3 Game Psikologi Yang Bisa Kamu Mainkan Bersama Teman Di Malam Tahun Baru

Game Psikologi

Ilustrasi Permainan Via Pixabay.com

Saat ini, sering kita temui teenager yang saat sedang berkumpul masih tetap menggenggam erat Smartphone di tangannya. Mereka jadi tidak bisa menghargai quality time bersama teman – teman mereka saat sedang nongkrong. Hal ini sangat dikhawatirkan untuk aktivitas sosialisasi mereka. Ya memang bermain gadget juga bisa menambah relasi.

Tetapi jika hanya berhubungan melalui Smartphone secara intens, bukankah itu sebenarnya cukup membuang – buang waktu dan terbilang seperti hubungan yang sia – sia? Nah, cara mengatasi hal – hal tersebut saat sedang berkumpul, atau sedang berada jauh dari yang namanya Wi-Fi dan jaringan koneksi internet, kamu bisa memainkan game psikologi ini bersama teman – teman kamu.

1. Warewolf

Game psikologi yang sudah cukup terkenal ini membuat para pemainnya mencurigai pemain – pemain lain. Anda hanya memerlukan 8 orang pemain, kertas, pulpen, lilin, atau sumber pencahayaan lainnya seperti senter Smartphone anda (ini juga bertujuan agar anda tidak lagi dan lagi memainkan gadget anda disaat sedang berkumpul). Game ini berkisah antara 2 golongan, yaitu Villagers dan Warewolf.

Dalam game ini warewolf harus memakan semua villagers untuk memenangkan permainan. Namun, warewolf hanya bisa memakan villagers untuk memenangkan permainan. Namun, warewolf hanya bisa memakan villagers pada malam hari saja, dikarenakan manusia/villagers ini tidurnya di malam hari dan tidak bisa melawan.

Sedangkan pada pagi hari, warewolf menjadi villagers biasa dan para villagers yang sudah bercampur ini melakukan aktivitasnya yaitu kegiatan Votingyang bertujuan untuk memusyawarahkan Villagers yang dicurigai merupakan warewolf. Apabila vote ini berhasil/disetujui semua pihak, maka orang yang ditunjuk harus dibakar hidup – hidup. Eits, tentu bukan membakar pemainnya dengan api beneran ya.

Ini hanya istilah dalam permainannya saja. Jika benar villagers telah berhasil memakan semua warewolf, maka villagers yang menang dan mendapatkan hadiah sesuai kesepakatan pemain.

Jumlah Pemain 8 orang yang terdiri dari :

  1. Priest

Villagers yang bisa membatalkan voting dalam 1 kesempatan, apabila warewolf serasa mengkambinghitamkan seorang villager. Dia harus bisa memilih dan membedakan warewolf dan villagers agar villagers tidak jadi dibakar akibat hasutan warewolf, menggunakan feelingnya ataupun petunjuk dari seer.

  1. Bodyguard

Villagers yang bisa melindungi diri sendiri ataupun villagers lain. Namun, apabila dia melindungi villagers lain, dia tidak dapat melindungi dirinya sendiri yang sewaktu – waktu dimakan oleh warewolf.

  1. King

Villagers yang terbebas dari keputusan vote. Hanya warewolf yang bisa membunuhnya. Maka dari itu, king harus berusaha agar mampu meyakinkan para villagers, bahwa ia adalah king yang harus dilindungi.

  1. Seer

Villagers yang bisa membuka identitas villager lain pada malam hari agar dia tau mana villagers yang pantas dimusyawarahkan untuk divote. Namun, walaupun begitu dia tidak bisa tau/mengerti apa kekuatan dari para villagers tersebut.

  1. Warewolf

As you know, pagi hari menjadi villager dan malam hari menjadi warewolf. Dalam game, warewolf boleh mengetahui identitas sesama warewolf. Warewolf hanya bisa memakan, tetapi ia tidak boleh tau identias korban – korbannya.

  1. Drunk

Tidak jelas. Awalnya dia villagers, namun dia juga bisa menjadi warewolf. Tergantung kehendak dewa/God kapan saja.

  1. Curse

Villagers yang apabila digigit warewolf tidak akan mati, tetapi akan menjadi warewolf juga.

  1. God/dewa

Dewa bukanlah villagers ataupun warewolf. Dewalah yang memimpin permainan. Ia harus lebih paham cara memainkan game psikologi yang satu ini. Tugasnya, menentukan pagi dan malam, memutuskan vote, dan mengendalikan kekuatan villagers atau warewolf pada malam hari. Dewa boleh memihak pada siapa saja dan kapan saja. Dewa tidak bisa dimakan ataupun dibakar. Ingat, dia pemimpin dalam game ini.

Cara bermain :

  • Para pemain duduk membentuk 1 lingkaran, dan Dewa berada diposisi sedikit lebih tinggi dari para pemain yang bertujuan untuk mengawasi mereka. Dewa akan memulai permainan. Dewa akan memberikan izin dan aba – aba untuk melakukan voting pada awal permainan. Kemudian, dewa bisa menentukan kapan saja malam akan tiba. Pada saat malam yang ditentukan dewa telah tiba, para pemain dituntut untuk menutup matanya. Pemain hanya diperbolehkan membuka matanya apabila namanya (sebutannya dalam game ini) dipanggil oleh dewa, dan harus sudah kembali menutup matanya apabila sudah menjawb pertanyaan dari dewa.

    Biasanya dewa akan menanyakan villager terlebih dahulu. Seperti bodyguard dan seer. Siapa yang ingin dilindungi oleh bodyguard? Atau siapa yang ingin seer ketahui identitas pemain lainnya? Lalu tahap selanjutnya adalah menanyakan warewolf dan menentukan apakah drunk akan menjadi warewolf pada malam itu atau tidak. Kemudian menanyakan pada warewolf, Villager mana yang ingin dimakan olehnya? Tetapi ingat, pertanyaan ini sama sekali tidak berlaku untuk warewolf pada malam pertama.

    Kemudian hasilnya akan disampaikan oleh dewa pada pagi harinya. Siapa yang terbunuh, siapa yang dilindungin, atau adakah pemain yang sudah berubah menjadi warewolf.

  • Lakukan cara bermain yang pertama tadi hingga akhir permainan. Semakin sedikit pemain yang ada dan bertambahnya jumlah penghasut dewa, maka permainan akan semakin seru dan penuh akan luapan emosi sisa pemain yang berusaha membela dirinya sendiri agar menjadi bisa memenangkan timnya dan memenangkan hadiahnya.
  • Dalam game ini tidak perlu terfokus pada hadiah, kamu juga bisa memberi hukuman. Mungkin dengan diberikan hukuman, game psikologi ini akan semakin seru.

 

NB :

  • Sesama pemain tidak boleh mengetahui identitas pemain lain, kecuali dia nekat membeberkannya dalam musyawarah yang merupakan informasi penting untuk warewolf yang sedang menyamar. Itulah salah satu alasan game ini merupakan game psikologi.
  • Villager tidak memboleh menjawab pertanyaan dewa dengan suara, melainkan dengan memberi kode tubuh, seperti jari untuk menunjuk pemain lain.
  • Semua villagers mati apabila dimakan warewolf, kecuali curse. Dia tidak mati namun berubah menjadi warewolf.
  • Pemain yang mati akan menjadi setan yang menghasut dewa.
  • Pada malam pertama game, warewolf tidak bisa memakan 1 orang villager pun karena merupakan malam putih.
  • Game diawali pada pagi hari.

2. Resistance

Game psikologi yang satu ini bertujuan untuk menjaga solidaritas pemian. Game ini berkisah tentang menjalankan suatu misi layaknya seperti Point Blank atau Counter Strike. Terdiri dari 2 golongan, Resistance dan Spy. Resistance adalah pemain yang harus menjalankan misi dan menyelesaikannnya hingga sukses. Sedangkan Spy adalah pemain yang bisa menggagalkan misi ataupun mensukseskan misi.

Pemain :

Spy 2 orang

Resistance 4 orang

 

Cara mainnya :

  • Harus disediakan kartu resistance (hitam atau biru/sukses) dan kartu spy (merah/fail). Kartu tersebut dikocok dan dibagikan kepada para pemain. Resistance hanya bisa memilih kartu sukses, sedangkan spy bisa memilih keduanya. Setelah para pemain memilih masing – masingnya 1 kartu yang diletakkan tertutup, maka kartu itu akan di Apabila semua kartu adalah kartu sukses, maka misi berhasil dan resistance menang 1 babak. Namun, hanya dengan 1 kartu spy, maka misi otomatis gagal, dan spy pun menang 1 babak.
  • Game dimulai bergiliran. Jadi, pemilihan kartu tidak dilkukan secara bersamaan, melainkan dilakukan bergantian oleh satu per satu pemain terpilih. Ronde 1, ketua misi harus memilih 2 anggota. Jadi, ada 3 pemain terpilih untuk menjalankan misi. Disini apabila spy terpilih, sebaiknya dia tidak mengeluarkan kartu fail karena akan sangat mudah untuk membuka identitasnya. Ronde 2, ketua misi harus memilih 3 anggota, jadi disini ada 4 pemain (ikut ketua) dan begitu seterusnya bertambah dan bertambah, atau berkurang seperti semula.

 

NB :

  • Para pemain tidak boleh mengetahui identitas sesama pemain. Mereka hanya bisa menebak, menuduh, mengkambinghitamkan, membela, ataupun diam aja.
  • Hanya sesama spy yang boleh mengetahui identitas mereka.
  • Disini, apabila spy ketahuan, dia bisa ditembak mati (sebutan digame ini) namun doa bisa membela dirinya dengan mengaku sebagai resistance, atau bekerjasaman dengan spy yang satunya lagi. Dia juga bisa menuduh resistance lain sebagai spy yang sama seperti dia. Nah, disinilah game psikologi ini akan terasa sangat riuh dan bising sekali.

3. Game Tebak kata / Bentuk

Game psikologi sederhana ini bisa dilakukan dalam jumlah bermain berapa aja. Intinya, game ini bertujuan untuk mengasah ketangkasan otak, daya imajinasi, maupun daya tangkap dari para pemain. Untuk pemain dewasa, anda bisa menggunakan kata dalam bahasa inggris atau kata dalam bahasa indonesia yang terbilang sukar. Game ini adalah game psikologi paling simpel yang pernah diciptakan.

Oiya, Baca Juga 10 Game Android Paling Kontroversial Selama Tahun 2016-2017

Dengan bermain game ini, anda juga sekaligus memberikan manfaat pada tubuh anda karena melakukan beragam macam gerakan. Game tebakan ini sudah banyak dimodifikasi oleh negara maupun daerah lain. Jadi, terserah kamu dan teman – teman kamu mau memainkan game ini dengan cara bagaimana.

3 Game Psikologi Yang Bisa Kamu Mainkan Bersama Teman Di Malam Tahun Baru | Siopung | 4.5

Related Post

Arti Mimpi Bayi Buang Air Besar Bagi Keberuntungan... Mimpi bayi buang air besar menandakan bahwa perhatian anda saat ini tengah ditarik oleh sebuah permasalahaan kecil yang sebelumnya tidak pernah anda d...
Arti Mimpi Ular Putih Menurut Psikolog Primbon dan... Mimpi ular putih menandakan energi yang sangat penting dalam kehidupan anda . Ular putih menurut mitosnya bisa berarti banyak hal . Dalam berbagai bud...
Website Yang Mengajari Anda Cara Menjadi Orang Kay... Menjadi orang kaya adalah impian kita semua . Ada banyak sekali buku mengenai keuangan pribadi dan video instruksional yang tersedia untuk membantu an...
Tips Gemslover: Melihat Ciri-Ciri Batu Black Jade ... Batu black jade ( Giok Hitam ) atau giok aswad Aceh merupakan salah satu varian dari berbagai jenis batu akik yang berasal dari daerah Serambi Mekkah ...
5 Peristiwa Antariksa Bersejarah Yang Terjadi Sepa... Gambar Antariksa Via Pixabay Membicarakan tentang astranomi yaiitu cabang dunia ilmu alam mengenai galaksi antariksa, nebula, gugusan bintang dan ...
Arti Mimpi Dikejar Lembu Menurut Primbon dan Psiko... Gambar Lembu Via Merdeka.com Mimpi dikejar lembu merupakan sebuah pertanda bahwa anda memiliki sebuah tekanan dalam hidup. Intrepetasi dikejar ses...
Bacan Jahanam: Melihat Khasiat Si Hitam Super Dari... Bacan Jahanam atau sering disebut Black Stone / Jahanam Stone adalah sebuah batu yang berasal dari Loloda , sebuah kecamatan di Kabuten Halmahera Bara...
Cara Merawat Batu Belimbing Aceh Batu belimbing juga dipercaya masuk kedalam kategori Idocrase yang memiliki ciri-ciri berwarna kuning kehijau-hijauan . Salah satu kelebihan dari jeni...
Jenis Batu Akik Solar Dari Berbagai Daerah Di Indo... Batu solar adalah jenis bebatuan dengan ciri khas warna coklat kekuningan , kehitaman , dan abu-abu . Batu Akik Solar bukanlah merujuk kepada batuan t...
5 Makanan Indonesia Yang Disukai Turis dan Terkena... Gambar Makanan Indonesia Via Google.co.id Anda sudah banyak menyaksikan siaran dan berita mengenai kuliner – kuliner Indonesia yang sudah sangat m...