Arti Nama Zahra Dan Kombinasinya Untuk Bayi Perempuan

arti nama zahra

arti nama zahra

Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi seseorang yang baik, cerdas, dan menarik. Mereka senantiasa menaruh harapan pada sang buah hati, termasuk melalui doa yang diselipkan dalam nama.

Itulah alasan mengapa pemilihan nama untuk sang buah hati bisa berjalan sangat lama. Banyak orang tua yang merasa bingung dan bertanya-tanya: dari jutaan nama yang ada, nama apa yang bisa mewakili doa dan harapan mereka untuk sang buah hati?

Bagi kamu yang merasa seperti itu, mungkin kamu bisa menggunakan rekomendasi nama berikut: Zahra.

Asal-Usul Nama Zahra

Zahra adalah nama islami dari bahasa Arab yang memiliki arti cantik dan bersinar. Apabila ia ditulis menggunakan ejaan lain menjadi Zahrah, artinya akan berubah, tetapi tetap saja bermakna positif: bunga yang bermekaran dan indah.

Nama Zahra juga digunakan oleh Rasulullah Saw sebagai nama untuk anak perempuan beliau, yakni Fatimah az-Zahrah.

Menurut keterangan sumber, Fatimah az-Zahrah merupakan sosok wanita yang patut diteladani, lho! Beliau memiliki karakteristik lembut dan bersahaja yang menyerupai karakter sang Ayah.

Baca jugaArti Nama Cindy

Zahra adalah nama yang fleksibel. Ia bisa digunakan sebagai nama depan maupun belakang, juga dapat dikombinasikan dengan nama lain. Berikut adalah beberapa rekomendasinya:

Adawiyah (Zahra Adawiyah, Adawiyah Zahra)

Adawiyah adalah salah satu sufi wanita yang paling terkenal pada masanya. Sufi sendiri merupakan istilah bagi orang-orang yang mempelajari ilmu tasawwuf, yakni ilmu ketaqwaan kepada Allah Swt.

Bagi kamu yang menginginkan anak, adik, atau keponakan perempuan yang “bersinar” seperti Adawiyah dan senantiasa patuh pada perintah Allah Swt, kombinasi dua nama ini adalah nama yang patut kamu pertimbangkan.

Apabila kamu kurang menyukai nama Adawiyah, kamu juga bisa menggunakan nama Akifa. Akifa sendiri memiliki arti wanita bertaqwa yang kerap beritikaf di masjid.

Alesha (Zahra Alesha, Alesha Zahra)

Alesha adalah kata dalam bahasa Arab yang memiliki dua arti. Pertama, selalu dilindungi oleh Allah Swt, dan kedua, beruntung.

Nama ini cocok digunakan bagi kamu yang sadar bahwa menjadi cantik dan bersinar saja tidak cukup, terutama karena keselamatan dunia dan akhirat jauh lebih penting.

Nama ini juga cocok apabila kamu berharap anak, adik, atau keponakan perempuan kamu tumbuh menjadi seseorang yang selalu mendapat berkah.

Rekomendasi nama lain yang bisa kamu gunakan adalah Alda (keberuntungan) atau Salimah (selamat). Keduanya juga merupakan nama yang berasal dari bahasa Arab.

Afnan (Zahra Afnan, Afnan Zahra)

Pernahkah kamu memerhatikan fungsi pohon?

Pohon adalah objek natural yang senantiasa menyebarkan kegunaan pada orang-orang di sekitarnya. Manusia bisa berteduh di bawah daunnya yang rindang, memakan buahnya ketika lapar, hingga memanfaatkan batangnya untuk dijadikan sebagai sumber daya.

Apabila kamu menginginkan sosok anak perempuan yang tumbuh menjadi seseorang yang berguna bagi sesama, nama Afnan (pohon yang berbuah) adalah nama yang tepat untukmu. Apabila digabungkan dengan Zahra, makna yang tercipta adalah “wanita yang cantik luar-dalam dan berguna bagi orang di sekitarnya”. Nama yang indah, bukan?

Hibatillah (Zahra Hibatillah, Hibatillah Zahra)

Hibatillah adalah kata dari bahasa Arab yang memiliki arti “anugrah dari Allah Swt”.

Nama ini cocok digunakan bagi kamu yang ingin menanamkan pada anak, adik, atau keponakan perempuan kamu bahwa kamu sangat bersyukur akan kehadirannya. Allah Swt telah memberikan amanah pada kamu untuk menjaganya, dan kamu berjanji akan melaksanakan amanah tersebut sesempurna mungkin.

Baca jugaArti Nama Aisyah

Apabila kamu kurang menyukai nama Hibatillah, kamu bisa menggunakan nama yang lebih terkesan modern, tetapi memiliki arti yang serupa: Myesha (karunia).

Bagaimana? Sudah menemukan nama yang tepat?

Apa pun nama yang akhirnya kamu pilih, jangan lupakan makna yang tersimpan di baliknya, ya!

Arti Nama Zahra Dan Kombinasinya Untuk Bayi Perempuan | nur azizah | 4.5