6 Fakta dan Mitos Batu Safir Tentang Kekuatan Magisnya

Batu Safir

Batu Safir

Banyak orang yang melihat batu safir untuk yang pertama kali pasti terpesona dengan keindahannya. Safir memang punya kilau yang cantik bahkan dianggap memiliki keajaiban.

Batu permata safir atau batu nilakandi merupakan bentuk kristal tunggal aluminium oksida, suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Batu yang satu ini sering diincar para penghobi batu akik karena kecantikannya.

Di kalangan para pelancong batu safir dianggap sangat berharga dan sering dijadikan sebuah jimat untuk perjalanan. Safir begitu istimewa bagi mereka.

Safir hampir tersedia dalam semua warna. Salah satu warna yang paling banyak diburu dan dikenal pecinta batu mulia adalah safir berwarna biru. Saking indahnya batu safir biasanya dijadikan cincin pertunangan, hadiah, atau sekadar di koleksi.

Artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai cantiknya batu safir. Simak ringkasannya di bawah ini!

A. Mitos dan Kepercayaan Batu Safir

Batu Blue Safir

Batu Blue Safir

Orang – orang Persia zaman dahulu punya kepercayaan bahwa birunya langit disebabkan oleh Bumi yang berada di atas sebuah batu safir raksasa. Selain itu, beberapa sangat percaya jika batu safir mengungkapkan rahasia tentang Orakel.

Mitos dan kepercayaan yang berhubungan dengan safir memanglah bermacam – macam dari seluruh dunia. Salah satunya mitos soal cara membunuh ular berbiasa dengan mendekatkan batu safir kepadanya. Entah benar begitu atau tidak.

Kemudian, ada juga yang mengatakan bahwa dengan menggunakan kalung dari batu safir akan dapat menyembukan atau mencegah seseorang dari sakit tenggorokan. Tak hanya itu, mitosnya safir pun memiliki kekuatan medis lainnya yakni memurnikan pikiran dan pandangan.

Telah disinggung juga sebelumnya kalau safir biasanya dijadikan jimat. Safir jimat ini adalah jenis Star Sapphire atau Safir Bintang yang selalu dicari para pelancong dan ‘pencari’.

Batu mulia safir disebut – sebut punya nama julukan istimewa lain yaitu ‘The Stone of Destiny‘ atau Batu Takdir. Keindahannya lah yang membuatnya dijuluki dengan nama demikian.

Kepercayaan lain menyebutkan pula bahwa tablet Musa dengan 10 perintah dibuat dari batu safir. Berkat hal ini safir seringkali dikaitkan dengan sifat – sifat ilahi dan dipandang seperti batu surga yang suci.

Pada abad pertengahan, batu safir banyak digunakan para klerus atau rohaniwan gereja Kristen sebagai simbolisme surga. Orang awam pada masa itu benar – benar percaya bahwa batu safir merupakan sebuah berkat surgawi.

Baca JugaBatu Merah Delima Mitos dan Cara Mengetahui Yang Asli

Sedangkan oleh masyarakat Yunani dan Roma kuno, batu safir diyakini dapat melindungi harta benda seseorang dari bahaya dan rasa cemburu serta iri orang lain.

B. Fakta Tentang Batu Safir

Fakta Batu Safir

Fakta Batu Safir

Berikut ini beberapa fakta mengenai batu safir yang menarik untuk diketahui.

1. Dikaitkan Dengan Anggota Keluarga Kerajaan

Batu safir sering dihubung – hubungkan dengan anggota kerajaan sebab beberapa di antara mereka menjadikan batu safir sebagai perhiasan favoritnya atau untuk persembahan acara penting. Misalnya, Putri Diana dan Duchess of Cambridge yang mengenakan cincin pertunangan berbatu safir.

2. Asal Nama ‘Safir’

Kata ‘safir’ berasal dari kata dalam bahasa Yunani yakni Sappheiros. Kata tersebut merujuk pada dasarnya merujuk pada semua batu permata yang berwarna biru yakni salah satunya Lapis Lazuli.

3. Safir Yang Langka

Batu safir sendiri terdapat dalam beberapa jenis. Ada yang memang sangat langka yakni yang dikenal dengan safir yang bisa berubah warna dan memiliki sifat sama seperti batu Alexandrite. Safir langka berubah warna ini berwarna biru pada siang hari dan berwarna ungu ketika diterangi cahaya buatan.

4. Safir Buatan Pertama

Termasuk salah satu batu permata yang banyak dikoleksi dan dicari, beberapa jenisnya bisa memiliki harga jual yang tinggi. Pada tahun 1902, akhirnya safir buatan pertama dibuat. Batu safir semacam itulah yang kemudian digunakan dalam perhiasan murah.

5. Batu Safir Sangat Keras

Konsistensi batu safir sangatlah keras dan apabila dibandingkan hampir sekeras batu berlian. Berkat alasan inilah, orang – orang lebih sering melihat versi transparannya pada gelas kaca atau beberapa telepon. Safir bernial 9.0 skala Mohs.

6. Jenis Safir Padparadscha Sangat Mahal

Setelah tadi ada jenis safir langka yang bisa berubah warna, ada lagi jenis safir yang juga sangat langka dan terlebih lagi punya nilai jual yang tinggi. Safir tersebut bernama Padparadscha.

Batu permata cantik ini memiliki warna oranye merah muda yang diartikan Lotus Flower di Sinhales, daerah Srilanka, di mana batu safir Padparadscha ditemukan.

Baca Juga10 Batu Mulia Termahal Yang Tercatat Dalam Rekor Dunia

Demikianlah artikel mengenai berbagai mitos, kepercayaan, serta fakta tentang batu permata safir yang membuat kita mengenalnya lebih dalam.

Keindahan batu safir memang mudah membuat orang terpukau. Maka dari itu tak heran kalau safir sering diburu para kolektor batu mulia.

6 Fakta dan Mitos Batu Safir Tentang Kekuatan Magisnya | anarostiana | 4.5