Arti Nama Umar dan Kombinasinya Untuk Bayi Laki-Laki

Arti Nama Umar

Arti Nama Umar

Bagi kamu penggemar nama-nama islami, kamu pasti tak asing dengan nama yang satu ini: Umar.

Umar bin Khattab adalah salah satu sahabat Nabi yang paling terkenal. Ia merupakan salah satu khalifah yang paling termahsyur, terutama karena ketegasan serta kepiawaiannya dalam memimpin.

Konon, sebelum mengenal Islam, Umar bin Khattab adalah salah satu pembenci Islam yang paling fanatik. Menurut sumber yang beredar, beliau bahkan pernah berencana ingin membunuh Rasulullah Saw. Namun, begitu mendapat hidayah dari Allah Swt, beliau adalah salah satu orang yang berada di garis terdepan dalam membela Islam.

Bagi kamu yang menginginkan anak, adik, atau keponakan laki-laki kamu tumbuh menjadi lelaki yang berjiwa pemimpin, tegas, dan pemberani, nama Umar adalah nama yang wajib kamu pertimbangkan.

Nama Umar dapat dikombinasikan dengan berbagai nama, baik itu sebagai nama depan, tengah, atau belakang. Berikut adalah beberapa kombinasinya:

1. Almahdi (Umar Almahdi, Almahdi Umar)

Almahdi adalah kata yang berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti “pemandu jalan yang benar”.

Nama Almahdi adalah nama yang cocok dikombinasikan dengan nama Umar karena makna mereka saling melengkapi satu sama lain. Seorang pemimpin yang tegas tentu harus menuntun rakyatnya ke jalan yang lurus, kan? Selain itu, pemimpin tersebut juga harus bersikap mengayomi dan anti pada kebohongan.

Rekomendasi nama lain yang juga bisa kamu pertimbangkan adalah Faizan. Sama seperti Umar, Faizan adalah nama islami yang berkonotasi pemimpin.

Baca jugaArti Nama Azka

Apabila kamu menginginkan nama dengan sentuhan klasik, kamu bisa mempertimbangkan nama dari bahasa Sansekerta. Contohnya adalah Danindra yang memiliki arti “penguasa hari”, serupa dengan pemimpin.

2. Kurniawan (Umar Kurniawan, Kurniawan Umar)

Bagi kamu pencinta nama dengan unsur Indonesia, Kurniawan bisa kamu jadikan pilihan, lho!

Kurniawan memiliki arti “kecintaan dan kebahagiaan”. Dengan menyandingkan nama Umar dan Kurniawan, maka kamu berharap bahwa anak, adik, atau keponakan laki-laki kamu tumbuh menjadi pemimpin yang dicintai rakyatnya. Ia juga senantiasa bersyukur, bahagia, dan menularkan kebahagiaan tersebut pada orang lain. Arti yang indah, bukan?

Apabila kamu kurang menyukai nama Kurniawan, maka kamu bisa menggunakan nama Anugrah.

3. Shaquile (Umar Shaquile, Shaquile Umar)

Shaquile adalah nama Arab yang memiliki arti “tampan”. Shaquile bukanlah nama yang populer di Indonesia, sehingga nama ini cocok digunakan bagi kamu yang menginginkan nama anti-mainstream.

Dengan menggunakan nama Shaquile di depan atau belakang Umar, maka makna yang tercipta adalah “pemimpin yang tegas dan tampan”. Tampan di sini tak selalu tentang fisik, tetapi juga hati. Kamu tentu menginginkan anak, adik, atau keponakan laki-laki yang tampan luar-dalam, kan?

Apabila Shaquile terlalu unik untuk kamu, kamu bisa menggunakan nama lain yang berarti sama seperti Abil, Rafan, dan Jazib.

4. Abqary (Umar Abqary, Abqary Umar)

Abqary adalah nama yang berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti “jenius”.

Abqary adalah nama yang tepat untuk disandingkan dengan nama Umar, mengingat makna mereka saling melengkapi. Untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang tentu harus memiliki kecerdasan dan ilmu yang cukup.

Rekomendasi nama lain yang bisa kamu gunakan adalah Aqmar dan Daniyal. Keduanya memiliki makna “cerdas”.

5. Musyary (Umar Musyary, Musyary Umar)

Musyary memiliki arti “pemetik madu lebah”. Dalam konteks nama, Musyary merupakan nama yang digunakan sebagai lambang dari kekayaan dan kerja keras.

Baca jugaArti Nama Alfarizi

Apabila kamu menggunakan nama Musyary di depan atau belakang nama Umar, maka kamu menitipkan harapan pada anak, adik, atau keponakan laki-laki kamu untuk jadi sosok pemimpin yang bekerja keras untuk kemakmuran rakyatnya. Secara otomatis, ia pun menjadi sosok yang dihormati dan berlimpah rezekinya.

Bagaimana? Sudah menemukan nama yang tepat?

Tak peduli nama apa pun yang kamu pilih, jangan lupa untuk mempertimbangan aspek estetika serta harapan yang tersimpan di baliknya, ya! Bagaimana pun juga, nama adalah salah satu hal yang terus melekat pada diri seseorang hingga akhir hayat.