Arti Nama Najwa Dan Kombinasinya Untuk Bayi Perempuan

arti nama najwa

arti nama najwa

Najwa adalah kata dalam bahasa Arab yang bermakna bisikan atau rahasia. Kata najwa sendiri sempat muncul dalam Alquran, walaupun sayangnya, kata itu bermakna negatif di sana.

Najwa digunakan untuk menjelaskan ghibah atau percakapan yang disembunyikan dari pihak ketiga, alias sesuatu yang tidak dianjurkan dalam Islam.

Namun, meskipun begitu, nama Najwa tetap menjadi nama yang populer di Indonesia. Salah satu tokoh terkenal yang menyandang namanya adalah Najwa Shihab, reporter yang terkenal akan kecerdasan serta kekritisannya.

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan nama Najwa untuk anak, adik, atau keponakan perempuan kamu? Jika iya, yuk, simak rekomendasi nama lain yang bisa disandingkan dengan nama Najwa!


1. Humaira (Najwa Humaira, Humaira Najwa)

Tahukah kamu? Konon katanya, Humaira digunakan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai nama panggilan untuk sang istri (Aisyah RA), lho! Penyebabnya adalah pipi Aisyah RA yang sering merona, sehingga sesuai dengan kata humaira yang berarti kemerahan.

Apabila kamu menyandingkan nama Najwa dan Humaira, maka makna negatif “rahasia” yang terkandung dalam nama Najwa akan berubah menjadi makna positif akibat pengaruh dari keindahan Humaira.

Psst, Humaira bukan nama yang umum digunakan, lho! Nama ini cocok untuk kamu yang tak ingin menggunakan nama “pasaran”.

2. Alimah (Najwa Alimah, Alimah Najwa)

Alimah adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti penuntut ilmu.

Bagi kamu yang menginginkan sosok anak, adik, atau keponakan perempuan yang cerdas, nama Alimah adalah nama yang patut kamu pertimbangkan.

Makna Alimah sendiri menjadi lebih lengkap ketika digabungkan dengan Najwa, karena sepintar-pintarnya seseorang, akan lebih baik baginya jika ia tidak menyombongkan kepintarannya (merahasiakannya).

Selain Alimah, nama lain yang juga bisa menjadi pertimbangan kamu adalah Adiba (terpelajar) dan Clemira (cemerlang).

3. Jihan (Najwa Jihan, Jihan Najwa)

Apakah kamu menyukai bunga? Jika ya, mungkin kamu bisa menggunakan nama ini: Jihan.

Selain terdengar feminin, Jihan juga memiliki arti “bunga yang cantik”. Jika digabungkan dengan Najwa, maka artinya akan berubah menjadi bunga cantik yang tersembunyi dan terjaga. Kamu tentu ingin memiliki anak, adik, atau keponakan perempuan yang kecantikannya terjaga, kan?

Baca jugaArti Nama Cadudasa

Selain Jihan, nama lain yang memiliki arti “bunga” adalah Jasmin (melati), Kali (kelopak bunga), dan Sausan (bunga yang harum).

4. Syafiqah (Najwa Syafiqah, Syafiqah Najwa)

Sama seperti nama-nama di atas, Syafiqah juga merupakan nama dari bahasa Arab. Artinya adalah lembut, tetapi mampu bersimpati.

Apabila kamu memberikan nama Syafiqah dan Najwa kepada anak, adik, atau keponakan perempuan kamu, maka kamu memberikan harapan padanya untuk tumbuh menjadi gadis yang tidak banyak berbicara, tetapi dicintai orang karena sifatnya yang bersahaja. Selain itu, ia juga mampu memahami orang lain hanya dalam sekali lihat.

Apabila kamu kurang menyukai nama Syafiqah, kamu bisa menggunakan nama lain yang juga memiliki arti “lembut” seperti Halimah dan Ghaada. Cantik, bukan?

5. Izzati (Najwa Izzati, Izzati Najwa)

Izzati memiliki arti kemuliaan. Bagi penyandang nama tersebut, ia diharapkan menjadi manusia yang derajatnya dianggap tinggi di sisi Allah Swt, senantiasa memancarkan aura positif, dan dihormati oleh orang-orang di sekitarnya.

Baca jugaArti Nama Gita

Apabila Izzati digabungkan dengan Najwa, maka makna negatif Najwa akan tertutupi. Arti yang akan tercipta adalah “rahasia yang mulia”. Penyandang nama Najwa Izzati diharapkan akan tumbuh menjadi orang yang selalu berbuat baik tanpa ingin diakui hebat oleh orang lain.

Bagaimana? Sudah menemukan inspirasi nama yang tepat?