5 Mitos Suara Burung Di Malam Hari Yang Menyeramkan

Mitos Suara Burung di Malam Hari

Mitos Suara Burung Di Malam Hari

Apakah anda pernah mendengar suara burung di malam hari ? . Hati-hati , bisa jadi burung tersebut membawa pertanda baik maupun pertanda buruk . Mendengar suara burung pada malam hari , sering dikaitkan dengan datangnya berita musibah atau pesan jika ada yang meninggal dunia di daerah tersebut.

Burung yang terbang diatas rumah dan bertingkah laku seakan memberikan sebuah pesan, sampai saat ini masih menjadi sebuah misteri . Bahkan ada yang menyebutkan bahwa burung tersebut adalah jelmaan malaikat pembawa maut . Benarkah ?

Dalam beberbagai kepercayaan, malaikat maut memang sering memperlihatkan wujudnya dalam bentuk burung yang berwarna hitam besar dan menyeramkan.  Dalam tradisi jawa, burung yang berbunyi di malam hari dan terbang diatas rumah adalah pertanda buruk.

Para orang tua dahulu mempercayai, dengan berteriak “Jauh..jauh..jauh”, maka burung tersebut akan pergi dan menjauh dari rumah kita. Hal ini dipercaya bahwa kemalangan atau musibah dapat menjauh dari keluarga kita. Berikut ini adalah beberapa mitos tentang suara burung di malam hari beserta artinya.

1. Pertanda Akan Ada Yang Meninggal

Malaikat Maut

Malaikat Maut

Mitos yang paling mainstream dipercaya oleh banyak orang adalah tentang kabar adanya seseorang yang akan meninggal. Saat kamu mendengar suara burung di malam hari, maka akan ada seseorang di lingkunganmu yang akan bertemu dengan Tuhan nya.

Sampai saat ini banyak yang percaya tentang hal itu. Jenis burung tersebut tidak pernah diketahui . Terkadang ia berwujud gagak hitam , dan terkadang terlihat berwarna putih.

Selain itu , konon bahwa burung tersebut terbang dalam posisi tidur atau telentang dan tidak seperti burung pada umumnya . Bahkan , burung tersebut tidak akan terlihat apabila matahari telah terbit . Bahkan kejadian ini benar adanya . Banyak yang mengaku mendengar suara burung di malam hari, sebelum datang kabar adanya seseorang yang meninggal dunia .

2. Pertanda Akan Adanya Musiba atau Gagal Panen

Mitos Burung Pemberi Kabar Dari Malaikat

Mitos Burung Pemberi Kabar Dari Malaikat

Masyarakat di pedesaan percaya bahwa bahwa mendengar suara burung di malam hari merupakan pesan untuk bersiap-siap melewati hari-hari yang buruk. Seperti kekeringan, hama, hingga berakhir dengan gagal panen. Dalam berbagai tradisi di indonesia, para petani melakukan ritual sesembahan terhadap alam.

Seperti memotong ayam dan memasak masakan yang enak untuk dipersembahkan kepada alam. Hal ini dipercaya dapat mengurangi penderitaan atau kekeringan panjang yang terjadi. Ritual tersebut bertujuan untuk memohon ampun kepada sang pencipta, dan memberikan qurban berupa hewan ternak.

Baca juga5 Mitos Kesaktian Bambu Kuning Yang Mungkin Tidak Kamu Percaya

Jika kekeringan melanda, dan seekor burung terbang dan mengeluarkan suaranya di desa, maka hal ini merupakan pesan untuk melakukan ritual syukuran kepada Tuhan.

3. Manifestasi Malaikat Pelindung

Manifestasi Malaikat

Manifestasi Malaikat

Burung adalah hewan yang sangat istimewa. Ia dipercaya sebagai makhluk yang bekerjasama dengan malaikat untuk mengamati bumi dan manusia. Ia adalah hewan yang suka melaporkan apa yang terjadi di dunia. Sayap melambangkan perlindungan alam semesta. Dan kicauan melambangkan pesan kebijaksanaan.

Banyak yang percaya bahwa, malaikat memberikan peringatan akan datangnya musibah kepada manusia dalam bentuk burung. Saat terjadi tsunami, burung adalah hewan yang paling ribut. Saat terjadi gempa bumi, burung pula hewan yang paling tidak tenang.

Dalam tradisi yunani, mereka percaya bahwa burung adalah malaikat pelindung. Ia memberikan bocoran pesan dari langit kepada manusia untuk mempersiapkan diri dengan kejadian atau musibah yang akan terjadi dalam waktu dekat.

Dan jika mendengar suara burung di dalam hari, mereka akan mempersiapkan diri dengan makanan yang banyak, dan persembunyian ruang bawah tanah yang nyaman.

4. Burung Adalah Cara Bumi Berkomunikasi Dengan Manusia

Pesan Bumi Kepada Manusia

Pesan Bumi Kepada Manusia

Burung juga dipercaya sebagai prajurit bumi. Beberapa jenis burung melambangkan kekuasaan seperti elang, melambangkan perdamaian seperti merpati, dan melambangkan cinta kasih seperti angsa. Orang-orang pra-sejarah memanfaatkan burung untuk membaca kode peta bumi.

Mereka mengamati burung untuk mencari tempat yang memiliki banyak makanan dan air. Selain itu, mereka juga memanfaatkan burung untuk menyelamatkan diri dari bencana alam.

Burung di malam hari dan berkeliling dan bersuara di sebuah perkampungan dipercaya memberikan pesan kepada manusia di daerah tersebut untuk lebih memperhatikan alam. Ini adalah pesan dari bumi kepada manusia agar berkelakukan lebih baik kepada alam.

5. Pesan Spritual Dari Tuhan Kepada Orang-Orang Tertentu

Pesan Malaikat

Pesan Dari Tuhan Yang Dibawakan Malaikat

Ketika ada seekor burung yang bersuara di malam hari, maka hal ini bukanlah insiden normal atau biasa. Dalam perspektif spritual, mereka percaya bahwa burung sedang berusaha memberikan pesan kepadamu. Ini adalah pesan-pesan yang sebenarnya sulit diartikan oleh manusia normal.

Umumnya, pesan yang dibawa burung adalah pesan tentang terjadinya bencana alam, kematian, tragedi politik kekuasaan, hingga berkaitan dengan pesan-pesan spritual khusus kepada orang-orang tertentu yang masih terbangun di malam hari.

Hal ini umumnya mengingatkan kepada kita untuk lebih menyadari adanya kekuatan yang tidak terlihat dan sedang mengamati kita setiap harinya yaitu Tuhan YME.

Baca juga6 Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Islam, Hindu, Dan Primbon Jawa

Berdasarkan informasi ilmiah , ada sejenis burung yang memang memiliki pola hidup aktif di malam hari . Burung tersebut bernama Kowak-malam Abu atau Kowak-malam Kelabu . Yang merupakan jenis burung cangak malam dan berasal dari keluarga Adeidae .

Dinamai Kowak malam , karena memiliki suara yang kuat dan terdengar kwak..kwak dan terbang di malam hari. Sehingga burung tersebut disebut Kowak malam. Disebut juga sebagai burung Kowak Maling karena memang  sangat suka mencuri ikan para nelayan .