Bahaya Mengkonsumsi Minuman Ber-energi Bagi Jantung

Bahaya Mengkonsumsi Minuman Ber-energi Bagi Jantung

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Mengkonsumsi kafein mentah memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan pikiran kita. kafein memiliki kemampuan untuk meningkatkan kewaspadaan mental, mengurangi atau mencegah sakit kepala dan dapat mengobati diabetes serta asma.

Tetapi, jika kafein dicampur dengan pewarna, pemanis, dan bahan kimia lainnya, itu akan sangat berbahaya bagi sistem kardiovaskular tubuh kita. Ketika organisme tubuh kita menerima kafein yang sudah dicampur, organisme kita akan menerima respon yang sangat berbahaya bahkan bisa sampai serangan jantung.

Salah satu merek nomor satu untuk minuman ber-energi adalah “Red Bull”. Minuman ini menjadi penyebab serangan jantung dan kematian seorang pria yang bernama Cory Terry dari Brooklyn. Jika Anda bertanya kepada keluarganya, Patricia Terry yang merupakan ibu Cory mengatakan bahwa dia tidak merokok tetapi dia adalah orang yang aktif minum Red Bull secara rutin. Patricia mengatakan bahwa anaknya minum minuman ber-energi setiap saat, dia mengatakan bahwa itu membuat anaknya lebih bersemangat setiap harinya.

1. Bisakah Sebenarnya Minuman Ber-energi Menyebabkan Serangan Jantung?

Bagi orang yang memiliki kondisi cardiovascular, minuman seperti Red Bull dan minuman sejenisnya yang mengandung bahan yang sama sangat berbahaya bagi mereka bahkan mereka bisa mendapat serangan jantung tiba-tiba. Selain itu, minuman ber-energi juga mampu menyebabkan serangan jantung bagi orang yang sehat.

Sebuah penelitian yang dilakukan belum lama ini, memberi 15 orang minuman ber-energi. Mereka meminum minuman ber-energi tersebut selama satu minggu setiap hari sebanyak 500 ml (2 kaleng). Empat jam setelah minum, para peneliti melihat bahwa 8% dari tekanan darah mereka meningkat dan naik hingga 10% ketika peneletian berakhir. Peneliti juga melihat tingkat denyut jantung para peserta juga meningkat 8% setelah hari pertama dan naik hingga 11% pada akhir penelitian.

Baca juga: Kurang Minum Air Putih Berbahaya Bagi Pernapasan, Ini Alasannya

Jika tekanan darah dan denyut jantung terus meningkat, ini bisa membuat seseorang semakin dekat untuk mendapatkan serangan jantung. Stroke dan serangan jantung disebabkan oleh kerusakan arteri dan arteri dapat rusak oleh tekanan darah tinggi.

2. Komposisi Minuman Ber-energi

Taurin dan kafein adalah dua bahan utama dalam minuman ber-energi yang merupakan stimulator. Di sisi lain minuman ini juga memiliki karbonasi dan banyak gula. Anda juga akan menjumpai sejumlah besar vitamin B-group terkandung di dalam minuman ini.

3. Efek Samping Berbahaya Dari Minuman Ber-energi

Studi lain dilakukan untuk mencari tahu bagaimana minuman ber-energi dapat mempengaruhi seseorang selama latihan dan setelah berolahraga. 13 pasien sukarelawan mengalami pelatihan daya tahan, mereka melakukan latihan yang sangat keras dan melelahkan 3 kali sehari . Setiap hari sebelum pelatihan mereka mengambil minuman ber-energi yang hanya mengandung taurin dan tidak mengandung kafein.

Setelah penelitian dilakukan, dijelaskan bahwa minuman yang mengandung kafein dan taurin seperti Red Bull adalah satu-satunya minuman energi yang memengaruhi dan meningkatkan jumlah darah yang dipompa masuk dan keluar dari jantung pasien. Studi ini juga menunjukkan kepada kita bahwa bahan-bahan yang diambil secara terpisah tidak menyebabkan kerusakan pada tubuh kita. Namun beda halnya ketika kafein dan taurin dicampur bersama dalam kaleng, efek sampingnya dapat merusak sistem kardiovaskular, dan risiko terkena serangan jantung meningkat pesat.

Sekarang anda tahu pasti bahwa minuman seperti Red Bull atau yang mirip dengan itu tidak baik untuk sistem kardiovaskular dan jantung anda. Maka dari itu, lebih baik hindari minuman itu.

Baca juga: 5 Kombinasi Makanan dan Minuman Yang Berbahaya Dikonsumsi

Jika anda bangun cukup pagi dan kurang bersemangat atau anda butuh sesuatu untuk membangunkan anda, lebih baik anda minum secangkir kopi atau minuman lain yang hanya mengandung satu stimulan. Jangan minum minuman yang merupakan koktail kimia atau campuran dari kafein dan taurin.

Bahaya Mengkonsumsi Minuman Ber-energi Bagi Jantung | Siopung | 4.5