Batu Kecubung Api Harga dan Khasiat

Batu kecubung api disebut juga Yaman Wulung , merupakan jenis agate black chalcedony yang mengandung beberapa senyawa pembentuk lainnya . Di Indonesia , daerah penghasil batu kecubung api yang berkualitas adalah Aceh , Bengkulu , Lampung ( Baturaja ) , dan Kalimantan ( disebut Wulung Borneo ) . Namun tidak menutup kemungkinan jika batu ini terdapat di daerah lainnya yang ada di Indonesia .

Batu Kecubung Api Harga dan Khasiat

Gambar Batu Kecubung Api via Google.co.id

Batu kecubung api yang berasal dari tiap-tiap daerah tentunya memiliki ciri-ciri dan keunikannya masing-masing . Salah satunya adalah Aceh . Daerah ini diklaim menjadi penghasil kecubung api terbaik di Indonesia , dimana bahan dan bongkahannya sangat berlimpah disana . Salah satu penyebab jenis kecubung api aceh menjadi yang terbaik , karena memiliki struktur kekristalan yang sangat bagus ( tembus cahaya ) dan lebih jernih daripada kecubung api yang berasal dari daerah lain .

Baca juga: Ciri-Ciri Batu Kecubung Api Aceh

Selain Aceh , daerah penghasil kecubung api lainnya adalah Bengkulu . Bengkulu juga menghasilkan berbagai jenis batuan Chalcedony yang sangat populer di Indonesia . Salah satunya adalah batu red raflesia . Kecubung Api Bengkulu sering disebut juga sebagai Wulung Raflesia . Disebut sebagai Wulung Raflesia karena batu ini sering ditemukan saat penambang sedang mencari batu red raflesia . Bentuk bongkahaannya pun sangat sama dengan red raflesia .

Kandungan dan Proses Terbentuknya Batu Kecubung Api

Batu kecubung api sama hal nya dengan jenis Chalcedony lainnya yang terbentuk dari batuan vulkanik dan memiliki beberapa mineral oksida . Didalam batu kecubung api , terdapat sebuah mineral besi oksida yang membentuk warna hitam pada batu .

Selain itu , warna hitam juga diduga kuat merupakan reruntuhan dari debu vulkanik yang tertanam didalam sebuah lava yang kemudian menjadi batu . Oleh sebab itu , anda akan dapat melihat beberapa jenis batu kecubung api yang memiliki kotoran seperti debu didalamnya yang sama sekali belum larut atau mengalami proses oksidasi .

Kecubung api juga memiliki kandungan mineral kuarsa ( Quartz ) yang mempunyai struktur kristal heksagonal . Oleh sebab itu , kekerasannya berkisar antara 6-7 Skala Mohs . Dan memiliki tekstur anti gores pada lapisannya . Namun komposisi mineral dari tiap-tiap batu tentunya berbeda dari tiap-tiap daerah . Faktor utama yang mendasari komposisi tiap-tiap mineral pada batu berbeda-beda adalah kondisi alam dimana batu tersebut ditemukan .

Kecubung Api Bengkulu

Batu kecubung api sendiri merupakan varian dari jenis red chalcedony yang telah mengalami metamorfosis . Perubahan warnanya  menjadi hitam disebabkan oleh adanya aktiftas vulkanik , seperti apa yang sudah dijelaskan diawal . Selain itu , batu kecubung api mengandung silikon dioksida yang menyebabkan kita dapat melihat warna merah lain dari struktur batu .

Baca juga : Cara Merawat Batu Kecubung Api

Disebut kecubung api karena batu ini terlihat berwarna merah menyala seperti api saat disenter . Disebut sebagai yaman wulung , karena stuktur dan warna hampir sama dengan jenis Yaman Chalcedony .

Khasiat dan Manfaat Batu Kecubung Api

Batu kecubung api merupakan jenis Chalcedony yang merupakan bentuk dari cryptocrystalline , ada beragam khasiat yang dipercaya oleh para penggemarnya . Adapun beberapa khasiatnya , akan kami rangkum secara singkat dibawah ini . Percaya atau tidak , kami kembalikan kepada anda secara pribadi .

Khasiat Batu Kecubung Api

Batu kecubung api dipercaya memiliki khasiat dan manfaat bagi si pemakainya . Salah satu khasiat yang dipercaya oleh para gemslover adalah dapat meningkatkan semangat . Sehingga batu ini disebutkan sangat cocok untuk dipakai bagi mereka yang suka bermalas-malasan .

Batu ini mengandung aliran energi  yang dapat melindungi dari energi negatif yang ada disekitar kita , yang tidak kita ketahaui saat beraktifitas . Chalcedony sendiri merupakan batu pengasuhan yang dapat meningkatkan stabilitas kelompok ( Pengasihan ) . Selain itu , Chalcodony khususnya batu kecubung api dapat membawa fikiran , tubuh dan jiwa mendapatkan keselarasan , sehingga didalam situasi tertekan , fikiran , tubuh , dan jiwa dapat berjalan dengan baik .

Selain menjadi sebuah batu ketentraman jiwa dan fikiran , ternyata kecubung api merupakan jenis batu yang dapat memberikan keberanian pada mental si pemakainya . Hal ini merupakan dampak positif dihasilkan saat batu dapat membangun fikiran , tubuh , jiwa berjalan selaras . Sehingga sifat ragu , atau tidak percaya diri akan hilang .

Kecubung api juga memiliki sifat penyembuh dan pembersih yang kuat . Sering dipakai untuk mereka yang telah berusia lanjut , untuk memperlambat pikun atau Alzheimer . Selain itu juga batu ini digunakan untuk terapi penyembuhan mata , kantung empedu , tulang , limpa , darah , dan sistem peredaran darah .

Harga Pasaran

Harga pasaran untuk batu kecubung api sangatlah relatif . Tergantung kualitas , ikatan cincin , dan juga motif yang disuguhkan . Jika batu anda memiliki motif unik seperti junjung drajat , bisa dipastikan bahwa nilai jualnya sangat tinggi . Kami akan mencoba memberikan gambaran harga batu kecubung api , yang telah kami ambil datanya melalui berbagai situs perbandingan harga.

Untuk small size ( Rp 100.000 – Rp 130.000 ) – Untuk medium size ( Rp 150.000 – Rp 350.000 ) – Untuk big size ( Rp 500.000 keatas )

Batu Kecubung Api Harga dan Khasiat | Siopung | 4.5

Related Post

Batu Kecubung Bintang Hitam Harga dan Khasiat Batu kecubung bintang hitam merupakan salah satu jenis batu yang bisa anda dapatkan di Sumatera Barat , Lampung , dan juga di beberapa daerah di Kalim...
Cara Mengobati Anyang-Anyangan Dengan Cepat Alami Mengobati anyang-anyangan sebenarnya sangat mudah . Tidak perlu memakai obat khusus hanya dengan metode pengobatan sederhana dan alami . Kita ketahui ...
Arti Mimpi Putus Dengan Pacar Beserta Ulasan Lengk... Mimpi putus dengan pacar adalah refleksi kondisi psikologi dan fikiran anda selama ini . Hal ini merupakan bagian dari bentuk kehawatiran terhadap hub...
Arti dan Makna Mimpi Ulang Tahun Dengan Lengkap Mimpi ulang tahun menunjukkan penerimaan diri terhadap suatu hal yang terjadi dalam kehidupan anda . Selain itu , hal ini sangat erat kaitannya dengan...
11 Tipe Mahasiswa Yang Selalu Ada Di Seluruh Fakul... Foto Ilustrasi Berbagai TIpe Mahasiswa Yang Ada Di Indonesia Via Pixabay.com Mahasiswa – mahasiswa baru atau biasa disebut maba, pasti memiliki be...
Batu Giok Sojol: Ulasan Lengkap Harga dan Khasiatn... Batu giok sojol salah satu jenis permata yang berasal dari Palu , tepatnya di Kecamatan Sojol , Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah . Giok Sojol tiba-t...
Arti Baper: Ciri-Ciri dan Karakteristik Orang Yang... Arti Baper dan Ciri-Cirinya - Baper adalah sebuah kata yang sering dilontarkan untuk orang-orang yang memiliki karakteristik sensitif dan mudah terbaw...
Cara Mengkilapkan Batu Akik Panca Warna Segala Jen... Mengkilapkan Batu Akik Panca Warna - Batu akik panca warna adalah salah satu jenis batuan populer dengan banyak penggemar di indonesia . Keunikan panc...
Batu Panca Warna Sigori Lafau Nias Harga dan Khasi... Batu panca warna sigori lafau yang berasal dari Nias mulai menjadi bahan perbincangan para gemslover tidak hanya masyarakat yang berada di pulau sebel...
Arti dan Makna Mimpi Bermain Gitar Ulasan Lengkap Mimpi Bermain Gitar adalah refleksi perhatian dan kebahagiaan diri . Mimpi merupakan gambaran dari kekehawatiran dan harapan dari seseorang . Jika and...