Berapa Banyak Air Yang Harus Diminum Setiap Hari Dan Maksimalnya

Jumlah Air Yang Harus Banyak Diminum Dalam Satu Hari

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Kita semua tahu bahwa air itu penting bagi kesehatan tubuh. Tetapi apakah anda benar-benar minum air dalam jumlah yang tepat? Mungkin Anda berpikir bahwa beberapa masalah kesehatan anda terkait dengan dehidrasi atau overhidrasi? Mendapatkan jumlah air harian yang tepat adalah penting karena tubuh anda membutuhkan ini agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Berapa banyak air yang harus anda minum setiap hari ?

Untuk waktu yang lama, convensional wisdom menyarankan agar kita minum 8 gelas air sehari. Namun, angka ini tidak memiliki dasar apa pun dalam bukti ilmiah.Para ahli malah menyarankan agar setiap orang minum jumlah air yang tepat untuk berat badan mereka, tingkat aktivitas fisik dan juga iklim. Jadi, jika tidak 8 gelas, berapa banyak yang harus kita minum?

Jawaban ilmiah yang disetujui oleh sebagian besar pakar kesehatan dan ahli berasal dari IOM (Institute of Medicine). IOM adalah organisasi ilmiah independen dan nirlaba dan mereka merekomendasikan 2,7 liter air per hari untuk wanita dewasa dan angka 3,7 liter untuk pria dewasa. Ini umumnya berlaku untuk orang dewasa yang memiliki kesehatan yang cukup baik dan gaya hidup di iklim sedang.

Namun, ada contoh di mana anda mungkin perlu minum lebih banyak air. Misalnya, jika anda berada di iklim panas atau ambil bagian dalam tuntutan aktivitas fisik. Menurut American College of Sports Medicine, anda harus menambahkan 12 ons air ke asupan harian anda untuk setiap 30 menit aktivitas fisik yang anda lakukan.

Mengapa manusia membutuhkan banyak air ?

Sederhananya, tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa jumlah hidrasi yang tepat. Ini masuk akal ketika anda mempertimbangkan bahwa air membentuk sekitar 60% dari berat badan kita.

Tubuh manusia memiliki banyak fungsi penting untuk melakukan tugasnya dan membutuhkan air untuk melakukan sebagian besar dari tugas mereka. Misalnya, darah anda perlu membawa oksigen ke semua sel di tubuh anda tetapi hanya dapat melakukan ini dengan air.

Baca juga: Minum Air Putih Pagi Hari Memberikan Manfaat Luar Biasa

Apakah Anda minum air dalam jumlah yang tepat?

Jika Anda tidak minum air dalam jumlah yang tepat, maka anda akan mengalami dehidrasi atau bisa juga terlalu banyak minum.

Berikut beberapa hal sederhana yang harus diwaspadai jika anda mengalami dehidrasi:

  • Mulut kering
  • Warna urin anda gelap
  • Anda merasa pusing atau sakit kepala
  • Anda biasanya merasa lelah atau lesu

Di sisi lain, overhidrasi atau hiponatremia biasanya disebabkan oleh konsumsi air yang berlebihan dalam waktu singkat. Hal ini dapat menyebabkan keracunan air dan gejala awal keracunan air dapat terlihat seperti gejala kelelahan dan heatstroke.

Berikut beberapa hal sederhana yang harus diwaspadai jika anda mengalami overhidrasi:

  • Mual
  • Muntah
  • Diare

Baca juga: Kurang Minum Air Putih Berbahaya Bagi Pernapasan, Ini Alasannya

Bagaimana caranya untuk bisa menyesuaikan asupan air kita ?

Kebenaran yang menyedihkan adalah bahwa kebanyakan orang cenderung mengalami dehidrasi daripada terhidrasi. Bahkan, beberapa penelitian memperkirakan sebanyak 75% orang amerika mengalami dehidrasi.

Berikut beberapa ide cepat untuk mendapatkan lebih banyak air ke dalam tubuh anda:

  • Masukkan air anda dengan buah-buahan dan rempah-rempah untuk mempermanis rasa jika anda seorang pecandu gula.
  • Memakai aplikasi pemantauan air untuk membantu anda melacak asupan air anda.
  • Makanlah buah-buahan seperti mentimun, semangka dan stroberi, yang semuanya mengandung lebih dari 90% air.

Sekarang setelah anda memiliki gagasan tentang berapa banyak air yang harus anda minum dalam satu hari anda sudah bisa menyesuaikan asupan air yang masuk ke tubuh anda. Jika mungkin anda terlalu minum banyak air dalam satu hari anda juga bisa mengontrolnya dengan menggunakan ide berikut :

  • Menggunakan botol air dengan takaran
  • memakai aplikasi pemantauan air untuk membantu anda melacak asupan air anda. Sama seperti kita saat dehidrasi

Berapa Banyak Air Yang Harus Diminum Setiap Hari Dan Maksimalnya | Siopung | 4.5