12 Cara Belajar Paling Efektif Berdasarkan Zodiak

Cara Belajar Paling Efektif Berdasarkan Zodiak

Cara Belajar Paling Efektif Berdasarkan Zodiak

Setiap orang memiliki keunikan serta preferensi masing-masing, termasuk dalam hal belajar. Beberapa orang lebih suka belajar dalam kondisi tenang, sementara yang lainnya tidak keberatan dengan kebisingan.

Beberapa orang juga mengandalkan aspek visual (penglihatan) saat belajar, sementara yang lainnya lebih bergantung pada auditori (pendengaran) atau kinestetik (gerakan).

Beberapa orang menganggap bahwa pemilihan gaya belajar bukanlah hal yang patut dipusingkan. Mereka berpikir bahwa asal ada buku dan pulpen, semua orang bisa belajar.

Namun, pemilihan dan penyesuaian gaya belajar sebenarnya memiliki banyak dampak positif. Salah satunya adalah mendukung mood belajar, sehingga ilmu yang masuk ke otak pun akan lebih maksimal.

Penasaran dengan gaya belajar zodiak kamu? Simak ulasan di bawah ini, ya!

1. Aquarius

Aquarius yang dinamis dan benci rutinitas adalah salah satu zodiak yang cocok dengan gaya belajar kinestetik, mengingat Aquarius tidak tahan duduk di balik meja terus-menerus.

Ide belajar yang dapat diterapkan adalah belajar bersama teman di cafe, atau bahkan di alam terbuka. Agar tidak memberatkan dirimu, kamu, Aquarius, dapat memulai pembelajaran dari topik yang paling kamu sukai.

2. Pisces

Pisces adalah zodiak yang cocok dengan gaya belajar visual. Selain karena Pisces adalah pribadi yang secara natural tertarik pada keindahan, gaya belajar visual juga membuat pembelajaran tidak membosankan.

Kamu, Pisces, dapat menggunakan ilustrasi sebagai alat bantu belajar kamu. Contohnya, kamu dapat menggambarkan alur peredaran darah manusia secara langsung untuk membantu kamu memahami materi peredarah darah.

3. Aries

Sama seperti Aquarius, Aries juga cocok dengan gaya belajar kinestetik. Aries yang penuh semangat pasti akan lebih mudah memahami sesuatu jika energinya tidak terkumpul di dalam tubuh.

Baca jugaDaftar Negara Yang Cocok Buat Kamu Berdasarkan Zodiak

Contoh ide belajar yang dapat diterapkan adalah mengombinasikan materi dengan games. Kamu, Aries, mungkin bisa menggunakan flash cards sebagai alat bantu.

4. Taurus

Taurus cocok dengan gaya belajar apa pun, mengingat ia adalah sosok yang ambisius. Motivasi belajarnya amatlah tinggi, sehingga kondisi apa pun tidak akan memengaruhinya secara drastis. Namun, gaya belajar yang paling disarankan untuk Taurus adalah gaya belajar visual.

Taurus, kamu bisa mencoba sticky notes sebagai alat bantu belajar kamu, lho. Tuliskan materi-materi penting di lembaran sticky notes, tempelkan notes tersebut di dinding kamar, lalu baca notes tersebut sebelum tidur. Dijamin, kamu tidak akan mudah lupa, deh!

5. Leo

Leo cocok dengan gaya belajar auditori, mengingat ia adalah pribadi yang jago berkomunikasi, juga suka mendengarkan. Leo suka diskusi yang berjalan dua arah.

Ide belajar yang cocok untuk Leo adalah belajar bersama seorang teman (atau kelompok kecil) di sebuah tempat yang tenang. Leo bisa meminta orang lain untuk mengajarkan materi kepadanya, lalu Leo bisa menambahkan ide-idenya tentang materi itu.

6. Gemini

Gemini yang pembosan cocok dengan gaya visual atau kinestetik. Visual akan membuat Gemini menahan perhatiannya lebih lama, sementara kinestetik akan membuat Gemini bersemangat.

Contoh ide belajar yang dapat diterapkan oleh Gemini adalah merangkum materi menggunakan textliner neon. Gemini, ingat ya, kamu hanya perlu menandai kata-kata kunci saja!

7. Cancer

Cancer adalah seorang pendengar yang baik. Oleh karena itu, gaya belajar yang cocok bagi Cancer adalah gaya belajar auditori.

Mungkin, Cancer bisa mencoba untuk mengikuti suatu kelas kecil bersama dua puluh orang (maksimal), dan diajar oleh seorang guru. Psst, Cancer juga bisa bertemu dengan teman-teman baru, lho, di kelas! Pasti menyenangkan!

8. Virgo

Pada dasarnya, Virgo cocok dengan semua gaya belajar. Ia adalah pribadi yang rajin, teliti, dan ambisius. Inilah mengapa kebanyakan Virgo tidak memiliki masalah akademis di sekolah atau perkuliahan.

Ide belajar yang paling cocok bagi Virgo adalah merangkum dan membuat catatan. Dengan menulis ulang materi-materi penting, Virgo akan merasa bahwa ilmu yang ia dapatkan sudah maksimal.

9. Libra

Di balik ketenangannya, sebenarnya Libra adalah pribadi yang cenderung sulit untuk fokus. Ia butuh mood dan kondisi yang kondusif untuk bisa menyerap ilmu. Oleh karena itu, sebelum belajar, Libra harus sudah mandi, merapikan kamar, dan makan.

Baca juga5 Zodiak Yang Paling Kaya Dan Mudah Berhasil Dalam Bisnis

Tentang gaya belajar, sebenarnya Libra cocok dengan gaya belajar apa pun.

10. Scorpio

Scorpio cocok dengan gaya belajar visual atau auditori. Bagaimana pun juga, Scorpio adalah pribadi yang teliti dan suka memerhatikan detail.

Contoh gaya belajar yang dapat Scorpio terapkan adalah belajar dari video di internet, lalu melengkapi video tersebut dengan rangkuman. Ngomong-ngomong, sudah banyak, lho, situs yang menyediakan video pembelajaran. Kamu bisa menontonnya secara bebas atau bahkan berlangganan agar lebih puas.

11. Sagitarius

Sagitarius cocok dengan gaya belajar kinestetik, mengingat ia adalah pribadi yang cuek dan berjiwa petualang. Membaca buku atau mendengarkan materi pelajaran adahal hal yang membosankan baginya.

Ide belajar yang cocok untuk Sagitarius adalah ide yang penuh tantangan. Sebagai contoh, kamu, Sagitarius, dapat membuat ajang perlombaan akademik bersama teman-teman. Semangat belajarmu pasti akan terpompa demi menjadi yang nomor satu.

12. Capricorn

Capricorn, sama seperti Virgo, juga cocok dengan seluruh gaya belajar. Bagaimana pun juga, Capricorn adalah pribadi yang rajin, gigih, dan cerdas secara natural.

Baca juga :  5 Zodiak Yang Mempunyai Aura Positif dan Mempesona

Contoh ide belajar yang dapat Capricorn terapkan adalah membuat mind map. Selain karena mind map akan membuat kamu tertarik dengan aspek visualnya, mind map juga akan membuat struktur pembelajaran kamu lebih tertata.

12 Cara Belajar Paling Efektif Berdasarkan Zodiak | Siopung | 4.5