15 Benda-Benda Menakjubkan yang Dibuat dari LEGO

Benda Yang Terbuat Dari Lego

Benda Yang Terbuat Dari Lego

Siapa yang tak pernah bermain dengan LEGO sebelumnya? Saat kita kecil, kita sering membangun benda-benda aneh dengan LEGO–dari replika mobil, replika rumah atau yang lebih rumit seperti replika pesawat terbang.

Namun, itu saja sudah cukup sulit dilakukan, kan?

Tentu saja, seperti banyak hal lain di dunia ini, pasti ada saja seseorang yang lebih jago dalam suatu hal daripada mayoritas orang-orang.

Tak terkecuali dengan LEGO ini. Orang-orang dengan kreativitas tinggi bisa membuat berbagai hal kompleks hanya dari LEGO–yang merupakan mainan anak-anak saja. Penasaran?


15. 3D Printer

Nah, daripada membeli 3D Printer yang harganya sangat mahal, kamu bisa menciptakan saja LEGO 3D Printer seperti yang dilakukan oleh Arthur Sacek ini. LEGO 3D Printer ini bukan hanya replika lho, melainkan 3D Printer yang benar-benar berfungsi.

14. Senapan

Jika suatu saat nanti wabah zombie menyerang dan kamu hanya punya kepingan LEGO saja di rumah, kamu adalah orang yang beruntung, karena kamu bisa membuat sebuah senjata dengan kepingan LEGO tersebut untuk melawan zombie.

Hal ini berhasil dibuktikan oleh Jack Streat yang berhasil membangun senapan jenis HK UMP 45 hanya dari kepingan-kepingan LEGO saja.

Walaupun tak menembakan peluru asli, tapi tetap saja ditembak dengan senjata yang mengeluarkan kepingan LEGO itu tetap saja menyakitkan.

13. X-Wing

Bagi para penggemar Star Wars pasti tak asing lagi dengan pesawat tempur X-Wing, bukan? Nah, ternyata ada lho, X-Wing berukuran seperti aslinya yang dibuat hanya menggunakan LEGO.

LEGO X-Wing ini membutuhkan waktu selama 4 bulan untuk diciptakan dan punya berat hingga 20.000 kg!

12. Roller Coaster

Adam Tucker berhasil menciptakan sebuah LEGO roller coaster, walaupun hanya replika kecil saja dan tak berukuran sama seperti yang kamu biasa naiki di taman hiburan, karya ini tetap saya menakjubkan karena LEGO roller coaster ini juga benar-benar berfungsi selayaknya roller coaster asli, lho.

11. Menara

Seberapa tinggi “menara” yang berhasil kamu buat dari kepingan LEGO yang kamu punya? Mencapai tinggi 1 meter saja sudah luar biasa dan tak semua orang bisa melakukannya.

Namun, sekelompok orang dari Italia berhasil membangun menara LEGO setinggi 35 meter! Menara itu dibuat pada tahun 2015 lalu dan saat itu dianggap sebagai menara LEGO tertinggi di dunia.

10. Robot

Membuat robot itu sama rumitnya dengan menyelesaikan Rubik dalam beberapa detik saja.

Bagi kebanyakan orang di muka bumi ini, menciptakan robot dan menyelesaikan Rubik dalam beberapa detik saja itu sudah masuk ke dalam “Hal yang Tak Mungkin Dilakukan.” Namun, tentu saja, pasti ada saja orang yang mampu melakukannya, bahkan dua hal itu sekaligus.

Seperti menciptakan robot dari LEGO yang bisa menyelesaikan Rubik dengan sangat cepat, misalnya. Yup, bukan dari besi atau alumunium seperti robot kebanyakan, tapi dari LEGO.

Tak hanya itu saja, tapi robot ini juga dipersenjatai dengan Raspberry Pi yakni, sebuah komputer kecil yang bisa diprogram untuk melakukan apapun.

9. Mona Lisa

Lukisan Mona Lisa itu dianggap sebagai salah satu karya terbaik yang pernah diciptakan oleh seorang manusia.

Emosi yang ditampilkan dalam lukisan itu benar-benar luar biasa, karya masterpiece dari Leonardo da Vinci ini sering dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi seniman di seluruh dunia.

Nah, ternyata membangun ulang Mona Lisa dengan LEGO itu lebih mudah, lho. Salah seorang LEGO Builder dari LEGOLAND Discovery Center di Chicago, berhasil melakukannya.

Karyanya ini benar-benar sangat mirip dengan aslinya. Jika Leonardo da Vinci masih hidup, ia pasti akan terkagum-kagum melihatnya.

8. Alat Musik

Tahukah kamu bahwa membuat alat musik itu sangatlah sulit? Hanya orang-orang yang berketrampilan luar biasa saja yang bisa melakukannya.

Bahkan, gitar akustik yang simple saja, bisa menghabiskan waktu berhari-hari atau berbulan-bulan untuk dibuat.

Sekarang, coba bayangkan membuat alat musik biasa saja sudah sulit, namun sekarang ada yang berhasil membuat alat musik dari LEGO.

Berbagai alat musik berhasil dibuat, dari gitar elektrik, cello, ukulele hingga piano–dan ajaibnya, mereka semua berfungsi layaknya alat musik normal!

7. Bunga Sakura

Bunga Sakura Dari Lego

Bunga Sakura Dari Lego

Bisa dikatakan, mekarnya bunga Sakura adalah merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu di Jepang. Tak heran, karena bunga yang hanya mekar beberapa bulan saja setiap tahunnya ini, merupakan salah satu bunga terindah yang ada di bumi.

Di tahun 2018 lalu, untuk merayakan mekarnya bunga Sakura, LEGOLAND di Jepang menciptakan pohon Sakura seperti tinggi aslinya hanya dengan menggunakan LEGO. Karya ini sendiri membutuhkan waktu hingga 6.700 jam kerja dan sekitar 800.000 keping LEGO.

6. Peta Kota Jepang

Peta Kota Dari Lego

Peta Kota Dari Lego

Di tahun 2012 lalu, untuk mengingat tentang gempa dan tsunami yang menghantam Jepang di tahun sebelumnya, sebuah proyek bernama Build Up Japan dilaksanakan.

Salah satu bagian dari proyek ini adalah untuk membangun peta kota Jepang di masa depan menggunakan LEGO.

Peta dari LEGO ini dibagun oleh 5000 orang anak dan membutuhkan hingga 1,8 juta keping LEGO, lho. Proyek ini disebar ke enam kota dan saat sudah selesai, akan dibawa ke Tokyo untuk dipamerkan di sana.

5. Seekor Jerapah

Jerapah Yang Terbuat Dari Lego

Jerapah Yang Terbuat Dari Lego

Jika kamu disuruh untuk membuat replika ukuran asli dari binatang apapun, kamu pasti kebingunan untuk mulai dari mana. Apakah mau memakai kardus atau gabus? Apakah hewannya akan diberikan sebagai contoh? Dan banyak pertanyaan lain yang membuatmu bingung sendiri.

Namun, bagi para ahli LEGO di LEGOLAND Center, Boston, pertanyaan-pertanyaan di atas itu tak mereka butuhkan. Jika kamu pergi ke sana, maka kamu akan disambut oleh patung jerapah ukuran normal yang dibuat hanya dari LEGO.

Walaupun tentu saja tak terlalu mirip dengan aslinya, namun siapapun pasti takjub saat melihatnya.

4. Patung Jesus

Patung Jesus Dari Lego

Patung Jesus Dari Lego

Agama memang sering menjadi salah satu sumber kreativitas umat manusia sejak zaman dahulu kala. Dari berbagai lukisan dan patung di Vatikan, hingga musik klasik tradisional di India dan tentu saja yang terbaru adalah patung Jesus yang dibuat dari LEGO.

Dipamerkan pada tahun 2009, di Gereja Oensta Gryta, Swedia, patung Jesus ini dibuat menggunakan sekitar 30.000 keping LEGO yang didapat dari donasi para jamaahnya.

Dengan tinggi sekitar 173 cm, patung ini terinspirasi dari patung bernama Christus yang dibuat oleh orang Denmark.

3. Mesin

Mesin Dari Lego

Mesin Dari Lego

Sepertinya, jika siapapun niat maka apapun bisa diciptakan dari LEGO, ya? Siapa yang mengira sebelumnya coba, bahwa sebuah mesin mahal V8 yang berfungsi normal bisa dibuat hanya dari kepingan-kepingan LEGO saja?

Tak ada yang mengiranya, namun begitulah, kreativitas manusia memang tak ada batasnya.

Walaupun sudah banyak replika mesin yang dibuat dari LEGO, namun kali ini mesin V8 ini benar-benar berfungsi selayaknya mesin V8 biasanya.

Namun tentu saja, mesin ini tak bisa digunakan begitu saja dalam mobil, tapi masih bisa digunakan untuk kepentingan lainnya yang membutuhkan mesin, kok.

2. Rumah

Rumah Terbuat Dari Lego

Rumah Terbuat Dari Lego

Memang sudah banyak rumah yang dibuat dengan berbagai desain dan berbagai bahan, dari rumah pohon hingga rumah dari bekas pesawat terbang. Namun, dari semua itu, tak ada yang semenakjubkan rumah yang dibuat hanya dari LEGO ini.

Terletak di Billund, Denmark, rumah ini bukan hanya replika rumah yang banyak dari kita bisa membuatnya. Namun, ini benar-benar rumah asli dengan ukuran normal dan sudah termasuk berbagai perlengkapan dan furnitur di dalamnya.

Untuk menciptakan rumah LEGO ini, dibutuhkan hingga 25 juta keping LEGO dan membutuhkan tanah lapang hingga 3.700 meter persegi.

Walaupun rumah dengan ukuran seperti itu tak memungkinkan untuk ditinggali, tapi setidaknya kita tahu bahwa membangun rumah dengan LEGO adalah hal yang memungkinkan.

1. Mobil

Mobil Yang Terbuat Dari Lego

Mobil Yang Terbuat Dari Lego

Mobil adalah salah satu bentuk termudah yang bisa kita buat dengan LEGO. Apalagi mobil-mobil zaman dulu yang terkesan punya bentuk yang simpel.

Namun, LEGO mobil yang kita bicarakan kali ini, bukanlah LEGO mobil yang seperti itu. LEGO mobil ini adalah benar-benar mobil berukuran asli yang juga bisa dikemudikan.

Mobilnya juga bukan mobil sembarangan, melainkan salah satu mobil tercepat di dunia, Bugatti Chiron! Karya luar biasa ini membutuhkan 16 ahli LEGO dan ahli dalam pembuatan mobil untuk bekerja sama selama 13.000 ribu jam untuk menciptakannya.

Baca Juga : 10 Mobil Dengan Desain Teraneh dan Buruk Di Dunia

Mobil LEGO ini sudah diuji coba oleh mantan juara Le Mans, Andy Wallace yang benar-benar takjub bahwa mobil LEGO itu bisa berfungsi layaknya mobil asli.