Gawat! Kecanduan Karbohidrat Lebih Berbahaya Dibandingkan Rokok

Kacanduan Karbohidrat

Bahaya Mengkonsumsi Karbohidrat Berlebih

Pasti anda penah berpikir sebenarnya kita butuh nggak sih karbohidrat ? anda mungkin bingung karena kebanyakan artikel membahas tentang menghindari karbohidrat dalam daftar makanan kita, lalu bagaimana kita mengonsumsi karbohidrat sepatutnya ?.

Kita sebenarnya membutuhkan sejumlah karbohidrat sebagai bahan bakar semua proses metabolisme tubuh kita. Fungsi dari adanya karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh kita adalah agar tubuh kita punya energi yang cukup untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Lalu kenapa karbohidrat tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan ? inilah alasannya!.

1. Karbohidrat Dengan Jumlah Tidak Terkontrol Akan Membuat Metabolisme Terganggu

Tubuh kita biasanya menyimpan energi dari makanan yang bisa kita gunakan untuk kegiatan kita sehari hari seperti olahraga atau sekedar aktivitas biasa. Karbohidrat bisa mengganggu metabolisme jika jumlahnya tidak terkontrol, ini dikarenakan adanya reaksi kimia pada tubuh ketika tubuh mendapatkan jumlah karbohidrat yang melebihi dari apa yang ia butuhkan.

Selain itu, dengan mengonsumsi karbo secara berlebihan kadar nutrisi pada tubuh kita akan dianggap kurang karena makanan selain karbo akan tertutup dengan konsumsi karbo yang sangat dominan.

2. Semua Karbohidrat Diubah Menjadi Gula Dalam Aliran Darah Kita

Semakin halus karbohidratnya, semakin cepat mereka mengubahnya menjadi gula. Tetapi jangan salah, bahkan jika itu terjadi perlahan, semua karbohidrat akan berubah menjadi gula. Ketika tubuh kita memecah makanan, sel sel yang yang ada pada tubuh kita akan mencari glukosa untuk diubah menjadi energi.

Baca Juga: 10 Tips Mengurangi Nafsu Makan Dan Ngemil Agar Tubuh Sehat

Energi ini akan dikirimkan ke otot dan jaringan tubuh kita. Jika tubuh kita ternyata menemukan diri mereka kelebihan glukosa, mereka akan menyimpan kelebihan itu biasanya pada hati, namun sisanya akan tetap menjadi lemak yang disimpan. Terlalu banyak karbohidrat dapat menyebabkan penyakit kronis seperti obesitas dan diabetes karena semuanya berakhir sebagai glukosa.

3. Lalu apa hubungan Nya kokain Dengan Karbohidrat ?

Untuk hidup sehat biasanya orang akan akan mengurangi asupan karbohidrat seperti mie, nasi, ataupun roti. Tapi ini bukanlah hal yang mudah, karena tanpa kita sadari, efek dari konsumsi karbohidrat yang tidak terkontrol sangat berbahaya bagi tubuh kita. jika karbohidrat yang berasal dari makanan kita masuk ke dalam darah dan terbawa sampai ke otak, efeknya akan sama dengan penggunaan narkoba jenis kokain.

Mengapa itu bisa terjadi ? karbohidrat yang terbawa sampai ke otak akan memicu produksi serotonin yang memberikan rasa senang dan tenang bagi seseorang yang mengonsumsinya. Selain itu, dengan konsumsi karbohidrat juga akan memicu produksi dopamine yang memberikan efek kecanduan.

Sama seperti konsumsi kokain, konsumsi karbohidrat dalam jumlah tak terkontrol akan membuat seseorang yang mengonsumsinya mengalami kecanduan. Kenapa dikatakan keduanya hampir sama ? ketika orang mengonsumsi karbohirat dan kokain, otak seolah olah akan otomatis mengingat zat yang dominan masuk ke dalam dirinya, sehingga otak akan terus meminta zat tersebut sehingga membuat orang yang mengonsumsinya memberikan inputan yang sama seperti yang diminta otak.

4. Lalu Bagaimana Kita Bisa Mengonsumsi Karbohidrat Sesuai Dengan Kebutuhan Tubuh ?

Untuk hidup sehat dan tidak salah mengonsumsi karbohidrat kita hendaknya harus memilih karbohidrat yang penuh serat. Ini adalah karbohidrat yang menyerap perlahan ke dalam sistem tubuh kita, kita bisa memilih karbohidrat dari bahan bahan seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan tentu saja kacang-kacangan.

Kita perlu melakukan apa saja yang kita bisa untuk mengurangi konsumsi pasta, roti, nasi putih, dan keripik secara khusus. Ini mungkin tidak mudah karena ini adalah item yang selalu tampak dalam jangkauan kita. Jika kita makan secara teratur sepanjang hari dan menjaga gula darah tetap stabil, kita akan jauh lebih mudah untuk mengatakan tidak pada makanan karbohidrat yang sangat menggoda ini.

Baca Juga: Penjelasan Batasan Minum Kopi Yang Diperbolehkan Dalam Sehari

Jika suatu saat kita tergoda untuk mengambil sepotong roti di sebuah restoran atau tergoda membeli roti di sebuah cafe, ingat bahwa kita tidak akan memulai hari dimana kita harus hidup dengan menelan obat-obatan terus menerus,

Gawat! Kecanduan Karbohidrat Lebih Berbahaya Dibandingkan Rokok | Siopung | 4.5