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini!

1. Akbar (Maulana Akbar, Akbar Maulana)

Dalam bahasa Arab, Akbar memiliki arti “agung”. Apabila kamu menggabungkan nama Akbar dan Maulana, maka arti yang akan tercipta adalah “pelindung yang agung, dihormati oleh banyak orang, dan suka mengayomi”. Nama yang tepat untuk anak, adik, atau keponakan laki-laki kamu, kan?

Baca jugaArti Nama Gita

Sama seperti Maulana, Akbar adalah nama yang cukup lazim digunakan di Indonesia. Namun, apabila kamu ingin menggunakan nama lain yang terdengar lebih modern, kamu bisa menggunakan “Rudi”.

Menurut sumber yang beredar, Rudi sendiri adalah kependekan dari kata Rudiger (bahasa Jerman) yang berarti “terkenal akan kebaikannya”.

2. Sarfraz (Maulana Sarfraz, Sarfraz Maulana)

Jika kamu adalah penyuka nama-nama unik dan jarang digunakan oleh orang lain, nama Sarfraz adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Sarfraz adalah kata dalam bahasa Sansekerta yang berarti “angkat kepala ke atas”. Dalam konteks ini, arti Sarfraz bukanlah benar-benar mendongak ke atas, melainkan pantang menyerah dan memandang segala sesuatunya secara visioner.

Penyandang nama Sarfraz diharapkan menjadi orang yang tidak mudah terlena dengan masa lalu, juga senantiasa bersikap optimis.

Jika digabungkan dengan Maulana, maka makna yang akan tercipta adalah “pelindung yang fokus pada kesuksesan di masa depan”. Sebuah kombinasi yang cocok, kan?

3. Aksa (Maulana Aksa, Aksa Maulana)

Bagi kamu yang menyukai nama dengan sentuhan modern, mungkin kamu bisa menggunakan nama Aksa.

Aksa memiliki makna “orang yang berwajah cerah”. Terdapat dua arti dari makna tersebut, yakni orang yang wajahnya tampan secara fisik, juga orang yang hatinya begitu baik sehingga kebaikan tersebut seakan terpancar dari wajahnya. Aksa juga bisa jadi singkatan dari kata Angkasa.

Aksa dan Maulana memiliki arti “pelindung yang fisik serta batinnya cerah”. Indah, bukan?

Namun, kalau kamu merasa kurang sreg dengan nama itu, kamu juga bisa menggunakan Arkana (berhati terang), Pradipa (terang bercahaya), atau Afnan (wajah tampan berseri-seri).

4. Amir (Maulana Amir, Amir Maulana)

Amir adalah salah satu nama islami dengan arti yang indah: pemimpin.

Amir adalah nama yang cocok disandingkan dengan Maulana karena arti keduanya melengkapi satu sama lain. Pemimpin (arti Amir) tentu harus berperan sebagai pelindung (arti Maulana), bahkan jika ia harus mengorbankan dirinya sendiri. Nama yang sangat mulia, bukan?

Baca jugaArti Nama Cadudasa

Selain Amir, nama lain yang juga bisa kamu gunakan adalah Mursyid (pembimbing) dan Nizar (yang memerintah). Keduanya memiliki makna yang tak jauh berbeda.

Arti Nama Maulana Dan Kombinasinya Untuk Bayi Laki-Laki | nur azizah | 4.5