Arti Nama Putri Dan Kombinasinya Untuk Bayi Perempuan

Arti Nama Putri

Arti Nama Putri

Mencari nama untuk anak, adik, atau keponakan yang baru lahir memang tidak mudah. Selain harus mempertimbangkan aspek keindahan, kamu juga harus mempertimbangkan makna dan doa apa yang terkandung di balik nama tersebut. Terutama karena nama adalah hal yang dibawa hingga akhir hayat.

Bagi kamu yang sedang bingung dengan banyak pilihan nama, mungkin kamu bisa mempertimbangkan nama perempuan ini: Putri.

1. Arti dan Asal Nama Putri

Menurut keterangan sumber, putri adalah kata dalam bahasa Sansekerta yang berarti “anak raja” atau “perempuan”. Kata putri juga terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dengan arti yang sama.

Nama ini dapat kamu gunakan dalam berbagai konteks. Pertama, menyematkan makna “perempuan” yang anggun. Kedua, menyematkan makna “anak raja” yang tentunya diistimewakan. Ketiga, menjelaskan siapa orang tua anak tersebut.

Sebagai contoh, apabila seorang anak perempuan diberi nama Putri Dewantoro, maka ada kemungkinan ia adalah anak perempuan dari seorang ayah bernama Dewantoro.

Apakah kamu tertarik untuk mengombinasikan nama Putri dengan nama lain yang tak kalah indah? Jika iya, ada baiknya jika kamu lanjut membaca artikel di bawah ini. Yuk!

2. Aurellia (Putri Aurellia, Aurellia Putri)

Aurellia adalah nama yang tepat bagi kamu, pencinta nama dengan sentuhan modern.

Dalam bahasa Latin, Aurellia merupakan bentuk lain dari “Aura” yang berarti “emas”. Apabila kamu mengombinasikan Aurellia dan Putri, maka makna yang tercipta adalah “putri emas”. Emas sendiri dapat berkonotasi “kekayaan”, baik dalam arti kaya harta maupun kaya hati. Kamu tentu ingin memiliki putri berhati emas, bukan?

Baca jugaArti Nama Najwa

Apabila kamu kurang menyukai nama Aurellia, rekomendasi nama lain yang juga bisa kamu gunakan adalah Kyra (wanita terhormat) dan Kirania (orang yang berpegang teguh pada prinsip).

3. Anjali (Putri Anjali, Anjali Putri)

Kalau kamu adalah penyuka nama-nama unik, kamu bisa menggunakan nama dari bahasa Sansekerta. Sebagai contohnya adalah Anjali yang memiliki arti “pemberian” atau “hadiah”.

Nama Anjali adalah nama yang cocok apabila disandingkan dengan nama Putri, karena makna yang akan tercipta adalah “putri yang merupakan hadiah dari Tuhan”. Hadiah dari Tuhan tentu sarat akan hal-hal baik dan indah, bukan?

Oh iya, walaupun nama Anjali bukanlah nama yang mudah ditemukan di Indonesia, ia adalah nama yang kerap ditemui di Amerika Serikat.

Jika menurut kamu Anjali bukanlah nama yang tepat untuk buah hati kamu, mungkin kamu bisa mempertimbangkan nama berbahasa Sansekerta lain seperti Anvitha (diserap) atau Anoma (termahsyur). Keduanya sama-sama indah, kok!

4. Madana (Madana Putri, Putri Madana)

Pencinta budaya Indonesia pasti tertarik untuk menggunakan nama dengan unsur Jawa. Apakah kamu salah satunya?

Jika iya, mungkin kamu tertarik untuk menggunakan nama Madana. Madana adalah kosakata dalam bahasa Jawa yang berarti “cinta”.

Apabila kamu menyandingkan nama Madana dan Putri, maka ada banyak makna yang bisa tercipta. Pertama, putri yang penuh cinta kepada orang-orang di sekitarnya. Kedua, putri yang dicintai oleh semua orang. Ketiga, putri kesayangan dan kebanggaan orang tuanya.

Namun, jika kamu kurang menyukai nama Madana, nama-nama lain yang juga bisa kamu gunakan adalah Cahyaningrum (cahayanya tenang dan harum) dan Indraswari (kebaikan). Keduanya juga berasal dari bahasa Jawa.

5. Amirah (Amirah Putri, Putri Amirah)

Sebagai rekomendasi terakhir, berikut adalah nama yang bernuansa islami: Amirah.

Dalam bahasa Arab, Amirah memiliki arti “yang berlimpah”. Makna “berlimpah” sendiri dapat digunakan dalam banyak konteks, baik itu berlimpah harta, berlimpah kasih sayang, hingga berlimpah kebaikan.

Baca jugaArti Nama Salsabila

Apabila kamu memberikan nama ini kepada buah hati kamu, niscaya ia akan tumbuh menjadi putri yang senantiasa berkecukupan dalam segala hal, tetapi juga tidak lupa untuk menyebarkan kebaikan berlimpah kepada orang-orang di sekitarnya.

Bagaimana? Apakah kamu sudah tahu ingin menggunakan nama dari bahasa Latin, bahasa Jawa, bahasa Sansekerta, bahasa Arab, atau bahkan bahasa lainnya?