Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Dan Memperpanjang Usia Harapan Hidup

Cara Menjaga Kekebalan Tubuh

Gambar Orang-Orang Yang Bahagia Karena Memiliki Tubuh Sehat Via Pixabay.com

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa anda sering pilek setidaknya sekali setiap musim hujan, tetapi salah satu teman anda bahkan tidak mengalaminya? Apakah itu benar-benar hanya gen anda atau kekebalan Anda yang lemah? Nah, pikirkan lagi! Para ilmuwan telah melakukan penelitian terkait hal-hal alami yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda.

National Institutes of Health (NIH) menemukan bahwa meningkatkan kekebalan dapat memperpanjang hidup Anda juga! Mereka menemukan bahwa, sistem kekebalan tubuh anda akan melindungi tubuh Anda dari segala macam stres, yang dapat menyebabkan sel-sel menua.

Para peneliti menyimpulkan bahwa orang tua dengan sistem kekebalan yang kuat dapat hidup lebih lama, dan mereka dapat melawan infeksi secara lebih baik. Ternyata sistem kekebalan tubuh membantu menetralisir radikal bebas berbahaya dalam tubuh Anda, yang telah terbukti dapat menyebabkan penyakit penuaan dan kronis.

Berikut adalah empat cara Anda dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda secara alami:

1. Minum Jus Aloe Vera

Jika Anda seorang vegetarian, Anda mungkin akan mendapatkan vitamin B12 harian Anda dari asupan makanan Anda. Sumber utama B12 berasal dari daging, ikan, dan keju. Sayuran dan kacang-kacangan tidak menyediakan vitamin-vitamin tersebut dalam jumlah yang banyak. Bahkan, bayam tidak memiliki B12 sama sekali.

Mengapa ini penting? Para peneliti mengemukakan bahwa vitamin B12 adalah faktor penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Lidah buaya merupakan salah satu dari beberapa tumbuhan yang menghasilkan dan memiliki sejumlah besar kandungan vitamin B12. Aloe vera juga memiliki vitamin A, E, dan C, yang semuanya mendukung sistem kekebalan didalam tubuh milik anda . Salah satu manfaat dari vitamin ini adalah sebagai antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah radikal bebas yang biasanya menyebabkan penuaan dini .

Lidah buaya akan mendukung sistem kekebalan tubuh Anda secara langsung dengan membantu membersihkan tubuh dari racun dan mikroba buruk. Aloe vera juga mengatur sistem kekebalan tubuh Anda dengan membantu mencegah dan meringankan reaksi alergi hiperaktif dan kondisi autoimun, seperti artritis.

Bagaimana cara konsumsi lidah buaya agar mendapatkan manfaat yang maksimal? Anda bisa meminum jus lidah buaya atau dipotong potong tangkai bagian dalam tanaman dan mencampurnya dengan salad anda. Minum jus lidah buaya juga membantu menjaga kulit Anda agar tampak lebih muda, dan ketika menyentuh bibir Anda, aloe vera dapat meringankan rasa sakit apapun jika bibir anda terbakar matahari atau meradang. Hati-hati untuk tidak makan atau minum terlalu banyak lidah buaya karena memiliki efek pencahar yang kuat.

2. Olahraga Secara Teratur

Berolahraga setiap hari tidak hanya baik untuk kesehatan pinggang dan hati Anda, namun berolahraga juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Ahli kesehatan mengatakan bahwa dengan menggerakkan tubuh anda dapat membantu meringankan dan mencegah flu. Berolahraga dapat meningkatkan sirkulasi, yang juga dapat meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan dalam tubuh. Tetapi jangan berolahraga terlalu sering.

Para peneliti mengatakan bahwa olahraga ringan (seperti berjalan satu mil sehari-hari atau satu menit dari pelatihan interval intensitas tinggi) melindungi dan menambah sistem kekebalan tubuh Anda. Tapi mereka memperingatkan bahwa olahraga yang dilakukan terlalu berat juga akan melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Jadi jangan berlebihan atau anda akan merusak sistem kekebalan Anda.

3. Berhenti Merokok atau Menghisap Nikotin

Anda tahu merokok dapat menyebabkan kanker. Bahkan, hal itu menyebabkan 80 sampai 90 persen kematian akibat kanker paru-paru, yang berarti hanya 10 persen orang yang meninggal akibat kanker paru-paru bukan karena perokok. Tetapi kanker bukanlah satu-satunya penyebab yang dapat memperpendek umur hidup anda. Nikotin dapat menekan sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengganggu hubungan antara sel-sel kekebalan tubuh Anda. Hal ini juga menurunkan jumlah sel T, yang melemahkan kekebalan Anda secara keseluruhan.

Baca Juga 5 Cara Berhenti Merokok Meski Anda Adalah Pecandu Berat

Hal ini juga melemahkan respon makrofag Anda, yang merupakan sistem kekebalan pertama atau pertahanan terhadap virus TBC. Bahkan, ada peningkatan infeksi TB di antara orang-orang secara rutin terkena nikotin. Nikotin juga memperlambat kemampuan tubuh anda dalam penyembuhan luka.

Berhenti merokok atau menggunakan produk nikotin sehingga kekebalan tubuh akan menjadi kuat dan anda dapat hidup lebih lama. Bahkan, Mayo Clinic menyatakan bahwa hanya 5 persen perokok yang berusaha berhenti dan berhasil ketika mereka tidak mendapatkan bantuan terapi. Beberapa perokok membutuhkan sensasi taktil menghirup dan memegang rokok. Jika Anda tidak dapat berhenti merokok Anda dapat mencoba rokok elektronik. E-cigs berbentuk seperti rokok dan memberikan uap ke paru-paru.

Tapi tidak seperti rokok biasa, e-cigs hanya memberikan nikotin murni tanpa ribuan karsinogen. NIH menemukan bahwa e-cigs adalah metode yang aman untuk perokok dan dapat digunakan sebagai terapi untuk berhenti merokok. Tetapi ingat bahwa nikotin tetap akan menekan sistem kekebalan tubuh. Anda hanya harus menggunakan e-cigs sebagai pengganti rokok sementara untuk membantu Anda berhenti secara perlahan dan permanen.

4. Selingi Dengan Puasa

Apakah Anda pernah tidak makan dalam sehari? Ada metodologi yang disebut puasa berselang. Anda tidak harus melewatkan jam makan tertentu, Anda bisa memilih untuk makan hanya setiap delapan jam. Bahkan, Marilyn Monroe juga berlatih puasa berselang dengan rutin melewatkan makan siang.

Dengan melakukan puasa dapat meningkatkan kekebalan pada sel kekebalan tubuh Anda. Para peneliti meneliti bahwa ketika tubuh Anda dalam keadaan berpuasa, tubuh akan mulai mendaur ulang sel yang rusak dan mati, sehingga sel kekebalan tubuh dapat digunakan kembali sebagai alat pertahanan tubuh. Kemudian pada saat Anda makan, tubuh Anda dengan cepat membentuk sel yang baru.

Oiya, Jangan Lewatkan Bongkar Manfaat Tersembunyi Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Hasilnya adalah sistem kekebalan tubuh menjadi kuat kembali . Jika Anda berlatih puasa intermiten secara rutin, sistem kekebalan tubuh akan meningkat karena sebagian besar sel-sel kekebalan tubuh sudah diperbarui sehingga dapat melindungi Anda dari racun dan mikroba berbahaya.

Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Dan Memperpanjang Usia Harapan Hidup | Siopung | 4.5

Related Post

Daftar Negara Di Dunia Yang Memiliki Hutan Terluas Hutan adalah area luas yang ditunbuhi oleh pehonan dan tumbuh-tumbuhan yang lebat dan memiliki fungsi penting bagi kehidupan di bumi ini . Salah satu ...
Penyebab Pori-Pori Batu Akik Melebar atau Bolong Salah satu hal yang paling membuat para gemslover frustasi adalah ketika bahan batu akik yang digosok , dalam kondisi yang tidak diinginkan . Hal ini ...
6 Tips Bagi Pemimpin Perusahaan Dalam Menjaga Ment... Gambar Ilustrasi Menjaga Mental Karyawan Via Pixabay.com Siapa sangka karyawan yang biasa anda lihat berkerja dengan giat setiap harinya, ternyata...
10 Negara Adidaya Dengan Tentara Militer Terkuat d... Gambar Pentagon Amerika Serikat Via Pixabay.com Peran tentara atau yang biasa disebut anggota militer, sangatlah penting dalam menjaga keamanan su...
3 Kebiasaan Sarapan Pagi Yang Tidak Baik Untuk Dil... Foto Aktifitas Sarapan Pagi Via Pixabay.com Sarapan pagi merupakan kebiasaan baik yang tidak boleh dinomor duakan karena merupakan kebutuhan tubuh...
Arti dan Makna Mimpi Berkelahi Dengan Lengkap Mimpi berkelahi adalah simbol dari kekacauan batin atau tekanan dalam diri dan bentuk ketidaksukaan anda terhadap suatu hal . Hanya orang-orang yang d...
Arti Mimpi Dikejar Orang Jahat Menurut Ramalan Pri... Gambar Ilustrasi Dikejar Via Google.co.id Mimpi dikejar orang jahat merupakan indikasi bahwa anda mendapatkan tekanan dalam hidup saat ini. Banyak...
4 Nasehat Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa Dari Buku... Foto Bondan Winarno Via viva.co.id Memulai bisnis tentu bukan hanya sekedar kata atau kiasan semata. Tentu sangat diperlukan 3M, yaitu motivasi, m...
5 Tips Pemasaran Agar Sukses Meraup Uang Melalui B... Tips Bisnis Online Via Pixabay.com Pemasaran adalah aktifitas memperkenalkan produk ke banyak orang. Salah satu tujuan pemasaran dalam bisnis onli...
Tips Sederhana Mengatasi Susah Tidur ( Insomnia ) ... Insomnia adalah suatu kondisi tubuh yang ditandai dengan gejala susah tidur yang dikarenakan banyak hal . Secara umum hal ini disebabkan oleh kondisi ...