Arti Nama Ruhi dan Kombinasinya untuk Bayi Perempuan

Arti Nama Ruhi

Arti Nama Ruhi

Kabar duka menyelimuti keluarga Muzammil Hasballah pada tanggal 3 September 2019 lalu. Putri kedua beliau, yang baru berusia satu hari, meninggal dunia. Melalui postingan Instagram tanggal 4 September 2019, beliau mengumumkan kabar tersebut sembari menyebutkan nama sang putri: Rumi Ghumaisha.

Terlepas dari ucapan duka dan perasaan sedih yang melanda, terdapat satu hal yang menjadi sorotan, terutama bagi orangtua yang akan memiliki anak: nama Ruhi Ghumaisha.

Baik nama Ruhi maupun Ghumaisha adalah nama Arab.

Ruhi memiliki arti spiritual, sementara Ghumaisha memiliki arti bijaksana. Kombinasi dua nama ini membentuk makna yang indah: anak yang bijaksana dan tidak melupakan agamanya (memiliki sisi spiritual yang kuat).

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan nama Ruhi dan mengombinasikannya dengan nama lain?

1. Salsabila (Ruhi Salsabila – Salsabila Ruhi)

Sepertinya semua orang sudah akrab dengan nama yang indah ini: Salsabila .

Inspirasi penamaan Salsabila berasal dari mata air yang mengalir di surga. Air di mata air Salsabila sendiri digambarkan sebagai air yang murni, jernih, dan bersih. Dengan menggabungkan nama Ruhi dan Salsabila, maka makna yang tercipta adalah anak perempuan yang kondisi hati dan spiritualnya jernih.

2. Saffiya (Ruhi Saffiya – Saffiya Ruhi)

Saffiya memiliki arti teman yang baik. Sama seperti Salsabila, nama ini adalah nama islami yang cocok dikombinasikan dengan nama Ruhi.

Dengan memberikan nama ini pada putri kecil kamu, maka kamu berharap ia akan menjadi perempuan yang disukai oleh semua orang karena sifat-sifatnya yang baik. Hidupnya pun akan selalu bahagia, ramai, dan mudah karena kehadiran banyak teman.

3. Sahkila (Ruhi Sahkila – Sahkila Ruhi)

Nama Sahkila adalah nama islami yang berarti rupawan. Walaupun rupawan kerap dikaitkan dengan kecantikan fisik, tetapi dalam konteks ini, rupawan juga bisa dihubungkan dengan kecantikan hati maupun pikiran. Nama ini pun akan menambah keindahan nama Ruhi jika keduanya dipasangkan.

Rekomendasi nama islami yang juga berarti cantik adalah Bilqis, Aradya, dan Fattana.

4. Alesha (Ruhi Alesha – Alesha Ruhi)

Nama Alesha yang kental dengan kesan “nama islam modern” adalah kombinasi yang tepat untuk nama Ruhi!

Alesha sendiri memiliki makna selalu dilindungi Allah. Nama ini beberapa kali dicantumkan dalam surah Alquran, seperti dalam surah Maryam ayat tujuh. Nama ini adalah doa agar putri kesayangan kamu senantiasa aman, baik di dunia maupun akhirat.

5. Rabiyah (Ruhi Rabiyah – Rabiyah Ruhi)

Bagi kamu yang percaya bahwa keberuntungan adalah faktor penting dalam hidup, nama ini bisa kamu pertimbangkan, lho.

Rabiyah sendiri memiliki arti yang beruntung. Dengan nama ini, maka buah hati kamu diharapkan selalu mendapat kesempatan emas hingga terhindar dari kejadian naas. Ia akan selalu aman, bahagia, dan sukses.

6. Basanti (Ruhi Basanti – Basanti Ruhi)

Walaupun Ruhi adalah nama yang kental dengan nama islami, kesan klasik yang ia bawa membuatnya cocok dipasangkan dengan nama dari daerah lain, terutama nama berunsur Sanskerta. Salah satunya adalah Basanti yang berarti musim semi. 

Dari empat musim di dunia ini, musim semi adalah musim yang paling dinantikan. Bunga-bunga yang indah mulai bermekaran, suhu juga berubah sejuk. Basanti adalah nama yang tepat untuk kamu jika kamu menginginkan putri yang seindah musim semi.

7. Mahira (Ruhi Mahira – Mahira Ruhi)

Satu lagi nama berunsur Sanskerta yang cocok untuk nama Ruhi: Mahira.

Mahira memiliki arti berbakat dan mendapat berkah. Nama ini adalah harapan bagi putri kamu agar ia diberkahi bakat yang luar biasa, sehingga dengan latihan yang tepat, ia bisa menjadi orang hebat. Ia bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Baca JugaArti Nama Namira

Psst, salah satu orang berbakat yang menyandang nama Mahira adalah Emir Mahira, pemeran sosok Bayu dalam film lama Garuda di Dadaku. Apakah kamu masih mengingat film itu?