6 Catatan Sejarah Bencana Alam Paling Mematikan Di Dunia

Bencana Alam Paling Mematikan Di Dunia

Bencana Alam Paling Mematikan Di Dunia

Bencana alam bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Meskipun telah dilakukan upaya agar siap siaga, bencana alam sulit untuk diprediksi terutama soal kerusakan yang ditimbulkan.

Beberapa bencana alam yang tercatat di dalam sejarah mengukir duka yang besar bahkan mengubah dunia.

Melihat begitu banyaknya korban jiwa serta akibat dari bencana itu sendiri tak heran apabila sampai mengganggu keseimbangan dunia karena saking menggemparkan dan mampu membuat orang ketakutan.

Berikut ini ialah daftar bencana alam paling mematikan yang mengubah dan memberikan pengaruh terhadap kestabilan dunia.

1. Gempa Bumi dan Tsunami Samudra Hindia 2004

Tsunami Aceh

Tsunami Aceh

Gempa Bumi Samudra Hindia yang juga turut diikuti dengan tsunami ini merupakan salah satu yang terbesar sepanjang sejarah dunia. Bencana alam tersebut menelan korban jiwa sampai 230.000 orang dari 14 negara yang terkena dampaknya.

Dari jajaran negara tersebut Indonesia termasuk yang paling parah imbasnya yakni memakan korban hingga 170.000 orang. Banyak bangunan luluh lantah diterjang tsunami dan menyebabkan banyak kerugian materil.

Tak hanya negara yang terkena dampak langsung tsunami saja tetapi kestabilan dunia pun terguncang terutama sektor perekonomian.

2. Letusan Gunung Vesuvius pada 79 M

Gunung Vesuvius2

Gunung Vesuvius2

Gunung Vesuvius merupakan gunung berapi yang terdapat di Italia. Pada tahun 79 M gunung berapi ini mengeluarkan letusan hebat hingga melenyapkan dua kota di sekitarnya yakni Pompeii dan Herculaneum.

Kota yang hancur tersebut tak pernah dibangun kembali bahkan terlupakan. Setelah 1.500 tahun tersembunyi di bawah lapisan abu, Pompeii pun secara tidak sengaja ditemukan. Ditemukannya kota yang hilang ini menuntun dunia pada wawasan soal kehidupan Kekaisaran Romawi.

3. Gempa Bumi Tangshan 1976

Gempa Bumi Tangshan 1976

Gempa Bumi Tangshan 1976

Gempa Tangshan yang terjadi pada 1976 di Cina termasuk gempa yang begitu mematikan karena sampai menghilangkan 242.000 nyawa. Bukan hanya korban jiwa, melainkan dampak dari gempa ini paling banyak mempengaruhi ranah politik.

Gempa Besar Tangshan menyebabkan pergantian rezim pada saat itu yakni akhir dari Revolusi Kebudayaan dan juga penangkapan ‘Geng Empat’.

4. Letusan Krakatau 1883

Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau

Pada tahun 1883 Gunung Krakatau meletus dengan dahsyatnya yang mengakibatkan dua pertiga dari pulaunya tenggelam dan puluhan ribu jiwa melayang. Sejarah mencatat sampai hari ini letusan tersebut merupakan yang paling mematikan.

Setelah letusan maha dahsyatnya itu, Krakatau hancur tetapi menciptakan pulau lain yang dikenal dengan Anak Krakatau. Gunung Anak Krakatau masih aktif sampai sekarang bahkan bertambah tinggi setiap tahunnya.

5. Topan Bhola 1970

Topan Bhola 1970

Topan Bhola 1970

Topan Bhola melanda Pantai Bengal pada tahun 1970 dan menjadi topan tropis paling mematikan sepanjang sejarah karena menyapu bersih seluruh desa hingga setengah juta orang tewas.

Ketika itu pemerintah mendapat banyak kritikan sebab dianggap gagal menangani upaya bantuan. Hal tersebut kemudian menyebabkan kekalahan pemerintah saat itu dalam pemilihan nasional yang diselenggarakan sebulan setelah peristiwa Topan Bhola.

Tak sampai di situ, terjadi pula kerusahan pada tahun 1971 yang memicu perang saudara sampai konfliknya pun meluas hingga terdapat perang yang disebut Perang Indo-Pakistan dan menghasilkan negara baru yakni Bangladesh.

6. Gempa Bumi Shaanxi 1556

Gempa Bumi Shaanxi 1556

Gempa Bumi Shaanxi 1556

Gempa Shaanxi menghantam Cina pada tahun 1556 dan terdaftar sebagai gempa paling mematikan sepanjang sejarah karena menghancurkan seluruh penjuru negeri dan membunuh 830.000 jiwa.

Setidaknya 840 km area hancur. Setelah gempa tersebut, pemandangan benar – benar berubah yakni dengan adanya gunung dan lembah baru serta aliran sungai pun berubah.

Baca juga5 Negara Yang Memiliki Kota Paling Ekstrim Di Dunia Saat Ini

Itulah dia 6 bencana alam mematikan yang mengubah dunia. Bencana alam sulit untuk diprediksi sehingga ada baiknya kita selalu siaga menghadapinya.

6 Catatan Sejarah Bencana Alam Paling Mematikan Di Dunia | anarostiana | 4.5