10 Fakta Kesurupan Dan Cara Ampuh Menghindarinya

Kesurupan, Seorang Siswa Kerasukan Roh Halus atau Jin

Kesurupan

Kesurupan menjadi fenomena yang umum di Indonesia. Seseorang yang dikatakan keserupan sering dikaitkan dengan makhluk halus yang merasuki tubuhnya. Kemudian, efeknya pada orang tersebut ialah emosi yang tak terkendali seperti kesadarannya menghilang.

Hal ini tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang biasa, bahkan kesurupan dalam beberapa kasus dapat membahayakan bagi orang-orang disekitarnya

Banyak yang menganggap kesurupan sebagai fenomena ghaib karena membuat seseorang dikendalikan jin dari dalam tubuhnya.

Akan tetapi, beberapa kelompok sengaja membiarkan seseorang dirasuki makhluk halus sehingga mereka bisa mendapatkan informasi yang diinginkan dari makhluk tersebut atau sekedar unntuk menampilkan acara hiburan.

A. Fakta Tentang Kesurupan

Fakta Tentang Kesurupan

Fakta Tentang Kesurupan

Sebenarnya apa yang terjadi saat seseorang mengalami kesurupan? Berikut ini beberapa fakta mengenai fenomena kesurupan yang perlu diketahui.

1. Kesadaran Tidak Sepenuhnya Hilang

Seperti yang diketahui, kesurupan identik dengan hilangnya kesadaran seseorang akibat ada sosok makhluk ghaib yang merasuki tubuhnya. Namun demikian, beberapa orang terutama yang punya kekuatan spiritual ternyata masih bisa mengendalikan kesadaran dirinya.

Hal itu membuatnya masih tetap bisa mendengar, melihat, serta memahami apa yang sedang terjadi meskipun tubuhnya diambil alih oleh makhluk astral. Lebih dari itu, mereka jadi punya ‘kelebihan’ misalnya menjadi lebih kuat fisiknya ataupun tidak bisa terluka.

Terdapat juga beberapa kasus ketika orang yang mengalami kesurupan masih beraktivitas layaknya orang nomral biasanya mulai dari hal sederhana seperti makan dan minum bahkan ada yang berkendara. Kesadaran memang hilang saat seseorang kesurupan akan tetapi secara fisik tubuh mereka mampu merespons apa yang harus dilakukan.

2. Hanya Makhluk Astral Tertentu yang Merasuki Tubuh Manusia

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa sosok ghaib yang merasuki tubuh manusia adalah mahkluk astral yang secara acak langsung memasuki manusia tersebut. Faktanya bukanlah seperti itu jadi sebenarnya tidak semua makhlus halus akan merasuki manusia yang mereka ‘temui’.

Di dunia astral terdapat tingkatan atau kasta di antara para makhluk halus, yakni ada yang kastanya tinggi dan lain – lain. Beberapa makhluk astral yang berada di kasta tertinggi enggan merasuki tubuh manusia secara sembarangan. Selain itu, jenis kelamin pun berpengaruh.

Namun demikian, memang terdapat banyak makhluk halus yang berusaha masuk ke tubuh manusia ketika ada kesempatan untuk mengambil alihnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jenis kelamin turut berpengaruh pada fenomena kesurupan.

Misalnya, saat seorang pria dirasuki sosok ghaib wanita itu bisa membuatnya berkelakuan dan bersuara seperti wanita. Bukan hanya itu saja, apabila makhluk astral bertubuh harimau, manusia yang kesurupan juga akan bertindak layaknya seekor harimau seperti mengeluarkan suara auman.

3. Jenis Aura Manusia Kesukaan Makhluk Astral

Anggapan yang beredar di masyarakat ialah ada beberapa orang yang mudah kesurupan. Hal tersebut memang ada benarnya atau lebih tepatnya seseorang yang gampang kesurupan terjadi karena punya aura yang disukai oleh para makhluk astral.

Orang itu menjadi lebih sensitif sehingga menarik makhluk ghaib untuk merasuki tubuhya. Di samping itu, jika seseorang punya aura yang mirip dengan sosok makhluk astral bisa juga faktor mengapa ia mudah kesurupan.

Hanya aura tertentu saja yang menarik makhluk halus untuk mendekat. Para makhluk tak kasat mata tersebut pada dasarnya berusaha mendekat dan melakukan interaksi. Apabila manusia targetnya itu tetap sadar dan gagal dirasuki, orang yang di sebelahnya yang justru terkena imbas paling parah karena dimasuki diam – diam.

4. Makhluk Astral Sebagai Perewangan

Masyarakat di tanah Jawa pasti tak asing dengan istilah perewangan atau makhluk astral yang mengikuti manusia. Makhluk tersebut biasanya ‘diberikan’ secara turun temurun atau bisa juga ikut sendiri.

Makhluk astral perewangan dapat berupa perwujudan dari sifat dan perangai seseorang yang memilikinya. Apabila seseorang itu pemarah, makhluk halus yang mengikutinya juga akan bersifat seperti itu.

Di beberapa kasus, perewangan juga bisa merasuki tubuh manusia yang mereka ikuti tersebut. Seringnya, makhluk perewangan masuk ke tubuh orang yang memilikinya karena ada tujuan tertentu, seperti untuk melindungi sang pemilik dari berbagai hal buruk yang akan terjadi dan mereka seakan memberikan mengingatkan dengan masuk begitu saja agar segera menangkalnya.

5. Sengaja Memasukkan Makhluk Halus ke Tubuhnya

Ada kejadian di mana orang – orang sengaja memanggil makhluk astral dan mengizinkan mereka masuk ke dalam tubuhnya. Hal tersebut biasa dilakukan saat hendak meminta atau ingin mencari informasi tentang sesuatu.

Baca Dulu5 Permainan Memanggil Hantu Paling Berbahaya Di Dunia

Itu karena banyak dari makhluk astral yang berusia ratusan tahun sehingga dapat dikatakan mereka secara emosional lebih bijak. Selain itu, makhluk halus juga mengetahui peristiwa di masa lalu dan inilah yang biasanya ingin diketahui orang – orang yang sengaja memasukkan makhlus halus ke tubuhnya.

B. Cara Menghindari Kesurupan

Cara Membentengi Diri atau Terhindar Dari Kesurupan

Cara Membentengi Diri atau Terhindar Dari Kesurupan

Meskipun kesurupan lebih gampang menimpa sebagian orang yang memiliki aura yang sensitif bagi para makhluk halus, hal tersebut tidak menutup kemungkinan siapa saja bisa saja mengalami fenomena ini. Pada dasarnya kesurupan tidak berbahaya, akan tetapi lain cerita jika sudah sampai tahap menyakiti diri sendiri.

Nah, berikut beberapa cara menghindari kesurupan yang ampuh untuk dicoba.

1. Jangan Biarkan Pikiran Kosong

Hal pertama yang penting untuk menghindari kesurupan datang dari pikiran kita sendiri. Apabila sedang berada di tempat keramat, angker, atau yang konon banyak didiami makhluk halus, usahakan selalu memikirkan sesuatu.

Jangan sampai membiarkan pikiran kamu kosong. Kalau kamu melamun, energi dari makhluk astral terdekat akan lebih mudah merasuki pikiran. Itu yang kemudian membuat seseorang kesurupan karena mereka telah berhasil merasuki tubuhnya.

Pikirkanlah sesuatu yang menyenangkan atau apapun yang membuat kamu nyaman dan mengalihkan perasaan takut. Ketakutan merupakan sumber energi negatif yang menarik para makhluk halus.

Di sekolah, ada banyak murid yang mengalami kelelahan sehingga berpotensi mendapati kesurupan. Tidak heran, kejadian kesurupan sangat sering terjadi di sekolah.

2. Jangan Mengganggu Makhluk Halus

Kunci dari semua ketenangan antara manusia dan makhluk halus adalah saling menghargai. Mempunyai sikap pemberani dan tidak takut hantu tentu akan menguntungkan jika sewaktu – waktu ada di tempat yang menyeramkan.

Namun demikian, tidak dibenarkan kalau bertindak semena – mena apalagi sampai menantang makhlus halus, misallnya sengaja mendatangi sebuah tempat angker lalu merasa sombong karena tidak ketakutan. Itu sangatlah mengganggu para makhluk astral.

Kalau sudah sampai marah, mereka akan menampakkan diri dan yang paling parah membuat orang tersebut kesurupan. Jadi, sebisa mungkin jangan sampai menantang meskipun memang tidak takut.

3. Selalu Berdoa

Usahakan selalu memanjatkan doa kepada Tuha sebelum pergi ataupun hendak melakukan sesuatu. Misalnya saja, apabila sedang berada di tempat angker meskipun hanya sekadar melewatinya, ingat untuk selalu berdoa.

Berdoa merupakan salah satu cara paling ampuh dalam menghindari fenomena kesurupan. Tak hanya kesurupan, dengan berdoa, kita juga dilindungi agar selalu selamat dari marabahaya contohnya seperti kecelakaan, perampokan, dan lain – lain.

4. Hindari Tempat Angker

Trend uji nyali kadangkala memancing beberapa orang untuk mendatangi tempat angker untuk melihat seberapa berani mereka. Namun demikian, kalau tidak didampingi orang yang ahli atau kamu tidak punya ilmu yang tinggi tentang dunia ghaib sebaiknya hindari melakukan hal tersebut.

Jangan dengan sengaja mengunjungi tempat mistis apalagi datang sendirian. Itu menjadi peluang besar untuk para makhluk halus merasuki tubuh kamu. Apabila memang benar – benar penasaran, usahakan ajak orang yang lebih ahli.

Mereka yang lebih paham soal seluk – beluk hal ghaib dapat membantu kamu jika hal buruk yang tidak diinginkan terjadi seperti fenomena kesurupan ini jadi kamu bisa disembuhkan di sana.

5. Bilang Permisi dan Bertingkah Laku Sopan di Tempat Angker

Saat mengunjungi tempat – tempat angker dan keramat, usahakan untuk selalu mengucapkan salam atau permisi kepada ‘penunggu’ tempat tersebut. Itu merupakan wujud berperilaku sopan pada makhluk halus yang tinggal di sana karena notabenenya kamu sedang ‘bertamu’ ke wilayah mereka.

Tak hanya sekadar permisi, tingkah laku pun harus dijaga. Jangan melakukan hal – hal aneh atau tindakan yang bisa mengganggu para makhluk astral. Apabila kamu melakukan sesuatu yang membuat mereka marah, mereka dapat merasuki tubuh kamuatau kesurupan.

Demikianlah artikel mengenai fakta soal kesurupan beserta cara menghindari fenomena kesurupan tersebut terjadi pada diri kita.

Baca Juga5 Tanda Hewan Peliharaan Kamu Melihat Sosok Hantu

Meskipun fenomena kesurupan ini terbilang normal, tetap saja bisa berbahaya kalau sudah sampai tahap mencelakai diri sendiri. Untuk mencegah kesurupan, bisa mencoba tips yang tadi telah disebutkan.

Dan juga yang paling penting, jangan lupa untuk selalu berperilaku yang baik dan sopan di mana pun kalian berada sehingga tidak mengganggu para makhluk halus.