Misterius, 5 Hal Aneh Tentang Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau

Pesona alam di Indonesia selain dikenal karena begitu indah juga kental dengan cerita misterinya. Gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda ini misalnya, dipenuhi banyak cerita apalagi belakangan ini setelah menjadi penyebab tsunami 22 Desember 2018 lalu.

Gunung Anak Krakatau yang berada di tengah laut pun menarik minat para wisatawan untuk berkunjung serta memanfaatkan moment dengan berfoto sambil menikmati keindahan di sekitarnya. Terlepas dari itu, Gunung Anak Krakatau menjadi bahan perbincangan karena berbagai cerita mistisnya.

Ditambah lagi Gunung Anak Krakatau memang dikeramatkan oleh warga sekitar, sehingga wajar kalau dipenuhi kisah misteri.

Berikut 5 hal tentang Gunung Anak Krakatau yang beberapa di antaranya dibumbui cerita misterius.

1. Kemunculan Gunung Anak Krakatau

Pada Agustus 1883, Gunung Krakatau meletus dengan sangat dahsyat. Letusannya membuat gempar dunia sebab memberikan dampak tidak hanya terhadap Indonesia saja tetapi juga dirasakan hingga Australia, Afrika, Norwegia, New York dan beberapa negara Eropa.

Baca jugaMengungkap Misteri Ritual Pesugihan Di Gunung Kemukus

Efek letusan Krakatau saat itu menimbulkan tsunami setinggi 40 meter yang menerjang sepanjang Teluk Lampung dan pantai barat daerah Banten. Akibat letusan maha dahsyat tersebut, tiga perempat tubuh Gunung Krakatau hancur yang kemudian hanya menyisakan gugusan – gugusan pulau yaitu Pulau Sertung, Pulau Panjang dan Pulau Krakatau Besar.

Setelah 44 tahun kemudian, Gunung Anak Krakatau pun muncul. Anak Krakatau terbentuk menggantikan induknya yang telah hancur.

2. Gunung Anak Krakatau Tumbuh 4 – 6 Meter Per Tahun

Gunung Anak Krakatau yang muncul pada tahun 1929 masih terus bertumbuh tinggi sampai saat ini. Selama 80 tahun, aktivitas peningkatan pertumbuhannya rata – rata mencapai 4 meter per tahun.

Hal tersebut terjadi karena aktivitas vulkanik Anak Krakatau yang sangat tinggi dan kemudian menyebabkan banyak material yang dikeluarkan dari perut gunung ini yang membuatnya terus tumbuh.

3. Letusan Dahsyat Masa Lalu yang Mungkin Terulang

Melihat pertumbuhan Gunung Anak Krakatau yang sangat cepat, menjadi bayang – bayang bencana yang pernah terjadi di tahun 1883 silam bisa saja terulang.

Besarnya tubuh suatu gunung api memang bukanlah penentu ancaman bahaya yang akan terjadi. Namun demikian, bukan tidak mungkin Gunung Anak Krakatau akan meletus dengan efek yang luar biasa seperti induknya dulu.

4. Terdengar Suara Wayang di Gunung Anak Krakatau

Masyarakat sekitar Gunung Anak Krakatau meyakini setiap pertistiwa yang terjadi di sana ada campur tangan gaib yang ingin memberikan pesan. Suasana angker pun agaknya memang terasa di wilayah Anak Krakatau. Misalnya saja sering terdengar suara seorang berteriak dan tangisan padahal kondisinya sedang sepi.

Yang paling menjadi misteri ialah kerapkali terdengarnya suara instrumen gamelan seperti yang ada di acara wayang. Beberapa percaya ada kegiatan dari makhluk dari dunia lain di sana jadi harus saling menghormati.

5. Penampakan Hewan Misterius

Banyak cerita dari para pendaki Gunung Anak Krakatau yang mengaku beberapa kali melihat penampakan makhluk aneh di gunung tersebut. Makhluk aneh yang dimaksud adalah hewan – hewan yang tidak seharusnya ada di sana atau bukan habitat mereka.

Namun demikian, berbeda dengan pengakuan para pendaki, Polisi Hutan setempat mengatakan ekosistem di pulau tersebut dijaga ketat dan petugas tidak pernah menemukan makhluk aneh yang dimaksud oleh pengunjung. Sangat misterius!

Baca jugaKisah Mistis Dibalik Gunung Anak Krakatau Yang Menjadi Misteri

Nah, demikianlah 5 hal tentang Gunung Anak Krakatau yang bisa dibilang begitu misterius.

Di luar dari sisi mistis gunung yang terletak di tengah laut ini, keindahan ekosistemnya haruslah dijaga bersama jangan sampai rusak oleh tangan – tangan jahil.

Misterius, 5 Hal Aneh Tentang Gunung Anak Krakatau | anarostiana | 4.5