5 Kasus Pembunuhan Paling Misterius Sepanjang Sejarah Dunia

Kasus Pembunuhan Paling Misterius

Kasus Pembunuhan Paling Misterius

Menghilangkan nyawa orang lain adalah satu tindakan kriminal yang dianggap kejam. Apapun motif di baliknya sangat tidak dibenarkan membunuh seseorang dan keadilan perlu ditegakkan agar pelakunya diberi hukuman yang setimpal.

Lebih dari sekedar pembunuhan biasa, terdapat beberapa kasus yang disebut – sebut jauh lebih buruk. Saking buruknya, kasus tersebut dianggap brutal.

Polisi yang menanganinya pun dibuat kebingungan bahkan setelah bertahun – tahun kasus serta fakta tersembunyinya tak kunjung terpecahkan dann menemui titik terang.

Sampai hari ini, ada berbagai kasus pembunuhan yang terkenal di dunia mulai dari alasan begitu sadisnya kasus ini sampai karena tak pernah terkuak. Nah, di bawah terangkum mengenai 5 kasus pembunuhan yang misterius sepanjang masa.

1. Jack the Ripper

Kasus Pembunuhan Jack The Ripper

Kasus Pembunuhan Jack The Ripper

Jack the Ripper adalah pembunuh berantai paling terkenal di London yang berkeliaran di East End lebih dari seabad yang lalu. Ia menjadikan pelacur target utamanya dan meneror daerah tersebut. Setelah membunuh korbannya, ia membuat tanda pengenal Jack the Ripper kemudian beberapa korbannya juga dimutilasi yakni ada lima wanita.

Ketakutan semakin bertambah parah semenjak banyak mayat mulai menumpuk di dekat satu sama lain dalam periode tiga bulan tahun 1888. Pembunuhan itu dilaporkan di media cetak sebagai pembunuhan yang “biadab” sebagaimana dikatakan cara membunuhnya “terlalu mengerikan untuk dijelaskan.”

Polisi setempat pada awalnya menduga bahwa tersangka bekerja sebagai tukang daging atau dokter dari tanda yang ditinggalkannya dan terutama terlihat keahliannya dengan pisau.

Para korban dari korban Jack the Ripper yang kemudian disebut “Pembunuhan Whitechapel”, yakni Mary Ann Nichols, Annie Chapman, Elizabeth Stride, Catherine Eddowes dan Mary Jane Kelly, semuanya dipenggal lehernya lalu sebagian besar dari mereka dipotong perut dan organnya dicabut sebelum mayatnya dibuang di jalan.

Penulis Dave Yost menjadikan itu inspirasi di dalam bukunya Elizabeth Stride dan Jack the Ripper.

FBI yang menganalisis kasus itu pada 1988 mengatakan setiap korban diketahui peminum berat dan pelacur. Mereka semua menjadi sasaran “karena mudah diakses” dan terbunuh dengan cepat.

Sampai detik ini polisi tidak pernah berhasil menemukan pembunuh Jack the Ripper. FBI mengatakan penyelidikan lokal terhambat karena faktor teknologi forensik pada saat itu. Charles Warren, yakni komisaris utama Kepolisian Metropolitan pada saat itu, turut meminta bantuan dari Kepolisian Kota London.

Baca Dulu5 Kisah Bukti Nyata Reinkarnasi Manusia Yang Terjadi Di Dunia

Tak terhitung lagi sejarawan dan kriminolog mulai dari yang amatir sampai profesional ikut berspekulasi tentang identitas si pembunuh. Namun demikian, tampaknya Jack the Ripper membawa rahasia identitasnya hingga ke liang kubur.

2. The Black Dahlia

The Black Dahlia

The Black Dahlia

Pembunuhan seorang wanita bernama Elizabeth Short menjadi sorotan dan berita utama di surat kabar pada tahun 1947. Elizabeth ditemukan terbunuh oleh ibu dan anaknya di trotoar jalan.

Keadaannya sangat tragis, yakni terbaring tanpa sehelai pakaian dan badannya teriris menjadi dua di pinggang tanpa setetes darah pun. Kasus ini kemudian dikenal dengan sebutan “The Black Dahlia” atau “Dahlia Hitam” karena korban memiliki rambut hitam.

Short yang berumur 22 tahun ketika itu merupakan seorang penduduk asli Massachusetts yang datang ke California untuk mengejar mimpinya sebagai aktris.

Pihak berwenang tak menemukan jawaban atas teka – teki mayatnya yang berdarah kering sebelum dibuang di tempat kosong di daerah perumahan Los Angeles.

Menurut catatan FBI, tubuh korban tampak dibedah secara profesional dengan satu payudaranya dipotong. Tidak jelas bagaimana bisa wanita ini bertemu dengan nasib yang mengerikan.

FBI, yang membantu pemerintah daerah menyelidiki pada saat itu, mengatakan bahwa pihaknya menjalankan pemeriksaan terhadap beberapa calon tersangka. Akan tetapi, tidak ada satu pun dari mereka yang mengatakan kebenaran dan kasusnya tidak pernah terselesaikan.

The Black Dahlia menjadi tema sebuah novel pada 1987, diikuti oleh film pada tahun 2006 yang dibintangi Josh Hartnett, Hilary Swank, Aaron Eckhart, dan Mia Kirshner.

3. The Zodiac Killer

The Zodiac Killer

The Zodiac Killer

“The Zodiac Killer” atau “Pembunuh Zodiak” bukanlah pembunuh biasa. Alih – alih menghindari sorotan, ia malah ingin jadi pusat perhatian media bahkan menikmati caranya mengejek polisi dengan catatan dan petunjuk samar saat dia meninggalkan jejak kematian pada korbannya.

Zodiac Killer membunuh lima orang, yang tampaknya secara acak, di California utara pada tahun 1968 dan 1969. Ia menyatakan dalam surat kepada polisi bahwa ada lusinan korban yang belum dikonfirmasi.

Pembunuhannya yang mematikan dimulai pada Desember 1968, ketika dua remaja ditembak mati di tempat parkir. Tujuh bulan kemudian, dua orang lagi – lagi tertembak di mobil yang diparkir meskipun satu korban selamat.

Surat kabar lokal lalu mulai menerima surat dari anonim yang mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan itu. San Francisco Examiner merupakan orang yang menerima catatan rahasia itu.

Media lain mengatakan surat – surat itu berisi pesan kode yang menjelaskan motif si pembunuh serta kunci untuk membantu menguraikan identitasnya. Menurut catata FBI, sang anomim yang diduga pembunuh tersebut berkata bahwa ia suka membunuh orang karena sangat menyenangkan.

Ditambah lagi, ia juga mengatakan jika hal itu lebih menyenangkan daripada membunuh binatang buas karena manusia adalah hewan yang paling berbahaya.

Polisi setempat tidak berhasil memecahkan kode yang mengungkapkan namanya sampai akhirnya Zodiac Killer melanjutkan aksinya yakni menusuk dua orang lagi pada akhir September.

Dua minggu berselang, si pembunuh menyerang lagi dengan menembak seorang pengemudi taksi berusia 29 tahun. Beberapa hari kemudian, Zodiac Killer mengirimkan baju dari korban terbarunya ke surat kabar Chronicle.

Sampai kini, identitas Zodiac Killer tidak pernah terkonfirmasi. Departemen Kepolisian San Francisco hanya mengatakan penyelidikan sedang berlangsung.

4. Pembunuhan Rapper Tupac Shakur dan Notorious B.I.G.

Pembunuhan Rapper Tupac Shakur dan Notorious B.I.G

Pembunuhan Rapper Tupac Shakur dan Notorious B.I.G

Dunia musik diguncang pada akhir 1990-an ketika penyanyi rap Tupac Shakur dan Notorious B.I.G. ditembak mati di apartemennya.

Pembunuhan tersebut terjadi pada saat persaingan ketat antara label rekaman mereka yang tengah bersaing. Kedua rapper merupakan artis papan atas untuk perusahaan mereka masing – masing. Berkaitan dengan hal itu, kemudian muncul anggapan bahwa itu pertanda pertikaian musik sudah terlalu jauh.

Shakur yang bernaung di bawah label rekaman Death Row terbunuh pertama kali dalam sebuah penembakan di Las Vegas pada 13 September 1996. Enam bulan kemudian, Christopher Wallace, yang lebih dikenal sebagai Notorious B.I.G., Biggie Smalls atau Biggie, dari label rekaman Bad Boy terbunuh dengan cara yang sama.

FBI ikut menyelidiki kasus pembunuhan ini tetapi menutupnya pada tahun 2005. Tidak jelas apakah persaingan antar label rekaman memainkan peran dalam pembunuhan kedua rapper itu. Ditambah lagi, kedua kasus ini membuat polisi bingung karena beberapa saksi tidak kooperatif.

Misteri pembunuhan menciptakan teori sendiri dari banyak pihak, termasuk teori yang mengklaim bahwa sebenarnya kedua rapper masih hidup dan memalsukan kematian mereka. Pada peringatan 20 tahun kematian Biggie, Sean “Diddy” Combs memberikan penghormatan kepada rekannya sesama rapper melalui sebuah video Instagram.

5. Pembunuhan JonBenet Ramsey

Pembunuhan JonBenet Ramsey

Pembunuhan JonBenet Ramsey

JonBenet Ramsey menjadi sorota surat kabar dan layar televisi setelah ditemukan tewas di ruang bawah tanah rumah keluarganya di Colorado pada hari setelah Natal pada tahun 1996.

Peristiwa tersebut mengejutkan lingkungan di sekitar Boulder, Colo yang tenang dan makmur. JonBenet yang merupakan seorang pemenang kontes kecantikan ditemukan mengenaskan dengan bekas dipukuli, dicekik, dan mulutnya dilakban.

Berita tewasnya JonBenet menarik perhatian nasional dan banyak yang mengikuti kasus itu bahkan mulai berspekulasi apakah orang tuanya terlibat. Ibu JonBenet, Patricia, mengatakan kepada polisi bahwa dia bangun pagi – pagi dan tidak menemukan putrinya.

Patricia kemudian menelepon 911 untuk melaporkan dugaan penculikan dengan mengatakan dia dituntut membayar uang terbusan sebesar $ 118.000. Beberapa jam kemudian, ayah JonBenet, John, menyatakan bahwa dia menemukan mayat putrinya di ruang bawah tanah.

Setelah dilakukan otopsi, JonBenet meninggal karena sesak napas yang disebabkan oleh pencekikan. Kematiannya lalu ditetapkan sebagai pembunuhan. Namun demikian, tidak ada yang didakwa sehubungan dengan kasus pembunuhan JonBenet tersebut.

Pada sesi wawancara dengan CNN, orang tuanya mengaku muak atas dugaan publik yang menuduh keluarga mereka ada di balik pembunuhan JonBenet. Jonh Ramsey ayah dari JonBener turut menegaskan dengan berkata bahwa ia tidak membunuh anak perempuannya kepada wartawan.

Baca Juga6 Kasus Hoax Yang Berakibat Fatal Sepanjang Sejarah Dunia

Demikian rangkuman soal 5 kasus pembunuhan paling misterius sepanjang masa. Keadilan merupakan hak setiap manusia. Semoga para pelaku pembunuhan didakwa dengan hukuman yang setimpal.

5 Kasus Pembunuhan Paling Misterius Sepanjang Sejarah Dunia | anarostiana | 4.5