Cara Makan Biji Pepaya Untuk Mendetoksifikasi Liver, Ginjal, Serta Pencernaan

Cara Makan Biji Pepaya

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Pepaya atau carica dikenal sebagai buah eksotis yang berasal dari Meksiko. Buah ini memiliki rasa manis dan musky tetapi rasanya konsisten seperti mentega. Buah ini telah dihargai selama berabad-abad karena lezatnya rasa dan juga manfaatnya untuh tubuh. Untuk alasan itu Christopher Columbus menamakan buah ini “the fruit of angels”.

Pepaya memiliki bentuk bulat memanjang seperti tabung. Buah ini mudah dijangkau oleh semua orang di berbagai tempat seperti supermarker atau pasar. Buah ini kaya karoten, vitamin C, folat, vitamin B, asam pantotenat, tembaga, postassium, dan magnesium. Semua kandungan dalam buah ini dapat digunakan sebagai obat alami yang efektif melawan masalah jantung, kanker, masalah pencernaan, kadar gula yang tinggi dalam darah, dan juga penyembuhan luka.

Pepaya memiliki biji bulat warnanya hitam. Bijinya pahit dan dalam banyak kasus ketika orang makan buah ini, mereka membuangnya. Ini adalah kesalahan besar karena di sini kita akan mengungkapkan manfaat dari biji pepaya ini.

Berikut ini manfaat dari biji pepaya :

1. Peradangan

Berkat karakteristik anti-inflamasi yang hebat dari biji pepaya, mereka meredakan nyeri sendi sebagai akibat asma, radang sendi, dan asam urat. Biji pepaya memiliki kandungan papain dan chymopapain yang tinggi yang melawan peradangan secara efektif.

Baca juga: Cara Membuat Rebusan Daun Sirih Untuk Obat Batuk Anak/Dewasa

2. Mencegah tubuh dari masuknya berbagai bakteri

1 sdm biji pepaya dapat melawan kuman dan infeksi virus, termasuk Salmonella, Staph, dan juga virus yang paling terkenal yaitu E. coli.

3. Menghilangkan Cacing dan Parasit

Biji pepaya mengandung enzim proteolitik seperti papain yang memecah limbah protein yang tidak tercerna oleh tubuh dan juga biji pepaya mampu menghancurkan parasit usus.

Selain itu, alkaloid anthelmintik yang unik (yang juga disebut carpaine) menghancurkan amuba dan cacing parasit pada tubuh secara efektif.

4. Melindungi Hati

Karena tingginya kandungan nutrisi, biji pepaya membersihkan hati dari limbah toksin. Biji pepaya juga mengobati sirosis secara efektif . Anda cukup campurkan 1 sdm. jus jeruk nipis dan 5 biji pepaya, dan konsumsi campuran ini selama 30 hari.

5. Memperbaiki Pencernaan

Kandungan tinggi enzim proteolitik (glikil endopeptidase, chymopapain, papain, dan caricain) memperbaiki pencernaan dan membersihkan tubuh anda.

6. Antioksidan

Biji pepaya kaya akan antioksidan, asam fenolik, dan senyawa flavonoid yang mencegah tubuh kita dari radikal bebas.

7. Mengontrol tekanan darah

Pepaya melimpah carpaine yaitu senyawa yang mengurangi tekanan darah tinggi diastolik dan sistolik.

8. Sebagai alat kontrasepsi alami

1 sdm. biji pepaya mengurangi produksi sperma tanpa mempengaruhi libido.

9. Melindungi ginjal

Jus biji pepaya dapat meningkatkan kesehatan ginjal karena biji pepaya kaya akan flavonoid dan fenolat.

Cara Menggunakan Biji Pepaya

Anda dapat memasukkannya ke dalam diet anda melalui banyak cara.Bbaik menyendoknya langsung dari buah, memakannya mentah, atau dalam kombinasi dengan buah itu sendiri.

Baca juga: 5 Manfaat Kulit Pisang Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Pengobatan

Selain itu, anda juga bisa mengeringkan biji pepaya di bawah sinar matahari atau dengan dehidrator. Kemudian giling biji pepaya yang sudah dikeringkan. Setelah di giling, anda bisa menambahkan bubuk yang telah di giling untuk salad, smoothie, sup, dan semur. Karena rasanya yang kuat, mulailah dengan 1 sdm biji pepaya setiap hari. Kemudian, tingkatkan menjadi 2 sdm. dan tambahkan takaran secara bertahap. Biji pepaya memiliki efek anti-parasit yang kuat. Oleh karena itu, jangan berikan kepada anak-anak dan juga kepada ibu yang sedang hamil dan menyusui.