Cara Membuat Ramuan Daun Sirih Untuk Menghilangkan Jerawat

Cara Menggunakan Daun Sirih Untuk Menghilangkan Jerawat

Gambar Daun Sirih Via Google.co.id

Daun sirih adalah salah satu tanaman khas indonesia yang memiliki segudang khasiat atau manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sejak dahulu, tanaman ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan bau badan, membuat kulit lebih halus, serta menghilangkan bintik hitam serta jerawat yang ada di wajah. Tapi kali ini, kita akan lebih fokus membahas tentang bagaimana cara mengatasi jerawat dengan menggunakan daun sirih.

Jerawat merupakan peradangan yang sering dialami oleh para remaja dan orang yang memiliki tipe wajah berminyak. Timbulnya peradangan tersebut diakibatkan adanya iritasi yang disebabkan oleh bakteri atau kandungan minyak yang tersumbat di pori-pori wajah. Sehingga menyebabkan pori-pori menjadi membesar dan memerah.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan masalah seperti itu. Kabar baiknya, kamu dapat menggunakan daun sirih untuk menghilangkan jerawat.

1. Kandungan Dan Manfaat Lain Dari Daun Sirih

Daun sirih sendiri memiliki beragam kandungan dan manfaat didalamnya. Salah satu kandungan yang banyak terdapat di tanaman ini adalah kavikol. Kavikol sendiri memiliki fungsi mematikan bakteri yang banyak bersarang di kulit wajah. Oleh sebab itu, mencuci wajah dengan daun sirih tentu sangat dianjurkan saat malam sebelum tidur.

Selain kandungan kavikol, tumbuhan yang masuk dalam keluarga Piperacea ( Wikipedia ) ini, memiliki beberapa senyawa kimia lainnya seperti seskuiterpen, pati, diatase, antioksidasi dan fungisida, serta memiliki sifat anti jamur. Kandungan antioksida nya sendiri dapat menjaga kulit wajah dari zat radikal bebas yang tentunya berbahaya bagi kecantikan.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, daun sirih juga banyak digunakan untuk pengobatan lainnya. Seperti sariawan, batuk, sakit gigi, bau ketiak, dan lain-lain.

Baca Dulu 5 Kebiasaan Yang Membuat Jerawat Muncul Banyak Di Wajah

2. Membuat Ramuan Daun Sirih Untuk Menghilangkan Jerawat

Ada banyak cara penyajian dan pemakaian yang bisa kamu terapkan nantinya dirumah. Berikut ini akan kami bahas secara lengkap bagaimana cara untuk membuat ramuannya dengan mudah. Simak penjelasan berikut ini.

A. Menghaluskan Daun Sirih

Kamu dapat menghaluskan daun sirih dengan blender . Siapkan beberapa helai daun sirih, kemudian tambahkan sedikit madu didalamnya. Untuk lebih mudah, kamu boleh menggunakan cobek atau ulekan. Tumbuk sampai benar-benar halus, kemudian oleskan di wajah yang berjerawat.

Untuk tips yang satu ini, kamu boleh menambahkan air perasan beras atau menggunakan sedikit jeruk nipis untuk mengurangi kandungan minyak di wajah. Setelah kamu oleskan, biarkan beberapa saat sampai benar-benar mengering. Hindari terkena mata secara langsung.

Setelah mengering, kamu dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat. Jika kamu memiliki karakter pori yang membesar, kamu dapat menggunakan air dingin atau biasa untuk membasuhnya. Setiap orang memiliki karakter kulit yang berbeda-beda. Pastikan kamu paham kebutuhan kulit mu.

B. Mandi Dengan Air Rebusan Daun Sirih

Jika kamu tidak mau direpotkan dengan cara diatas karena tidak memiliki waktu yang banyak untuk bersantai, maka kamu dapat menerapkan cara mandi dengan air rebusan daun sirih untuk menghilangkan jerawat. Cara ini sangat sederhana. Kamu cukup merebus beberap helai daun nya, kemudian biarkan air hasil rebusan tersebut mendingin.

Untuk mengeluarkan kadar kimia yang terdapat pada daun tersebut, kamu harus merebusnya dalam waktu 10 – 15 menit. Untuk 20 helai, dapat kamu gunakan untuk 2 liter air. Lalu bagaimana cara mandi dengan menggunakan air rebusan tersebut ? apakah digunakan seluruhnya ? bilasan pertama ? atau bilasan terakhir ?.

Pertama, kamu mandi seperti biasa menggunakan sabun. Setelah selesai, kamu dapat membasuh wajah dengan air rebusan tadi. Jangan lupa juga untuk menggunakan air rebusan tersebut untuk membilas tubuhmu. Pasalnya, air rebusan daun sirih sangat ampuh untuk membuat tubuh kamu tetap segar sepanjang hari.

C. Tips

Gunakan daun sirih merah untuk hasil yang maksimal. banyak yang mengakui khasiat dari daun tersebut. Untuk mendapatkannya, kamu dapat membeli nya di pasar tradisional.

3. Gunakan Ramuan Daun Sirih Tersebut Untuk Menghilangkan Jerawat Yang Meradang dan Bekasnya

Berapa kali dalam seminggu harus saya terapkan ? . Kamu dapat menerapkannya setiap hari. Jika kamu memiliki alergi tertentu, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Namun, alergi yang disebabkan oleh daun sirih sangat jarang terjadi. Dahulu kala, daun sirih dijadikan sebagai pewangi alami bagi wanita kerajaan.

Kamu dapat menggunakannya setiap hari untuk membasuh tubuh dan wajah setelah mandi seperti biasa. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan rebusan daun sirih dan menyimpannya sebagai bekal untuk digunakan sebagai cairan menghilangkan make up yang ada di wajah.

Baca Juga: Daun Sirih Efektif Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Menggunakan ramuan ini sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Jika kamu mendapati situasi peradangan atau jerawat yang sakit, kamu juga dapat menggunakan cairan rebusan daun tersebut untuk menghilangkannya. Peradangan yang terjadi pada kulit wajah yang berjerawat disebakan adanya bakteri didalamnya. Selamat mencoba !

Cara Membuat Ramuan Daun Sirih Untuk Menghilangkan Jerawat | Siopung | 4.5