5 Tips Gaya Hidup Sehat Agar Awet Muda Dan Panjang Umur

5 Gaya Hidup Sehat Yang Sebaiknya Kamu Terapkan Saat Ini

Foto Gaya Hidup Sehat Via Pixabay.com

Memulai untuk hodup sehat itu memang tidak begitu mudah, karena menjadi sehat adalah sebuah proses yang melibatkan waktu, komitmen, dan usaha. Meskipun penting untuk memperhatikan kesehatan tubuh, kita juga tidak boleh mengabaikan kesehatan mental fisik, emosional dan hubungan sosial kita, karena semuanya merupakan faktor menyeluruh untuk hidup sehat.

Dengan upaya khusus dan tekad yang kuat, Anda dapat mengambil langkah-langkah menuju tubuh yang sehat, pandangan emosional yang baik, dan kehidupan sosial yang menyenangkan.

Berikut ini beberapa tips untuk anda dalam memulai gaya hidup sehat.

1. Olahraga Setiap Hari

Berolahraga melalui kegiatan kebugaran formal atau hanya melalui gerak tubuh yang aktif sepanjang hari, tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Olahraga teratur adalah salah satu langkah yang paling penting menuju tubuh yang sehat dan pikiran yang positif. Selain itu, berolahraga teatur member manfaat yang tak terhingga seperti penurunan risiko Alzheimer, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis penyakit kanker.

Anda harus berusaha keras untuk beberapa bentuk aktivitas fisik setiap hari. Anda tidak perlu nge-gym selama seminggu full. Cukup luangkan sedikit waktu untuk aktif minimal 20 atau 30 menit setiap hari, seperti memilih untuk berjalan ke suatu tempat bukan mengemudi, mengambil tangga bukan lift, mengajak hewan peliharaan Anda untuk berjalan-jalan, dan lain – lain. Anda akan tetap mendapatkan banyak manfaat kesehatan melalui kegiatan fisik / latihan anda sehari – hari.

Baca Dulu 5 Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Dan Sesudah Olahraga

Pilihlah kegiatan yang nyaman yang bisa Anda nikmati dengan hati senang. Jika Anda menyukai perjalanan yang panjang, maka membawa anjing Anda untuk berjalan – jalan cepat selama 30 menit dengan berjalan kaki setiap malam, itu cukup menyenangkan. Jika Anda suka bersepeda, pertimbangkan untuk mengendarai sepeda saat pergi kerja setiap harinya. Nah, anda juga bisa coba kelas aerobik, Zumba, pilates, atau pelatihan intensitas tinggi lainnya bersama teman – teman anda.

2. Capailah Berat Badan Idealmu

Memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit lemak tubuh, dapat mempengaruhi kesehatan kita dalam banyak cara. Menjadi kurus juga tidak ideal untuk kesehatan Anda. Sangat penting untuk menemukan keseimbangan yang tepat dan sehat untuk berat dan tinggi tubuh

Salah satu alat yang dapat menentukan apakah Anda perlu untuk menaikkan atau menurunkan berat badan anda adalah dengan mencari tahu BMI Anda. Ini adalah perhitungan berdasarkan tinggi dan berat badan Anda. Anda dapat menggunakan kalkulator BMI online untuk mencari tahunya. BMI Anda harus antara 18,5 dan 24,9. Jika anda mendapatin jumlah kurang dari 18,5, maka anda dianggap kekurangan berat badan.

Jika anda mendapati angka lebih dari 24,9, maka anda dianggap kelebihan berat badan. Jika sudah lebih dari 30, maka dianggap obesitas. Ketahuilah bahwa BMI tidak selalu menjadi indikator yang akurat (jika Anda sangat pendek dan sangat berotot misalnya, maka BMI Anda mungkin bermasalah), jadi pastikan Anda jugasudah meminta saran dengan dokter Anda.

Jika Anda kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan, mintalah saran dari dokter Anda tentang penurunan berat badan atau rencana kenaikan berat badan. Anda dapat melakukannya dengan konsumsi lebih banyak atau lebih sedikit kalori dari yang Anda konsumsi setiap hari. label makanan dan kalkulator gizi online dapat membantu Anda dalam menilai jumlah kalori dalam makanan yang akan Anda konsumsi.

Sementara, jika anda kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan, tentu akan tidak sehat bagi tubuh Anda, tidak sehat juga untuk melakukan perubahan dengan mendadak atau drastis dalam masa diet Anda. Ingat bahwa proses penurunan dan penaikan berat badan, membutuhkan proses yang lambat, bertahap, dan konsisten untuk diet Anda dengan cara latihan yang rutin agar aman dan sehat untuk Anda.

3. Gerakkan Otot-Otot Tubuh Anda

Banyak orang lebih memilih untuk fokus pada kesehatan kardi0o dengan berjalan sehat, bersepeda, atau latihan beban. Namun, tubuh yang benar-benar sehat memerlukan latihan set otot. Sertakan latihan pelatihan aerobik dan aktifitas olahraga kekuatan otot dalam rutinitas Anda. Dengan melakukan kegiatan/aktivitas otot secara rutin, dapat membantu anda dalam mengurangi resiko cedera dan menghindari rasa bosan yang akan anda rasakan.

Sediakanlah waktu sekitar 75 – 150 menit dalam melakukan aktivitas aerobik moderat sekali dalam seminggu. Aktivitas aerobik moderat akan mencakup hal-hal seperti berjalan santai ataupun bersepeda di luar ruangan. Kegiatan yang aktif, mencakup hal-hal seperti jogging, berjalan, dan bersepeda dengan intens.

Anda harus melakukan latihan kekuatan otot dalam waktu dua kali dalam seminggu. Anda bisa melakukannya dalam bentuk mengangkat beban atau terlibat dalam kegiatan seperti Pilates, yang memaksa Anda untuk menggunakan tubuh Anda sebagai pemberat untuk memperkuat otot – otot tubuh anda.

4. Biasakan Selalu Sarapan Pagi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung makan berlebihan selama sisa hari. Jadi, untuk mengekang nafsu makan Anda, jangan melewatkan waktu sarapan anda. Banyak orang Amerika makan sarapan dengan kandungan karbohidrat-berat seperti donat, wafel, atau sereal, yang tinggi kalori tapi rendah nutrisi. jenis sarapan tidak akan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Sebaliknya, memilih menu sarapan yang kaya akan kandungan protein seperti telur atau yogurt tanpa gula dengan buah, dan meminum susu rendah lemak, jus jeruk segar, teh, atau kopi hitam, akan lebih baik untuk kesehatan pencernaan anda dan membuat kenyang lebih lama.

5. Rajin Minum Air Mineral

Meskipun tubuh kita sebagian besar merupakan air, kebanyakan orang Amerika pun bahkan tidak mengkonsumsi air dengan cukup sepanjang hari. Minum lebih banyak air dapat membantu kesehatan Anda secara keseluruhan dan meminimalkan kelelahan, rasa lapar, dan gejala lain dari dehidrasi.

Nah disini ada kesalahpahaman dari khalayak umum bahwa Anda harus minum delapan gelas air sehari. Jumlah air yang dibutuhkan setiap orang dalam sehari, itu cukup bervariasi tergantung pada ukuran tubuh, tingkat aktivitas, dan iklim lingkungan. Secara umum, untuk menghitung berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh saat istirahat di iklim yang sejuk, cukup dengan membagi setengah berat badan Anda.

Baca Dulu 8 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Saat Perut Kosong

Seseorang dengan berat badan 90 Kg, membutuhkan sekitar 2.9 Liter sehari ketika melakukan hal-hal kecil seperti bekerja di meja atau menonton TV. Jika Anda sesorang yang lebih aktif, atau tinggal di iklim panas, Anda mungkin perlu sedikit lebih dari setengah berat badan Anda.

Bahkan minuman berkafein seperti kopi dan the, juga termasuk dalam hitungan total asupan air yang anda butuhkan, tetapi tentu tidak memiliki pengaruh besar dalam asupan kebutuhan air harian anda.

5 Tips Gaya Hidup Sehat Agar Awet Muda Dan Panjang Umur | Siopung | 4.5

Related Post

Arti Mimpi Mengusir Orang Gila Menurut Primbon dan... Mimpi mengusir orang gila menandakan bahwa anda tengah menghadapi situasi yang tidak nyaman dengan orang-orang disekitarmu . Orang gila merupakan simb...
Arti Mimpi Istri Menikah Lagi Dengan Orang Lain Mimpi istri menikah lagi merupakan pengalaman tidur yang lazim dialami oleh para suami jika memiliki kesalahaan pribadi . Pengalaman tidur yang satu i...
7 Daftar Makanan Sehat Yang Membuat Tubuh Tidak Mu... Gambar Ilustrasi Mengkonsumsi Makanan Via Google.co.id Kekuatan dan kondisi sistem kekebalan tubuh Anda akan sangat mempengaruhi bagaimana sehatny...
Cara Menghilangkan Kutil Dengan Cepat Menggunakan ... Gambar Kulit Yang Mengalami Masalah Kutil Kutil adalah tumor yang tidak terlalu berbahaya dan terletak pada kulit . Memiliki kutil tentu menurunka...
Batu Mani Gajah Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat Batu mani gajah adalah jenis batuan fosil kristalisasi dari sperma hewan purbakala . Belum ada data yang akurat terkait batuan yang dipercaya memiliki...
Arti Mimpi Dikejar Hantu Pocong/Kuntilanak/Laki-La... Mimpi dikejar hantu menandakan tekanan emosi dan kesedihan yang ditutupi . Melihat hantu didalam mimpi menandakan bahwa anda merasa diabaikan dan terp...
Arti dan Makna Mimpi Dikejar Harimau Dengan Lengka... Mimpi dikejar harimau adalah salah satu pengalaman tidur yang mencemaskan siapa saja yang mengalaminya. Melihat harimau didalam mimpi mengacu pada ras...
5 Tips Agar Tidak Mudah Ngantuk atau Lemas Saat Be... Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com Bulan ini adalah bulan suci ramadhan dimana semua umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa 1 bulan penuh. ...
Arti dan Makna Mimpi Naik Kuda Menurut Warna Mimpi naik kuda merupakan gambaran perasaan gembira, rasa percaya diri , kekuatan atau kekuasaan dalam diri , dan kecakapan anda terhadap hubungan per...
Arti Mimpi Dikejar Kerbau Menurut Primbon Dan Psik... Mimpi Kerbau dilambangkan sebuah pertanda kekuatan, kelimpahan, rasa syukur, dan berkaitan dengan kebatinan dalam diri anda . Kerbau merupakan simbol ...