5 Tips Feng Shui Kantor Yang Membawa Hoki di 2019

feng shui kantor

feng shui kantor

Feng Shui adalah ilmu kuno dari Cina yang mengatur manusia serta bumi berdasarkan lima elemen, yakni kayu, air, api, logam, dan tanah. Feng Shui sendiri identik dengan Qi, yakni energi positif atau energi baik yang mengalir alami. Feng Shui juga dipercaya dapat menciptakan keseimbangan dalam hidup.

Walaupun zaman sudah semakin maju dan modern, Feng Shui tidak kehilangan peminat. Feng Shui justru menjadi trend tersendiri yang membuat para peminat semakin terobsesi untuk menerapkan konsepnya, termasuk juga di wilayah perkantoran.

Bagaimana pun juga, Qi yang muncul akibat penerapan Feng Shui diyakini baik untuk menetralisir atmosfer kantor yang kompetitif dan “panas”.

Apakah kamu sering merasa stres di kantor? Apakah kamu ingin meningkatan produktivitas dan efisiensi kerja? Jika ya, artikel ini adalah artikel yang tepat untuk kamu! Yuk, simak beberapa tips untuk menerapkan Feng Shui di wilayah perkantoran!

1. Arah Pintu Masuk

Pintu Kantor

Pintu Kantor

Pintu masuk adalah salah satu aspek krusial yang sering dibahas dalam konsep Feng Shui. Bagaimana pun juga, pintu masuk adalah penghubung langsung antara bagian dalam dan luar bangunan, sehingga pintu masuk dipercaya sebagai jalan masuk utama bagi Qi.

Oleh karena itu, pintu masuk disarankan memiliki ukuran yang cukup besar dan terbuat dari material kaca, sehingga kantor memiliki kesan terbuka (ramah) dan sinar matahari dapat menembusnya. Secara psikologis, sinar matahari terbukti dapat meningkatkan mood bekerja seseorang, lho!

Tips lainnya adalah membuat seluruh meja kerja kantor menghadap ke arah pintu masuk. Selain dipercaya dapat memberi energi secara langsung, hal ini juga dapat membuat para pekerja “awas” terhadap siapa pun atau apa pun yang masuk ke dalam ruangan.

2. Manfaatkan Jendela

jendela kantor

Jendela Kantor

Sirkulasi adalah hal yang patut diperhitungkan dalam bangunan apa pun, termasuk juga kantor. Sirkulasi udara yang baik membuat para manusia yang berada di dalamnya tenang, nyaman, dan terhindari penyakit pernapasan.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu memanfaatkan jendela berukuran besar yang sesekali dibuka. Tidak hanya udara, sinar matahari pun akan ikut masuk ke dalam ruangan bersama energi positif.

Dalam feng shui jendela adalah unsur yang sangat penting dalam memikirkan tata ruang. Hal ini diyakini memudahkan datangnya inspirasi, pikiran terbuka, dan keberuntungan.

3. Tambahkan Unsur Air

Unsur Air Di Perkantoran

Unsur Air Di Perkantoran

Apakah kamu sering menemukan air mancur di dalam sebuah bangunan umum?

Jika ya, wajar saja. Dalam Feng Shui, air memang dipercaya sebagai unsur yang bertalian erat dengan kesejahteraan dan kekayaan, sehingga banyak bangunan yang memiliki air mancur.

Keuntungan memiliki air mancur lainnya adalah membuat bangunan memiliki nilai tambah dalam hal estetika, juga menghadirkan atmosfer sejuk yang menenangkan. Di kantor, beban pekerjaan pun jadi sedikit terangkat dari pundak para pegawai.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa pembuatan air mancur membutuhkan tempat dan biaya yang cukup besar, sehingga tak semua kantor bisa menyediakannya.

Baca juga :  6 Mitos Larangan Sebelum Menikah Menurut Adat Jawa

Untuk itu, air mancur dapat digantikan oleh ornamen bernuansa air lainnya, seperti kaca beraliran air atau sesederhana kendi air dari bahan tanah liat.

4. Tambahkan Unsur Hijau

Tanaman di Kantor

Tanaman di Kantor

Hijau identik dengan kesejukan, keasrian, dan ketenangan. Inilah mengapa banyak orang merasa tenang saat berjalan-jalan di taman penuh tumbuhan hijau.

Namun, tidak hanya taman, kok! Kamu juga bisa membawa yang “hijau-hijau” tersebut ke dalam kamar, ruangan lainnya di rumah, atau bahkan kantor. Kamu hanya perlu menyediakan pot kecil, menanam tumbuhan hias di dalamnya, lalu menaruh pot berisi bunga itu di dekat jendela. Hal lain yang perlu kamu lakukan adalah menyiramnya dengan air secara rutin sesuai kebutuhan.

Namun, jangan asal saat memilih tanaman, ya! Menurut Feng Shui, tanaman berduri seperti kaktus dapat memengaruhi kesehatan pemilik dan membuat pemilik kehilangan sesuatu.

Tanaman lainnya yang perlu dihindari adalah tanaman merambat, mengingat dalam Feng Shui, tanaman merambat dipercaya dapat membawa hal negatif.

5. Manfaatkan Dekorasi

Dekorasi Kantor

Dekorasi Kantor

Dalam Feng Shui, terdapat beberapa ornamen yang dipercaya dapat memunculkan hal baik apabila digunakan di dalam bangunan. Contohnya adalah karpet berbentuk bulat yang dipercaya dapat menyebarkan aliran energi baik ke seluruh penjuru mata angin.

Tak perlu berlebihan, kamu cukup menaruh satu karpet bulat ini di area kantor yang cukup penting, atau area yang kerap dikunjungi pegawai.

Ornamen lainnya adalah meja berbentuk persegi atau persegi panjang. Menurut Feng Shui, meja dengan bentuk ini dapat meningkatkan produktivitas kerja serta membuat para pegawai merasa dekat satu sama lain.

Oh iya, jangan memberi jeda yang terlalu sempit di antara meja-meja, ya! Selain dipercaya dapat menghambat laju energi positif, jeda yang terlalu sempit juga membuat ruangan terasa sumpek. Stres dan beban kerja para pegawai pun bertambah, sehingga produktivitas berkurang.

Baca juga7 Tips Feng Shui Rumah Untuk Menarik Banyak Rezeki

Tidak hanya bentuk ornamen saja, kamu juga bisa memanfaatkan bahan pembuat ornamen juga, lho! Contohnya adalah kayu yang identik dengan kondisi tubuh prima serta kesehatan.

Bagaimana? Apakah kamu sudah mendapat inspirasi untuk mewujudkan kantor yang lebih positif? Yuk, segera terapkan!

5 Tips Feng Shui Kantor Yang Membawa Hoki di 2019 | nur azizah | 4.5