Batu Kecubung Api Harga dan Khasiat

Batu kecubung api disebut juga Yaman Wulung , merupakan jenis agate black chalcedony yang mengandung beberapa senyawa pembentuk lainnya . Di Indonesia , daerah penghasil batu kecubung api yang berkualitas adalah Aceh , Bengkulu , Lampung ( Baturaja ) , dan Kalimantan ( disebut Wulung Borneo ) . Namun tidak menutup kemungkinan jika batu ini terdapat di daerah lainnya yang ada di Indonesia .

Batu Kecubung Api Harga dan Khasiat

Gambar Batu Kecubung Api via Google.co.id

Batu kecubung api yang berasal dari tiap-tiap daerah tentunya memiliki ciri-ciri dan keunikannya masing-masing . Salah satunya adalah Aceh . Daerah ini diklaim menjadi penghasil kecubung api terbaik di Indonesia , dimana bahan dan bongkahannya sangat berlimpah disana . Salah satu penyebab jenis kecubung api aceh menjadi yang terbaik , karena memiliki struktur kekristalan yang sangat bagus ( tembus cahaya ) dan lebih jernih daripada kecubung api yang berasal dari daerah lain .

Baca juga: Ciri-Ciri Batu Kecubung Api Aceh

Selain Aceh , daerah penghasil kecubung api lainnya adalah Bengkulu . Bengkulu juga menghasilkan berbagai jenis batuan Chalcedony yang sangat populer di Indonesia . Salah satunya adalah batu red raflesia . Kecubung Api Bengkulu sering disebut juga sebagai Wulung Raflesia . Disebut sebagai Wulung Raflesia karena batu ini sering ditemukan saat penambang sedang mencari batu red raflesia . Bentuk bongkahaannya pun sangat sama dengan red raflesia .

Kandungan dan Proses Terbentuknya Batu Kecubung Api

Batu kecubung api sama hal nya dengan jenis Chalcedony lainnya yang terbentuk dari batuan vulkanik dan memiliki beberapa mineral oksida . Didalam batu kecubung api , terdapat sebuah mineral besi oksida yang membentuk warna hitam pada batu .

Selain itu , warna hitam juga diduga kuat merupakan reruntuhan dari debu vulkanik yang tertanam didalam sebuah lava yang kemudian menjadi batu . Oleh sebab itu , anda akan dapat melihat beberapa jenis batu kecubung api yang memiliki kotoran seperti debu didalamnya yang sama sekali belum larut atau mengalami proses oksidasi .

Kecubung api juga memiliki kandungan mineral kuarsa ( Quartz ) yang mempunyai struktur kristal heksagonal . Oleh sebab itu , kekerasannya berkisar antara 6-7 Skala Mohs . Dan memiliki tekstur anti gores pada lapisannya . Namun komposisi mineral dari tiap-tiap batu tentunya berbeda dari tiap-tiap daerah . Faktor utama yang mendasari komposisi tiap-tiap mineral pada batu berbeda-beda adalah kondisi alam dimana batu tersebut ditemukan .

Kecubung Api Bengkulu

Batu kecubung api sendiri merupakan varian dari jenis red chalcedony yang telah mengalami metamorfosis . Perubahan warnanya  menjadi hitam disebabkan oleh adanya aktiftas vulkanik , seperti apa yang sudah dijelaskan diawal . Selain itu , batu kecubung api mengandung silikon dioksida yang menyebabkan kita dapat melihat warna merah lain dari struktur batu .

Baca juga : Cara Merawat Batu Kecubung Api

Disebut kecubung api karena batu ini terlihat berwarna merah menyala seperti api saat disenter . Disebut sebagai yaman wulung , karena stuktur dan warna hampir sama dengan jenis Yaman Chalcedony .

Khasiat dan Manfaat Batu Kecubung Api

Batu kecubung api merupakan jenis Chalcedony yang merupakan bentuk dari cryptocrystalline , ada beragam khasiat yang dipercaya oleh para penggemarnya . Adapun beberapa khasiatnya , akan kami rangkum secara singkat dibawah ini . Percaya atau tidak , kami kembalikan kepada anda secara pribadi .

Khasiat Batu Kecubung Api

Batu kecubung api dipercaya memiliki khasiat dan manfaat bagi si pemakainya . Salah satu khasiat yang dipercaya oleh para gemslover adalah dapat meningkatkan semangat . Sehingga batu ini disebutkan sangat cocok untuk dipakai bagi mereka yang suka bermalas-malasan .

Batu ini mengandung aliran energi  yang dapat melindungi dari energi negatif yang ada disekitar kita , yang tidak kita ketahaui saat beraktifitas . Chalcedony sendiri merupakan batu pengasuhan yang dapat meningkatkan stabilitas kelompok ( Pengasihan ) . Selain itu , Chalcodony khususnya batu kecubung api dapat membawa fikiran , tubuh dan jiwa mendapatkan keselarasan , sehingga didalam situasi tertekan , fikiran , tubuh , dan jiwa dapat berjalan dengan baik .

Selain menjadi sebuah batu ketentraman jiwa dan fikiran , ternyata kecubung api merupakan jenis batu yang dapat memberikan keberanian pada mental si pemakainya . Hal ini merupakan dampak positif dihasilkan saat batu dapat membangun fikiran , tubuh , jiwa berjalan selaras . Sehingga sifat ragu , atau tidak percaya diri akan hilang .

Kecubung api juga memiliki sifat penyembuh dan pembersih yang kuat . Sering dipakai untuk mereka yang telah berusia lanjut , untuk memperlambat pikun atau Alzheimer . Selain itu juga batu ini digunakan untuk terapi penyembuhan mata , kantung empedu , tulang , limpa , darah , dan sistem peredaran darah .

Harga Pasaran

Harga pasaran untuk batu kecubung api sangatlah relatif . Tergantung kualitas , ikatan cincin , dan juga motif yang disuguhkan . Jika batu anda memiliki motif unik seperti junjung drajat , bisa dipastikan bahwa nilai jualnya sangat tinggi . Kami akan mencoba memberikan gambaran harga batu kecubung api , yang telah kami ambil datanya melalui berbagai situs perbandingan harga.

Untuk small size ( Rp 100.000 – Rp 130.000 ) – Untuk medium size ( Rp 150.000 – Rp 350.000 ) – Untuk big size ( Rp 500.000 keatas )

Batu Kecubung Api Harga dan Khasiat | Siopung | 4.5

Related Post

5 Hal Yang Sering Dilakukan Remaja Indonesia Saat ... Gambar Ilustras Via Pixabay.com Malam minggu tentunya hari dimana kita dapat bersantai bersama keluarga maupun sahabat. Di Amerika dan kebanyakan ...
Arti Mimpi Jatuh Dari Ketinggian Dan Pertandanya B... Mimpi jatuh ketinggian merupakan salah satu pengalaman tidur yang cukup mengerikan . Berdasarkan penelitian ilmiah, pengalaman tidur yang seperti ini ...
Batu Akik Anggur Ulasan Lengkap Jenis Harga dan Kh... Batu Akik Anggur menjadi salah satu jenis yang paling diincar di Indonesia . Memiliki kandungan Chalcedony dengan varian warna yang bermacam-macam , m...
Mitos Efek Bahaya Memakai Batu Fosfor Bagi Kesehat... Batu fosfor ( Phosphorus ) dan varian yang paling terkenal berasal dari kandungan sama adalah Apatite,  yang memiliki bentuk kristal namun jarang dite...
Arti dan Makna Mimpi Orang Tua Ayah/Ibu Meninggal ... Arti Mimpi Orang Tua Meninggal Dunia - Mimpi ayah atau ibu meninggal dunia tentu membuat anda merasa cemas . Kecemasan ini yang membuat anda ingin men...
5 Tips Pemasaran Agar Sukses Meraup Uang Melalui B... Tips Bisnis Online Via Pixabay.com Pemasaran adalah aktifitas memperkenalkan produk ke banyak orang. Salah satu tujuan pemasaran dalam bisnis onli...
Tips Menyimpan Batu Akik Didalam Kulkas/Freezer Menyimpan batu akik didalam kulkas bertujuan untuk tetap menjaga warna serta memberikan rangsangan guna mempercepat proses kristalisasi. Metode yang s...
Rahasia Kaya Secara Finansial Dengan Melakukan Hal... Memiliki Rumah Besar Adalah Wujud Kekayaan Seseorang Via Pixabay.com Menjadi kaya secara finansial merupakan impian banyak orang. Segala cara tela...
Cara Menghilangkan Kutil Dengan Cepat Menggunakan ... Gambar Kulit Yang Mengalami Masalah Kutil Kutil adalah tumor yang tidak terlalu berbahaya dan terletak pada kulit . Memiliki kutil tentu menurunka...
5 Teknologi Olahraga Terbaru Bikin Kegiatan Fitnes... Foto Aktifitas Olahraga Via Pixabay.com Seperti halnya teknologi yang saat ini berukuran semakin kecil, semakin canggih dan terintegrasi ke banyak...