10 Batu Mulia Termahal Yang Tercatat Dalam Rekor Dunia

Batu Mulia Termahal di Dunia

Batu Mulia Termahal di Dunia

Batu permata telah menjadi sesuatu yang spesial bagi manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Saking istimewanya kilauan sebuah batu permata manusia zaman dulu menggambarkannya sebagai pecahan bintang ataupun air mata para dewa.

Hingga di zaman sekarang batu permata juga masih punya pesona yang begitu prestisius sehingga dijadikan perhiasan orang – orang kaya dan para bangsawan. Nilai jualnya pun semakin hari semakin luar biasa.

Harga jual batu permata sendiri tergantung dari beberapa faktor, seperti kelangkaan, ukuran, atau kekerasan yang bisa membuatnya sangat mahal. Dari berbagai batu permata di dunia, terdapat di antaranya yang lebih mahal harganya dibandingkan jenis yang lain.

Berikut ini daftar 10 batu permata paling mahal di dunia.

10. Batu Taaffeite – $2,500 Per Karat

Batu Taaffeite

Batu Taaffeite

Taaffeite merupakan batu permata yang tidak dikenal oleh banyak orang dan merupakan jenis batu permata yang sangat langka. Batu permata Taaffeite dianggap memiliki nilai yang sangat berharga jutaan kali dibandingkan berlian.

Batu permata ini pertama kali ditemukanoleh ahli permata Richard Taaffe di tahun 1945 disebuah toko perhiasan di Dublin, negara Irlandia.

Sebelum dilakukan riset dan penemuan terhadap batu permata ini, Batu permata Taaffeite hanya dianggap sebagai spinel hingga pada akhirnya Richard Taaffe melihat inkonsistensi, seperti permata yang membiaskan cahaya secara berbeda dibandingkan dengan spinel.

Batu permata Taaffeite dapat ditemukan di dua lokasi – Tanzania dan Sri Lanka.

Batu permata Taaffeite berada di peringkat 8 hingga 8,5 pada skala kekuatan kekerasan Mohs. Artinya bahwa batu permata ini memiliki daya tahan yang sangat kuat, walaupun pengujian dan proses pencariannya  dapat memakan waktu dan biaya yang cukup banyak.

9. Demantoid Garnet – $3,300 Per Karat

Demantoid Garnet

Demantoid Garnet

Demantoid merupakan batu permata yang memiliki warna hijau dan mampu memancarkan kilauan yang mirip berlian. Batu permata Demantoid memiliki daya pikat pada kecemerlangan dan dispersinya yang melebihi berlian.

Batu permata Demantoid dapat diandaikan bagaikan Ekor kuda yang berwarna emas yang mencakup permata dari mata kucing. Batu permata Dementoid diidentifikasi sebagai  andradite oleh seorang ahli mineral yaitu Nils Gustaf Nordenskiöld selama abad ke-19 di Rusia.

Walaupun beberapa sumber yang menghasilkan batu permata Demantoid, akan tetapi mereka sedikit kesulitan untuk mendapatkan demantoid yang memiliki kadar lebih besar dari 10 karat dikareakan ukuranbatu ini biasanya kecil. Daya suplai yang sedikit mengakibatkan batu permata ini masuk kekategori barang antik.

Baca Juga3 Jenis Batu Akik Dari Sulawesi Yang Paling Banyak Dicari

Batu Dementoid memiliki kadar kekuatan 6,5 pada skala Mohs yang membuatnya sangat tahan lama pada goresan ataupun kekuatannya.

8. Black Opal – $3,500 Per Karat

Batu Black Opal Termahal di Dunia

Batu Black Opal Termahal di Dunia

Batu permata opal dihasilkan dari rangkaian proses evaluasi yang berbeda dari batu permata lain dengan masing-masing memiliki kepribadian berbeda dan memiliki warna hitam. Proses dan warnanya ini yang membuat harga yang cukup tinggi dan termasuk dalam batu permata yang langka.

Ciri khas batu permata ini adalah memiliki warna hitam dengan membentuk pola firey yang dapat dilihat pada spektakuler kontras latar warna gelap. Batu permata Black Opal yang didistribusi berasal dari Lightning Ridge di New South Wales, negara Australia.

Batu permata Black Opal memiliki kekuatan yang sangat sensitif terhadap guncangan dan perubahan suhu sehingga harus ditangani dengan hati-hati.

Banyak terdapat batu permata Black Opal tiruan yang terbuat dari bahan sintetik yang sangat sulit dibedakan, sehingga pembelian batu Black Opal sangat khusus dan harus memiliki integritas yang tinggi untuk penjualnya.

7. Benitoite – $3,800 Per Karat

Benitoite, Batu Mulia Termahal di Dunia

Benitoite

Batu permata Benitoite merupakan salah satu permata yang paling indah karena memiliki warna fisik biru yang mencolok yang memiliki dispersi lebih tinggi dari berlian. Batu ini ditemukan di hulu di Sungai San Benito di San Benito, California yang kini dijadikan batu permata milik negara tersebut.

Keindahan dari batu ini banyak membuat para pengagumnya harus memilih kilauan dari pancaran warna biru yang lebih gelap dari batu atau memilih yang lebih terang dengan dispersi yang lebih jelas.

Daya tarik batu ini dapat dilihat jika berada  di bawah sinar UV di mana batu ini mampu memancarkan warna kapur biru yang bersinar.

Mencari Benitoite sesuai dengan keinginan kita dalam arti memilih kilauannya yang menunjukkan keseimbangan yang baik antara dispersi yang terlihat dan warna tubuh biru yang  sepadan memerlukan waktu yang cukup lama. Hal inilah yang menyebabkan batu Benitoite termasuk ke permata kolektor dengan  kekerasan 6,5 Mosh.

6. Padparadscha Sapphire – $8,000 Per Karat

Padparadscha Sapphire

Padparadscha Sapphire

Safir Padparadscha merupakan batu permata safir terlangka di dunia, memiliki warna yang khas yaitu oranye merah muda dan menampilkan campuran warna rona ruby dan safir kuning. Nama batu ini berasal dari bahasa Sanskerta / Singhalese yang artinya lotus bunga mekar.

Aktivitas penambangan batu ini berasal dari negara Sri Lanka, akan tetapi dapat ditemukan di Madagaskar dan Tanzania. Batu permata yang ditemukan di Madagaskar memiliki warna merah muda yang membuatnya memiliki harga yang lebih rendah.

Batu Safir Padparadschana memiliki kilauan yang lebih bersih daripada rubi sehingga pembeli harus memeriksa batu tanpa inklusi yang dapat terlihat dengan kasat mata.

5. Red Beryl – $10,000 Per Karat

Red Beryl, Batu Mulia Termahal di Dunia

Red Beryl

Batu permata Beryl merah dikenal juga dengan sebutan scarlet emerald dan red emerald, yang merupakan jenis beryl yang sangat langka dengan warna kilauan raspberry pink hingga warna merah hampir keunguan.

Batu ini pertama kali ditemukan di tahun 1904 oleh Maynard Bixby. Untuk mendapatkan batu permata ini dengan  kualitas yang baik, dapat ditemukan di situs Wah Wah Mountains di Utah.

Beril merah memiliki kilauan yang 8000 kali lebih tinggi dibanding batu ruby. Sehingga kejelasan dan nilai warna dalam ukuran apa pun dari batu ini dapat dengan mudah diterima dan dinilai oleh para kolektor.

Batu permata Beryl merah memiliki nilai kekerasan 7,5 hingga 8 yang membuatnya banyak dicari oleh kolektor karena kelangkaannya. Kemudian, batu ini lebih sering ditemukan di koleksi mineral daripada di koleksi perhiasan.

4. Alexandrite – $12,000 Per Karat

Alexandrite, Batu Termahal di Dunia

Alexandrite

Alexandrite merupakan jenis batu permata yang begitu langka dan sangat sulit untuk didapatkan. Batu permata ini cukup populer karena sifat memiliki optiknya yang luar biasa. Kilauan optik yang dipancarkan  mengalami perubahan warna yang dramatis tergantung pada kondisi pencahayaan.

Hal ini disebabkan akibat adanya kadar kombinasi mineral yang langka termasuk kromium, besi, dan titanium pada batu tersebut. Batu Alexandrite memang sangat pleochroic yang artinya dapat berubah warna saat kita putar di tangan kita.

Lebih menariknya lagi, batu permata ini mampu mengubah warna secara terpisah dari sudut pandang di bawah sumber pencahayaan yang berbeda. Warna batu permata ini adalah biru kehijauan di bawah cahaya alami dan kemudian menjadi ungu kemerahan di cahaya pijar.

Batu permata Alexandrite ditemukan di daerah Pegunungan Ural Rusia ditahun 1830-an dan diberinama oleh Pangeran Lev Alekseevich Perovskii untuk menghormati Alexander II, Tsar Rusia masa depan, pada tahun 1834.

Alexandrite adalah batu yang sangat bagus untuk bahan perhiasan dan untuk perawatannya tidak membutuhkan perlakuan khusus. Batu permata ini memiliki kekuatan kekerasan 8.5 yang sangat tahan lama.

3. Jadeite – $20,000 Per Karat

Jadeite, Batu Termahal di Dunia

Jadeite

Jadeite adalah jenis batu permata giok yang paling mahal memiliki keindahan yang cukup bagus dan jenis batu permata yang cukup langka. Batu jenis ini banyak  ditemukan dalam banyak warna dan memiliki hubungannya dengan warna “zamrud” yang melambangkan kekaisaran yang kaya zamrud bernilai tinggi.

Batu Jadeite yang terbaik dapat ditemukan di Myanmar. Ketembusan cahaya yang melintas di batu ini yang membuat harganya cukup premium. Pancaran warna dari batu ini  seperti ungu muda, lavender, dan apel hijau juga populer di kalangan pembeli.

Potongan batu permata Jadeite memiliki kekuatan yang sangat tangguh dan daya tahan pakai yang sangat baik serta tidak mudah untuk patah. Para kolektor harus mempertimbangkan kedalaman warna dan tingkat transparansi karena digunakan untuk mendasari nilainya.

2. Musgravite – $35,000 Per Karat

Musgravite, Batu Mulia Termahal di Dunia

Musgravite

Batu permata Musgravite merupakan jenis permata yang sangat langka dan termasuk dalam bagian keluarga taaffeite. Batu permata ni pertama kali ditemukan di Range Musgrave di Negara Australia Selatan.

Pertama kali ditemukan di daerah Antartika, Greenland, dan Madagaskar dengan jumlah yang sangat terbatas. Batu permata Musgravit yang cukup besar pertama kali ditemukan di tahun 1993. Di tahun  2005, terdapat 8 spesimen yang diketahui berasal dari batu ini.

Batu permata Musgravite ini sangat sulit ditemukan  di pasar terbuka. Jika ditemukan dipasar bebas, maka para pengkolektor wajib mengirimkannya ke pengujian laboratorium gemologi untuk diuji keaslianya karena kemiripannya dengan batu permata taaffeite.

1. Blue Diamond – $3.93 million Per Karat

Blue Diamond, Batu Mulia Termahal di Dunia

Blue Diamond

Batu permata Blue Diamond memiliki harga yang paling mahal di dunia, karena termasuk dalam berlian berwarna. Tidak hanya langka, akan tetapi terkenal dengan kilauan yang cemerlang dan  spektakuler, serta zat yang paling sulit ditemukan di bumi.

Dari semua batu permata yang dikenal, Blue Diamond merupakan batu permata yang paling populer di kalangan orang dan yang paling sering diromantisir. Spektrum warna yang dihasilkan cukup luas termasuk hitam, biru, sampanye, coklat, cognac, hijau, pink, merah dan kuning.

Nilai jual yang dihasilkan  berada pada tingkat yang sama sekali berbeda yang membutuhkan banyak uang yang taksedikit. Dari dua contoh yang paling menakjubkan adalah jenis Oppenheimer Blue dan the Pink Star.

Berlian Oppenheimer Blue adalah berlian Vivid Blue terbesar yang muncul di pelelangan dan dijual $ 57,5 juta dengan berat 14,62 karat yang membuatnya bernilai $ 3,93 juta per karat.

Sementara itu, pemecah rekor dunia baru-baru ini, berlian Pink Star, dijual dengan harga $ 71,2 juta untuk 59,6 karat (atau $ 1,2 juta per karat) menjadi batu permata paling mahal yang pernah dijual berdasarkan harga totalnya.

Baca Juga3 Syarat Agar Sebuah Bebatuan Disebut Batu Mulia

Demikianlah daftar 10 batu permata paling mahal di dunia. Semoga menginspirasi!