7 Tips Feng Shui Rumah Untuk Menarik Banyak Rezeki

Tips Feng Shui untuk Rumah

Tips Feng Shui untuk Rumah

Sebagai tempat beristirahat dan pulang setelah seharian berkegiatan, kenyamanan adalah hal yang patut dimiliki oleh sebuah rumah. Walaupun luasnya tidak seberapa, setidaknya rumah impian harus memiliki aura positif, energi yang baik, dan kerapian.

Namun, sebenarnya, sebuah rumah impian tidak hanya memiliki tiga syarat di atas, tetapi juga syarat-syarat lain yang diatur oleh disiplin ilmu tertentu. Salah satu ilmu yang kerap dipakai untuk mengaturnya adalah Feng Shui.

Secara etimologis, Feng berarti angin, sementara Shui berarti air. Namun, secara bahasa, artinya tidak semudah ”angin dan air” saja. Secara bahasa, Feng Shui adalah ilmu Cina yang menganalisis segala hal berdasarkan sifat air, api, dan angin.

Sampai saat ini, banyak orang yang menganggap bahwa Feng Shui hanyalah mitos belaka. Namun, tidak sedikit pula orang yang menganggap Feng Shui sebagai sesuatu yang nyata. Mereka percaya bahwa Feng Shui berguna untuk mengalirkan rezeki, mendatangkan ketenangan, serta menyelaraskan Yin dan Yang (aspek negatif dan positif).


Hal itulah yang membuat mereka menerapkan konsep Feng Shui ke dalam kehidupan sehari-hari, termasuk ke dalam rumah mereka.

Apakah kamu tertarik untuk menerapkannya juga?

1. Jangan Taruh Tanaman di dalam Kamar

Meskipun tampak menarik, jangan menaruh tanaman hidup di dalam kamar kamu, ya!

Sebagai tempat yang digunakan untuk beristirahat setiap malam, tanaman dapat menganggu ketenangan tidur kamu karena ia menghirup oksigen setiap malam dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2). Dengan sifat karbon dioksida yang panas, kamu akan merasa gerah dan tidak enak bernapas.

Baca juga

Lagi pula, kamu tentu tidak mau, kan, ”berebut” oksigen dengan tanaman?

2. Jangan Taruh Banyak Barang di Tengah Ruangan

Menaruh banyak barang—apalagi barang yang tidak penting—di tengah ruangan dipercaya dapat menghambat aliran energi. Akibatnya, rumah kamu pun kehilangan potensi untuk menerima aura positif yang masuk.

Secara logis, menaruh banyak barang di tengah ruangan memang bukan hal yang tepat. Selain membuat rumah kamu terlihat sumpek, barang-barang juga membuat pergerakan kamu terbatas. Hati-hati, kamu rawan terpeleset dan menabrak sesuatu, lho!

3. Atur Pencahayaan dengan Baik

Dalam konsep Feng Shui, pencahayaan memiliki peran penting dalam memastikan energi (chi) mengalir dan tersebar dengan lancar. Pencahayaan yang tepat juga dipercaya dapat mendatangkan rezeki kepada pemilik rumah.

Penjelasan logis dari pencahayaan dalam Feng Shui adalah bahwa secara psikologis, cahaya yang terang identik dengan semangat hidup dan produktifitas, sementara cahaya redup identik dengan kesuraman dan kemalasan.

Sebagai kesimpulan, jika kamu menerapkan pencahayaan yang baik di dalam rumah, kamu akan dipenuhi dengan semangat untuk produktif berkarya. Rezeki kamu pun akan mengalir dengan sendirinya, deh!

4. Gunakan Cermin

Bagi kamu yang merasa bahwa hunianmu terlalu sempit, jangan risau dulu. Yuk, coba gunakan cermin untuk menyiasatinya!

Secara psikologis, cermin memberi ilusi bahwa ruangan yang kamu tempati lebih luas dari biasanya. Dan, secara Feng Shui, cermin dipercaya memiliki manfaat sebagai penangkal energi negatif sehingga ketenangan tercipta.

Namun, jangan menempatkan cermin sembarangan, ya! Contoh penempatan cermin yang baik adalah di ruang utama (dekat pintu keluar), karena cermin bisa memantulkan cahaya dari luar dan membuat ruangan jadi lebih terang. Sebagai bonus, kamu juga bisa mengecek penampilanmu di cermin sebelum keluar rumah.

5. Perhatikan Posisi Kamar Mandi

Saat membangun rumah, posisi kamar mandi adalah salah satu aspek yang patut diperhatikan. Bagaimana lagi? Fungsinya sebagai tempat membersihkan diri dapat menghadirkan ketidaknyamanan bagi penghuni rumah apabila letaknya tidak tepat.

Baca juga

Salah satu larangan yang perlu kamu perhatikan adalah jangan bangun kamar mandi di dekat dapur. Alasannya logis, yakni dapur sebagai tempat memasak perlu keberhasilan lebih, sementara kamar mandi adalah tempat yang penuh dengan bakteri.

Larangan lainnya adalah jangan bangun kamar mandi di dekat ruang tamu, karena kamar mandi (yang kerap berbau) bisa mengganggu tamu-tamumu. Kamu jelas tidak mau, kan, kalau rumah kamu dicap jorok oleh para tamu?

6. Perhatikan Posisi Kamar Tidur

Selain posisi kamar mandi, kamu juga harus memerhatikan posisi kamar tidur, ya! Sebagai tempat beristirahat, kamar tidur haruslah diatur dengan apik agar kualitas istirahat kamu maksimal.


Salah satu tips yang mungkin berguna adalah jangan bangun kamar tidur dekat dengan garasi. Selain karena dipercaya bisa menganggu keseimbangan energi, hal itu juga bisa membuat tidur kamu terganggu. Bagaimana pun juga, garasi adalah tempat yang identik dengan suara bising knalpot.

7. Jangan Menggunakan Perabot Berujung Runcing

Perabot seperti meja yang berujung runcing dipercaya dapat membawa energi negatif.

Kepercayaan itu cukup masuk akal, karena perabot runcing dapat membahayakan jiwa. Kamu tentu tidak mau, kan, jika adik kecil atau anak kamu yang sedang aktif-aktifnya berlari tiba-tiba terpentok meja, lalu terluka?

Baca juga

Setelah membaca tujuh tips di atas, apakah kamu tertarik untuk menerapkannya?

Well, terlepas dari apakah kamu tertarik atau tidak, kamu tetap harus mengoptimalkan pembangunan rumah kamu, ya! Bagaimana pun juga, hal itu memiliki manfaat tersendiri bagi kamu dan penghuni rumah lainnya.