5 Cara Alami Mengatasi Insomnia Akut Sulit Tidur Malam

5 Cara Alami Mengatasi Insomnia Yang Tidak Kamu Sadari

Insomnia

Sering mendapati situasi sulit tidur di malam hari ? Besar kemungkinan kamu menderita insomnia. Tentu saja hal ini sangat menyakitkan dimana saat tubuh kita ingin beristirahat, namun mata sulit untuk terpejam. Mungkin selama ini kamu sudah banyak bertanya kepada orang lain kiat-kiat untuk cara alami mengatasi insomnia.

Mungkin kamu sudah mencoba untuk tidak meminum kopi atau bahkan menghindari aktifitas tidur siang.

Sah-sah saja jika kamu sudah mencoba semuanya namun tidak mendapati hasil yang positif. Akan tetapi, kamu jangan putus asa. Sebenarnya ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ini semua.

Ada hal-hal yang sebenarnya kamu lupakan dan menjadi penyebab kamu menjadi sulit untuk tidur di malam hari. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

1. Cobalah Untuk Melakukan Aktifitas Olahraga

Salah satu penyebab mengapa kamu sulit untuk tidur di malam hari adalah energi yang tidak banyak digunakan. Kamu merasa kamu belum lelah atau mengantuk, sehingga sangat sulit bagi kamu untuk memejamkan mata.

Faktanya, orang yang rutin berolahraga mendapatkan tidur yang berkualitas dibandingkan mereka yang tidak memiliki aktifitas serupa.

Jika kamu berolahraga, akan ada banyak energi yang kamu keluarkan untuk itu. Sehingga tubuhmu secara otomatis meminta untuk mengistirahatkan diri di malam hari.

Banyak para ahli berpendapat jika kamu tidak harus melakukan aktifitas olahraga berat. Olahraga ringan seperti aerobik, berjalan kaki beberapa ratus meter, hingga berenang dapat membantumu mengobati insomnia.

2. Cobalah Untuk Terkena Matahari Saat Siang Hari

Sinar matahari dapat membakar energi dan kalori tubuh kita. Kebanyakan orang yang sulit tidur memiliki kebiasaan tidak terkena matahari pagi bahkan siang hari. Sesekali kamu perlu untuk merasakannya.

Energi yang terpakai saat tubuh kita terkena matahari, dapat mempengaruhi periode istirahat di saat malam hari. Hal ini seperti mencoba memberikan tipuan untuk tubuh, jika tubuhmu memiliki aktiftas yang berat.

Oleh sebab itu, dengan mendapatkan cahaya matahari di siang hari, kamu akan cenderung mudah untuk tidur di malam hari.

3. Matikan Lampu Ditempat Kamu Tidur

Cahaya mempengaruhi bagaimana sistem sirkadian mengatur waktu tidur kita. Semakin banyak cahaya yang terpapar ke tubuhmu, semakin sulit pula kamu untuk memejamkan mata.

Terkena lampu ruangan, cahaya dari layar ponsel, dapat mengacaukan sistem sirkadian yang sebenarnya berfungsi untuk memberitahu tubuh kita untuk tidur.

Dengan terpapar cahaya, sistem yang mengatur tubuhmu untuk tidur akan kebingungan sendiri.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk tidak menggunakan cahaya yang terlalu terang di kamar tidur.

4. Mendengarkan Suara-Suara Tertentu Saat Tidur

Saat kita mendengar suara frekuensi rendah secara berulang-ulang, hal ini ditangkap oleh sebagai suatu yang bukan ancaman. Oleh sebab itu, kita cenderung terhanyut atau terbawa didalamnya.

Dengan mendengarkan suara yang berulang-ulang seperti suara hujan, angin, burung, dan ceramah dari tokoh agama, dapat membantumu untuk tidur secara lebih cepat.

Saat ini kamu dapat mencari aplikasi penghasil suara hujan yang ada di playstore.

Aplikasi tersebut umumnya memiliki berbagai macam jenis suara yang dapat membantumu untuk tidur lebih cepat.

5. Mengkonsumsi Pisang atau Cemilang Ringan

Cara paling sehat yang dapat membantumu untuk tidur dengan cepat adalah mengkonsumsi pisang secukupnya. Mengkonsumsi pisang sebelum tidur memiliki berbagai manfaat.

Pisang sendiri memiliki kadar potassium yang tinggi dan dapat membantu tubuhmu dalam merileksasikan otot.

Selain itu, pisang mengandung magessium yang bagus untuk kebutuhan tubuhmu. Faktanya, mendapati ketidakseimbangan hormon dan kekurangan magnessium dapat membuatmu sulit untuk tidur.

Demikian beberapa tips cara mengatasi insomnia yang dapat kamu terapkan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

5 Cara Alami Mengatasi Insomnia Akut Sulit Tidur Malam | Siopung | 4.5