Hanya Orang Tertentu, 5 Fakta dan Cara Melakukan Lucid Dream

Lucid Dream

Lucid Dream

Mimpi sering dinantikan saat tidur makanya dikenal juga dengan nama bunga tidur. Apalagi kalau mengalami mimpi indah, pasti bahagianya terbawa sampai ketika sudah bangun.

Bicara soal mimpi , tahukan kamu soal Lucid Dream? Itu merupakan keadaan di mana seseorang sadar bahwa  sedang bermimpi.

Lucid Dream ini juga memungkinkan mereka untuk mengendalikan mimpinya, misalnya melakukan apa saja yang mereka mau. Pada dasarnya, siapa saja bisa mengalami ini akan tetapi memang sedikit yang menyadari dan dengan mudahnya melakukan Lucid Dream.

Daripada penasaran, simak 5 fakta Lucid Dream berikut ini beserta juga cara melakukan Lucid Dream.

A. 5 Fakta Tentang Lucid Dream

1. Lucid Dream Seperti Mimpi Biasanya

Sebenarnya Lucid Dream ini sama seperti kalau kita bermimpi pada umumnya. Kejadian yang ada pada mimpi berasal dari informasi atau berbagai hal yang kita ingat.

Yang membedakan Lucid Dream dengan mimpi yang biasanya kita alami hanyalah pada kesadaran di Lucid Dream di mana saat mengalami Lucid Dream ini kita paham betul bahwa ini semua adalah mimpi.

Baca juga6 Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Islam, Hindu, Dan Primbon Jawa

2. Dunia Mimpi Tidak Nyata

Seseorang yang mengalami Lucid Dream, akan menyadari bahwa dunia mimpi tidak nyata. Mereka sadar jika sedang tidur bahkan bisa membangunkan dirinya sendiri.

3. Lucid Dream Bukan Mimpi Buruk

Meskipun terdengar fiksi, pengalaman Lucid Dream sungguh ada. Namun demikian, beberapa masih asing dan menganggap kalau Lucid Dream itu mimpi buruk.

Lucid dream bukanlah mimpi buruk. Saat mengalami mimpi buruk, ada peningkatan detak jantung dan pernafasan, sedangkan Lucid Dream lebih santai dan tidak ada reaksi seperti sedang terbangun karena mimpi buruk tersebut.

4. Kemampuan yang Dimiliki Orang Tertentu

Lucid Dream memang sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun, akan tetapi, hanya orang tertentu yang bisa menguasai kemampuan ini. Disebutkan pula oleh para ahli jika Lucid Dream adalah sebuah keterampilan bawaan.

Ketika yang lain ingin mencoba mengalami Lucid Dream, orang yang punya kelebihan ini bisa dengan mudah melakukannya.

5. Bisa Melakukan Apa Saja

Lucid Dream tidak ada hubungan langsung dengan dunia nyata alias dunia mimpi belaka. Ketika mengalami Lucid Dream, seseorang bisa melakukan apa saja misalnya saja terbang.

Lucid Dream dilakukan hanya untuk bersenang – senang karena tidak ada manfaat khususnya. Ada beberapa ahli yang menyarankan unuk tidak terlalu penasaran dan mencari tahu soal Lucid Dream.

Cara Melakukan Lucid Dream

Cara Melakukan Lucid Dream

B. Cara Melakukan Lucid Dream

Kalau ingin mencoba merasakan sendiri pengalaman mimpi yang kita sadar tersebut, inilah cara melakukan Lucid Dream untuk yang penasaran. Tidak ada jaminan berhasil karena setiap orang punya pembawaan yang berbeda, tapi tak salah bila dicoba.

1. Tahap Petama

Lakukanlah persiapan yang membuat tidur lebih nyaman, misalnya gunakan baju tidur yang longgar. Cobalah membuat tubuh serileks mungkin.

2. Tahap Kedua

Konsentrasi dan mengatur pernafasanmu. Bernafaslah secara perlahan sehingga terasa setiap hembusan yang masuk dan keluar.

3. Tahap Ketiga

Setelah merasa tubuh begitu rileks, usahakan pikiran tetap sadar meskipun perlahan – lahan mata mulai memejam tidur. Salah satu caranya bisa dengan berhitung atau membayangkan sedang meniti anak tangga.

4. Tahap Keempat

Tahap selanjutnya adalah di mana kamu sudah setengah tertidur dan setengah terbangun atau kondisi ini disebut juga sleep paralysis. Di tahap ini sangatlah krusial karena jika gagal harus memulai dari tahap pertama.

Seperti namanya, ketika sudah mulai rileks tubuh terasa seperti tertindih sesuatu mirip kesemutan.

5. Tahap Kelima

Di tahap kelima, kamu akan mulai mengalami black out, yakni seperti masuk ke ruangan yang gelap nan hitam. Nikmati saja tahap ini dan jangan sampai ketakutan karena kamu sudah hampir masuk ke dunia mimpi.

6. Tahap Keenam

Akhirnya sampai di dunia mimpi. Lucid Dream ini membuatmu mengalami sensasi penglihatan dan pendengaran yang terasa nyata. Sebaiknya tetap konsentrasi karena emosi yang berlebihan bisa menghentikan Lucid Dream.

Baca juga7 Ciri-Ciri Anak Indigo Asli Yang Perlu Kamu Ketahui

Demikianlah artikel tentang fakta dan cara melakukan Lucid Dream. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Hanya Orang Tertentu, 5 Fakta dan Cara Melakukan Lucid Dream | anarostiana | 4.5