Arti Nama Nabila Dan Kombinasinya Untuk Bayi Perempuan

arti nama nabila

arti nama nabila

Sedang butuh inspirasi nama islami untuk anak, adik, atau keponakan perempuan?

Mungkin, nama Nabila bisa jadi inspirasi kamu.

Nabila, bisa juga ditulis Nabilah, Nabeelah, atau Nabiha, adalah kata dalam bahasa Arab yang memiliki arti “cerdik dan mahir”.

Sebagai bentuk feminin dari Nabil, ia juga bisa bermakna “mulia”. Nabila adalah nama yang cukup umum ditemui di Indonesia. Beberapa tokoh terkenal yang menyandang namanya adalah Nabila Syakieb (bintang iklan, artis) dan Nabilah Ratna (penyanyi, artis).

Nabila adalah nama yang mudah dikombinasikan dengan nama lain, bahkan nama yang tidak berasal dari bahasa Arab sekalipun. Ingin tahu apa saja rekomendasinya? Yuk, simak kelanjutan artikel di bawah ini!

1. Kaehalani (Nabila Kaehalani, Kaehalani Nabila)

Mengingat Kaehalani adalah nama yang jarang ditemui di Indonesia, pasti kamu penasaran, kan, darimana nama ini berasal?

Kaehalani adalah nama yang berasal dari sebuah negara bagian terkenal milik Amerika Serikat, yakni Hawaii. Hawaii terkenal dengan tari hula-hula, pantai, dan keeksotisannya.

Walaupun Kaehalani berhubungan dengan kesenangan fisik, arti nama itu sendiri ternyata sarat akan makna spiritual, lho! Kaehalani memiliki makna “kabut surgawi”.

Kaehalani adalah nama yang cocok untuk menjadi pasangan nama Nabila. Selain karena terdengar klasik, makna Kaehalani juga melengkapi nama Nabila. Makna yang tercipta apabila kedua nama tersebut disandingkan adalah “putri yang cerdik, mahir, dan merupakan anugrah dari surga”.

2. Akiko (Nabila Akiko, Akiko Nabila)

Bagi kamu yang menginginkan sentuhan unik, kamu bisa menggunakan nama dari Jepang, lho. Salah satunya adalah Akiko yang memiliki dua arti: anak musim gugur dan anak yang cemerlang.

Nabila adalah nama yang cocok untuk Akiko. Selain karena terdengar indah, makna kedua nama ini juga saling berkaitan. Apabila nama Nabila dan Akiko digabungkan, makna yang akan tercipta adalah “anak perempuan cemerlang yang cerdik luar biasa”.

Baca jugaArti Nama Dewi

Makna lain yang juga bisa tercipta adalah “anak perempuan cemerlang yang seindah musim gugur”. Dalam konteks ini, indah dapat berarti indah secara fisik maupun secara kepribadian.

Rekomendasi nama Jepang lain yang bisa kamu gunakan adalah Akina (bunga musim semi), Asami (keindahan pagi), dan Ayomi (langkah yang luar biasa).

3. Annisa (Nabila Annisa, Annisa Nabila)

Jika dua rekomendasi di atas merupakan rekomendasi nama yang jarang ditemui di Indonesia, rekomendasi kali ini adalah rekomendasi nama yang umum dijumpai di sekitar kita: Annisa.

Annisa adalah kata dalam bahasa Arab yang memiliki arti “gadis atau wanita”. Nama ini sendiri merupakan nama yang spesial, mengingat ia menjadi judul salah satu surah di Alquran.

Nama ini cocok digunakan apabila kamu ingin menekankan makna “wanita” pada anak, adik, atau keponakan perempuan kamu.

Apabila nama Nabila dan Annisa digabungkan, makna yang tercipta adalah “anak perempuan yang cerdik dan mahir, juga memiliki sifat anggun seorang wanita”. Makna yang indah, bukan?

4. Pembayun (Nabila Pembayun, Pembayun Nabila)

Pembayun adalah istilah dalam bahasa Jawa yang diberikan kepada putri pertama bangsawan yang baru saja menikah.

Walaupun awalnya hanya digunakan oleh kalangan bangsawan, lama-kelamaan nama ini menjadi umum digunakan oleh masyarakat biasa akibat mulai tergerusnya budaya ningrat di tanah Jawa.

Apabila kamu menggunakan nama Pembayun bersama Nabila, maka kamu menaruh harapan bahwa anak, adik, atau keponakan perempuan kamu akan tumbuh menjadi perempuan yang bersahaja dan dihormati oleh banyak orang. Tak hanya itu, ia juga merupakan perempuan yang cerdik, cemerlang, dan cerdas luar biasa.

Apabila kamu kurang menyukai nama Pembayun, rekomendasi nama Jawa lain yang bisa kamu gunakan adalah Ayu (cantik) dan Utari (sabar).

5. Ishana (Nabila Ishana, Ishana Nabila)

Nama Ishana, yang berasal dari bahasa Sansekerta dan memiliki arti “kaya”, cocok digunakan sebagai padanan kata dari Nabila karena memberi kesan klasik dan memberi makna yang dalam.

Dalam konteks ini, kaya tidak selalu berkonotasi dengan harta, tetapi juga batin (selalu kaya akan rasa syukur, kaya akan kebaikan, dan hal-hal baik lainnya).

Bagi kamu yang menginginkan sosok anak yang sejahtera, dermawan, juga selalu bahagia, ada baiknya jika kamu menggunakan nama Ishana. Jika kurang menyukainya, rekomendasi nama lain yang juga bisa kamu gunakan adalah Gita (baik, cerdas, beruntung) atau Ataya (anugrah).

Baca jugaArti Nama Syifa

Bagimana? Setelah mendapatkan rekomendasi nama dari berbagai belahan dunia di atas, apakah sudah ada nama yang menarik perhatian kamu?

Pada akhirnya, nama apa pun yang kamu pilih, daerah asal nama tersebut bukanlah hal yang patut kamu pusingkan. Yang terpenting adalah nama tersebut memiliki makna yang baik, menyimpan doa untuk masa depan sang buah hati, juga sesuai dengan selera kamu.

Arti Nama Nabila Dan Kombinasinya Untuk Bayi Perempuan | nur azizah | 4.5