7 Cara Efektif Membuat Anak Tidur Di Kamar Sendiri Dengan Cepat

7 Cara Efektif Membuat Anak Tidur Di Kamar Sendiri Dengan Cepat

Foto Ilustrasi Anak Tidur Di Kamar Sendiri Via Pixabay.com

Masa transisi memang sulit bagi anak anda. Pahami bahwa mereka memiliki keinginan yang kuat untuk tidak bisa terlepas dari anda. Tidur di kamar sendiri merupakan permasalahan klasik yang terjadi di setiap keluarga. Namun, bukan tidak ada cara efektik yang mampu membuat anak tidur di kamar nya sendiri.

Para pakar psikologi anak mencoba berbagi rahasianya. Berdasarkan penelusuran kami, banyak kesalahan yang dilakukan para orang tua dalam menciptakan keberhasilan pada masa transisi anak seperti ini. Oleh sebab itu, kamu harus paham dan mengerti terlebih dahulu situasi yang ada pada anak anda.

Untuk dapat membuat strategi ini berhasil, kamu harus pahami terlebih dahulu kebutuhan si kecil. Untuk dapat memahami nya, mari kita simak penjelasan berikut ini :

1. Komunikasi

Komunikasi adalah suatu keharusan yang harus anda lakukan untuk menciptakan kenyamanan bagi si kecil. Jangan pernah melakukan negosiasi pada malam hari. Hal tersebut tentu saja sia-sia. Lakukan komunikasi dua arah bersama si kecil di siang hari, berikan pemahaman bahwa ia sudah seharusnya tidur di ruangannya sendiri.

Berikan sedikit cerita bahwa anda sudah tidur di ruangan sendiri sejak masih kecil. Berikan pemahaman tentang manfaat apa yang bisa ia dapatkan. Dunia si kecil adalah dua petualangan dan permainan. Katakan bahwa super hero tidur di ruangannya sendiri.

2. Akui Ketakutan Anak Anda

Jika ia mengatakan “saya takut bu”, maka kamu sebagai orang tua tidak boleh membantahnya. Akui dengan cara yang berbeda dan dapat bermanfaat untuk si kecil. Seperti “iya, ibu saja dulu takut kalau tidur sendiri, setelah ibu coba ternyata lebih seru”. Dengan mengakui hal tersebut, si anak akan mendapatkan dukungan bukan tekanan.

Jang pernah marahi anak karena belum mau tidur sendiri. Proses pada setiap anak tentu saja berbeda-beda. Hal ini sangat erat kaitan nya dengan contoh di lingkungannya.

3. Sayangi Mereka Pada Siang Hari, Bukan Malam Hari

Jangan manja kan anak pada malam, jikalau anda memberikan perhatian berlebihan pada malam hari, maka ia tidak akan pernah mau melewatkan waktu tersebut bersama anda. Coba sedikit mengabaikan nya pada malam hari. Buat dirinya tidak membutuhkan anda pada waktu tersebut.

Dengan begitu, ia akan memahami tanpa perlu anda jelaskan. Jangan pernah memeluknya pada malam hari. Hal ini hanya akan membuat si kecil tidak ingin lepas dengan anda. Strategi ini sangat berhasil jika anda dapat menjalankannya dengan baik.

4. Tawarkan Hadiah

Tawarkan tantang bagi anak anda jika mereka mau tidur sendiri di ruangannya selama seminggu, maka kamu akan memberikan sesuatu kepadanya. Seperti sepeda baru atau jalan-jalan bertamsya ketempat indah. Secara tidak langsung, kamu sudah memunculkan keberanian kepada si kecil untuk tidur di ruangannya sendiri .

5. Tunjukkan Kepada Mereka Sebuah Film atau Gambar Yang Memperlihatkan Seorang Anak Tidur Di Kamarnya Sendiri

Cara ini terbukti sangat efektif mampu membuat si anak tidur di ruangannya sendiri. Ini adalah pelajaran dan pemahaman tidak langsung yang dapat anda berikan kepada si kecil. Pastikan bahwa hal tersebut seperti tidak disengaja oleh anda. Seperti meletakkan majalah atau menayangkan film bersama.

Berdasarkan penjelasan pakar psikologi anak, memperlihatkan visualisasi seorang anak tidur di kamarnya sendiri merupakan cara terampuh untuk membuat si kecil tidur terpisah dengan anda.

6. Hiasi Kamar Dengan Barang-Barang Yang Lucu

Menciptakan kamar yang indah bagi si kecil tentu saja sangat berdampak bagi dirinya. Kamu bisa mendekorasi dan mencari inpirasi desain kamar untuk si kecil di internet. Dengan cara seperti  ini, kamu menciptakan motivasi yang kuat bagi si kecil untuk tidur di ruangannya sendiri.

7. Tentukan Waktu Yang Tepat

Anda tidak bisa memaksakan kehendak dengan sangat cepat. Yang harus di pahami bahwa masa transisi seperti ini sangat sulit bagi si anak. Kamu dapat menjalankan strategi diatas dan mencoba melihat hasilnya selama 2 – 1 bulan lamanya. Lakukan secara berskala dan teratur.

Baca Dulu 7 Langkah Rahasia Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat

Yang terpenting adalah memperlihatkan contoh bagi si anak agar strategi yang kamu terapkan bukanlah sebuah tekanan bagi si anak.

7 Cara Efektif Membuat Anak Tidur Di Kamar Sendiri Dengan Cepat | Siopung | 4.5

Related Post

8 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Saat Perut Ko... Tubuh kita mengandung hampir sepertiga air . Oleh sebab itu, air termasuk asupan yang paling diperlukan oleh tubuh kita . Kebanyakan dari kita mengang...
Pria Mimpi Hamil ? Yuk Ketahui Makna Tersembunyi D... Seorang Pri Yang Hamil Dan Melahirkan Via Google.co.id Mendapatkan pengalaman tidur sedang merasakan sebuah sensasi kehamilan tentu tidak semua pr...
Batu Akik Bulu Macan Ulasan Lengkap Harga dan Khas... Batu akik bulu macan ( Seraphinite ) adalah jenis batuan dengan motif unik yang asal-usul nya berasal dari Fosil Kayu . Fosil kayu sendiri adalah batu...
Cara Menghilangkan Kapur Pada Batu Akik Batu akik tertentu mengandung zat kalsium alami yang terbentuk akibat dari reaksi mineral terhadap kondisi suatu lingkungan . Untuk dijadikan sebagai ...
Penyebab Batu Black Jade Tidak Tembus Cahaya Batu black jade mengandung beberapa kandungan dari senyawa logam besi oksidasi , dan mengalami perubahaan yang sangat lama . Beberapa kandungan logam ...
5 Pola Hidup Sehat Yang Bermanfaat Untuk Memperpan... Gambar Ilustrasi Menjalankan Pola Hidup Sehat Via Pixabay.com Saat sudah terlalu fokus pada kesibukan dan kegiatan sehari – hari, anda cenderung m...
Arti Mimpi Menyapu Menurut Islam dan Pakar Psikolo... Mimpi menyapu mengacu pada perbaikan jiwa yang anda miliki . Selain itu , hal ini juga menunjukkan bahwa anda berada pada situasi yang sangat tidak ny...
3 Jenis Batu Akik Yang Bagus Untuk Usaha dan Karir Batu akik selain digunakan untuk perhiasan , ternyata dipercaya dapat memberikan khasiat dan efek yang baik untuk bisnis dan usaha . Hal ini tidak han...
Batu Akik Pandan Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat Batu akik pandan adalah jenis Chalcedony dengan ciri-ciri tertentu . Jenis ini bisa dilihat melalui struktur warna , serat , serta inklusi-nya. Batu p...
Arti Mimpi Bayi Buang Air Besar Bagi Keberuntungan... Mimpi bayi buang air besar menandakan bahwa perhatian anda saat ini tengah ditarik oleh sebuah permasalahaan kecil yang sebelumnya tidak pernah anda d...