10 Hal Unik Yang Tanpa Kamu Sadari Otak Bisa Lakukan

Kelebihan Pada Otak Manusia

Kelebihan Pada Otak Manusia

Dikarenakan penelitian tentang tubuh manusia yang dilakukan selama bertahun-tahun, maka kita bisa lebih memahami tentang fungsi dari hampir seluruh bagian dari tubuh kita.

Namun, setiap penelitian tentang otak yang dilakukan, justru membuat para peneliti semakin bingung.

Otak adalah bagian tubuh yang sangat kompleks, begitu kompleksnya hingga ada bidang sains khusus untuk mempelajarinya yakni neuroscience.

Semakin majunya zaman, maka semakin maju pula alat-alat penelitian yang ada, sehingga membuat para ahli menemukan hal-hal yang bisa dilakukan oleh otak yang tak diketahui sebelumnya. Apa saja itu?

10. Merasakan Medan Magnet Bumi

Otak Mampu Merasakan Medan Magnet Bumi

Otak Mampu Merasakan Medan Magnet Bumi

Kemampuan untuk merasakan medan magnet bumi sudah lama ditemukan dalam diri hewan.

Dari burung hingga serangga, banyak dari mereka yang menggunakan medan magnet ini untuk bergerak–namun, kemampuan serupa dianggap tak ada dalam diri manusia karena manusia menciptakan berbagai alat navigasi di masa lalu.

Ternyata, manusia juga mempunyai kemampuan ini lho, walaupun di tingkat yang berbeda dengan binatang.

Di penelitian terbaru, para peneliti melakukan penelitian terhadap 84 orang yang ditempatkan di sebuah tempat tanpa ada gangguan elektromagnetik sama sekali.

Lalu, para peneliti membuat medan magnet buatan dan perlahan merubah arahnya, kemudian melihat reaksi yang dikeluarkan oleh otak. Secara mengejutkan, ternyata ada reaksi jelas dalam otak yang berhubungan dengan rangsangan indra.

Baca Juga: 10 Orang Ini Dapat Kemampuan Unik Setelah Sembuh Dari Penyakit

84 orang itu tak merasakan apapun dan reaksi dalam otak ini terbatas kepada perubahan dalam arah medan magnet saja.

9. Alarm Alami

Otak Memiliki Alarm Alami

Otak Memiliki Alarm Alami

Kita semua pasti kenal satu atau dua orang yang mengklaim bahwa mereka punya alarm alami dalam tubuh mereka, sehingga mereka bisa terbangun tepat seperti yang mereka inginkan.

Yup, apa yang mereka katakan itu benar adanya dan bahkan alarm alami ini lebih baik dari alarm HP atau alarm yang bisa kamu beli di toko.

Alarm alami ini bisa bekerja dengan baik apabila seseorang punya jadwal tidur yang teratur setiap harinya. Berdasarkan penelitian, alarm alami ini bisa terjadi karena hormon stres yang dikeluarkan oleh otak beberapa jam sebelum waktu bangunmu itu.

Hormon ini membuatmu bisa perlahan bangun tanpa terbangun tiba-tiba oleh alarm asli yang sudah kamu tetapkan–hal ini menunjukan bahwa otak ternyata juga membenci suara dari alarm yang tiba-tiba. Luar biasa, bukan?

8. Mendengarkan dan Belajar Saat Sedang Tertidur

Otak Mampu Mendengarkan dan Belajar Saat Sedang Tertidur

Otak Mampu Mendengarkan dan Belajar Saat Sedang Tertidur

Kita semua paham kalau tidur itu adalah saat dimana sebagaian dari otak beristirahat setelah seharian bekerja. Oleh karena itu, kita tak mengharapkan kalau bagian otak yang bertanggung jawab untuk belajar dari mendengarkan akan aktif, bukan?

Namun, otak mampu melakukannya–selama itu terjadi di fase REM (rapid eye movement).

Di suatu penelitian, 20 orang yang tertidur diperdengarkan suatu pola akustik, lalu mereka ditanya tentang pola akustik yang sama saat mereka usdah terbangun.

Penelitian ini menemukan bahwa 20 orang tersebut berhasil mengenali pola suara yang dimainkan saat fase REM, namun tak kenal suara yang dimainkan pada fase tidur lainnya.

Penelitian ini berhasil membuktikan anggapan salah sebelumnya di mana otak tak bisa menerima informasi baru saat tertidur.

7. Belajar Piano Hanya Dengan Membayangkannya

Mampu Belajar Piano Hanya Dengan Membayangkannya

Mampu Belajar Piano Hanya Dengan Membayangkannya

Merupakan hal yang umum bahwa untuk melatih otakmu agar ahli dalam sesuatu, maka kamu haruslah berlatih.

Tak peduli apakah itu berlatih bahasa baru atau berlatih menerima kenyataan yang pahit–tak ada jalan pintasnya.

Namun ternyata ada lho jalan pintasnya, terutama jika kamu ingin tau bagaimana caranya bermain piano.

Secara mengejutkan, menurut penelitan sains yang dilakukan, cukup membayangkan berlatih piano mempunyai efek yang sama kepada otakmu dengan benar-benar berlatih piano.

6. Bisa Menilai Sifat Seseorang dengan Cepat dan Akurat

Otak Bisa Menilai Sifat Seseorang dengan Cepat dan Akurat

Otak Bisa Menilai Sifat Seseorang dengan Cepat dan Akurat

Tak peduli orang-orang mengatakan kalau mereka bukanlah orang yang suka “menjudge” orang lain, namun faktanya, saat kita bertemu dengan seseorang pertama kali, kita secara otomatis menilai orang itu dari berbagai petunjuk yang kita lihat.

Saat kamu sedang sibuk membatin, “Apakah mereka terlihat kaya?” atau “Apa-apaan cara berpakaian mereka itu?” Otak sudah secara otomatis dan tanpa kamu sadari memberikan penilaian yang jauh lebih akurat daripada kata hatimu itu.

Penelitian membuktikan bahwa hanya butuh waktu sekitar 0,1 detik bagi otak untuk membuat penilaian mengenai sifat seseorang. Dan luar biasanya, hanya dalam waktu segitu, penilaian dari otak itu benar adanya.

Baca Juga: 5 Kisah Bukti Nyata Reinkarnasi Manusia Yang Terjadi Di Dunia

Nah, baru saat kamu mulai ikut campur dalam berpikir itulah yang membuat keputusan itu biasanya tak tepat.

5. Mode Autopilot

Mode Autopilot Pada Otak

Mode Autopilot Pada Otak

Mode Autopilot atau pilot otomatis adalah mode yang digunakan oleh para pilot saat menerbangkan pesawat, di mana mereka akan menyerahkan kendali secara otomatis kepada sistem untuk terbang.

Nah, coba bayangkan kalau hal ini diterapkan kepada manusia, di mana kamu tak perlu berpikir, namun tubuhmu bergerak secara otomatis saja.

Yup, otak bisa melakukannya.

Penelitian menyimpulkan bahwa saat kamu melakukan sesuatu yang kamu sudah ahli–tak peduli sekompleks apapun itu, dari bermain kartu hingga bermain gitar, maka otak akan secara otomatis “menyerahkan” proses tersebut kepada bagian orak lain yang dinamakan default mode network (DMN).

Bagian otak ini adalah bagian yang mengurusi tentang proses yang dilakukan tanpa sadar.

4. Memprediksi Masa Depan

Otak Manusia Secara Alami Memprediksi Masa Depan

Otak Manusia Secara Alami Memprediksi Masa Depan

Hubungan antara mata dan otak sudah sejak lama menjadi topik favorit bagi para ilmuwan otak alias neuroscientist karena selain bisa memberikan info tentang bagaimana bagian otak memproses penglihatan, tapi penelitian tentang masalah ini bisa menolong jutaan orang yang terkena berbagai macam penyakit.

Walaupun para ilmuwan belum mengetahui semuanya, tapi beberapa tahun terakhir ini ditemukan beberapa penelitan mengejutkan, salah satunya adalah kemampuan untuk memprediksi masa depan yang akan segera terjadi.

Di sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa karena terlambatnya informasi yang datang dari mata ke otak, maka otak bisa memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Prediksi ini semakin akurat dengan bertambahnya usia karena prediksi ini didasarkan pada hal yang terjadi sebelumnya, seperti misalnya lokasi jatuhnya bola yang kita lemparkan.

Jadi dengan kata lain, kita selalu sedikit melihat ke masa depan dan hal ini berhasil membantu kita menghindari kecelakaan atau kematian dengan secara otomatis memprediksi hal-hal berbahaya yang akan terjadi.

3. Kesadaran Lingkungan Sekitar 360 Derajat

Otak Memiliki Kesadaran Terhadap Lingkungan

Otak Memiliki Kesadaran Terhadap Lingkungan

Apakah kamu bisa merasakan saat seseorang memperhatikanmu dari belakang? Kamu akan merasakan perasaan tak nyaman, mulai berkeringat dan merasakan merinding.

Hal ini bukannya indra keenam atau sugesti saja lho, melainkan karena kita benar-benar bisa memperhatikan secara 360 derajat lingkungan sekitar.

Memang mata manusia melihat terbatas dibandingkan dengan hewan, namun hal ini karena otak tak memerlukan mata untuk melihat ke belakang.

Otak hanya perlu memanfaatkan indera pendengaran yang digabungkan dengan indera-indera lainnya, maka otak bisa “melihat” lingkungan sekitar secara 360 derajat.

2. Membentuk Otot Hanya Dengan Memikirkan Latihan

Otak Mampu Membentu Tubuh Seseorang

Otak Mampu Membentu Tubuh Seseorang

Bagi kamu yang malas atau tak sempat untuk angkat beban, maka penelitian tentang pembentukan tulang terbaru ini mungkin akan membuatmu tersenyum.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ohio, mereka memasang perban yang biasanya digunakan setelah operasi kepada 29 orang.

Mereka kemudian meminta setengah dari mereka untuk berpikir mengenai melatih tangannya 11 menit sehari, lima kali dalam seminggu.

Kesimpulannya, mereka menemukan fakta bahwa setengah yang membayangkan berlatih membentuk otot yang lebih kuat daripada yang tidak melakukannya. Lalu, apakah kamu bisa mendapatkan six-pack dengan cara ini? Hmm… silahkan dicoba sendiri, ya.

1. Meyakinkan Diri Sendiri Telah Melakukan Kejahatan Serius, Padahal Tidak

Otak Dapat Memberikan Sugesti Apapun

Otak Dapat Memberikan Sugesti Apapun

Salah satu bagian paling kompleks dan misterius dari otak adalah hubungan antara otak dan ingatan. Walaupun penelitan sudah dilakukan selama puluhan tahun, namun kita tak banyak tahu mengenainya.

Salah satu misteri terbesar adalah tentang ingatan buatan, yakni hal-hal yang tak pernah terjadi, namun kamu benar-benar mengingatnya.

Hal tersebut membuat otak bisa meyakinkan dirinya sendiri bahwa kita telah melakukan pencurian atau bahkan pembunuhan. Para ilmuwan masih tak paham kenapa otak begitu ahli menipi dirinya sendiri.

Namun, banyak teori yang menyatakan bahwa otak secara otomatis berusaha mengisi kekosongan atau jarak di antara ingatan yang satu dengan ingatan yang lainnya–walaupun ingatan tersebut tak benar-benar terjadi.

Baca Juga: 10 Hewan Peliharaan Eksotis yang Membunuh Pemiliknya

Bagaimana? Luar biasa bukan hal-hal yang bisa dilakukan oleh otak kita ini? Maka gunakanlah otakmu dengan baik dan jangan menyia-nyiakannya untuk hal-hal tak berguna, ya.