3 Kebiasaan Sarapan Pagi Yang Tidak Baik Untuk Dilakukan Setiap Hari

3 Kebiasaan Sarapan Pagi Yang Tidak Baik Untuk Dilakukan Setiap Hari

Foto Aktifitas Sarapan Pagi Via Pixabay.com

Sarapan pagi merupakan kebiasaan baik yang tidak boleh dinomor duakan karena merupakan kebutuhan tubuh untuk memenuhi energi yang dibutuhkan sebelum memulai aktivitas sehari – hari. Beberapa dari anda mungkin hingga sampai sekarang tidak pernah meninggalkan sarapan, bahkan anda selalu berusaha keras agar dapat sarapan tepat waktu.

Namun, beberapa dari anda yang lainnya juga pasti tidak memiliki waktu yang cukup untuk sarapan, padahal jika berusaha untuk menyempatkan waktu, anda pasti tetap bisa menikmatin sarapan anda dengan tepat waktu. Sarapan sebaiknya diusahakan setiap waktu dan harus dijadikan kebiasaan yang sebaiknya tidak anda tunda dalam pengerjaannya.

Sarapan merupakan sumber masuknya energi ke tubuh pada pagi hari, sehingga sangat berpengaruh terhadap kesehatan anda. Akan fatal akibatnya jika anda malah sudah terbiasa tidak sarapan dengan tepat waktu dan membiarkan tubuh beraktifitas tanpa menerima asupan energi yang seharusnya.

Gangguan pencernaan khususnya lambung, fungsi kerja hati, serta peredaran darah ke otak akan menjadi tidak lancar sehingga sangat menganggu aktivitas anda. Berikut ulasan mengenai kebiasaan buruk yang sering anda lakukan saat sarapan pagi.

1.Mengkonsumsi Makanan Yang Berat

Makanan berat yang dimaksud bukan hanya makanan – makanan yang dikonsumsi dalam jumlah besar, tetapi makanan tersebut juga memiliki kandungan nutrisi yang terlalu berlebihan dan malah merugikan untuk proses pencernaan di tubuh anda sehingga berpengaruh terhadap kesehatan organ tubuh anda yang lainnya.

Menurut ahli dan pelaku food compaignin dalam buku mitos dan fakta kesehatan 2 (bagian kedua), menyatakan bahwa sarapan dengan menu buah – buahan sangat baik dan dianjurkan untuk siklus pencernaan pagi anda. Hal tersebut disebabkan energi yang anda butuhkan untuk membuang sampah dan toxin dalam perut pada malam sebelumnya sangat besar, karena fase pembuangan manusia adalah pada pukul 4 pagi hingga 12 siang.

Jadi, jika anda menambahkan konsumsi makanan yang berat seperti nasi atau roti dalam menu sarapan anda, maka akan berdampak buruk bagi sistem pencernaan dan membuatnya bertambah berat. Simpelnya, pencernaan anda yang memang sudah dibebani oleh zat sampah semalaman yang terbilang sama beratnya dengan menu sarapan yang anda konsumsi.

Selain itu, sarapan dengan menu yang berat justru akan membuat anda merasa cepat lapar, mudah mengantuk, cepat lelah, dan lain sebagainya. Anda yang bekerja di kantoran atau sedang bersekolah pasti merasakan hal tersebut bukan? Selain itu, kekebalan tubuh anda juga bisa melemah perlahan dan menyebabkan anda jadi mudah sakit. Buah sendiri terbilang sangat cocok dijadikan menu sarapan sehat karena sifatnya yang ringan tetapi bisa mencukupi kebutuhan tubuh secara struktural.

Buah yang minim serat sangat tidak dianjurkan seperti durian, nangka dan cempedak karena kandungan fruktosanya mudah sekali berubah menjadi alkohol. Sebaiknya konsumsilah buah yang kaya serat, air dan tingkat kematangan yang sempurna seperti pisang, jeruk, pepaya, dan lain sebagainya.

2. Meniup minuman atau makanan anda saat panas

Anda yang selalu terburu – buru di pagi hari pasti akan berusaha melakukan hal instan agar dapat menyelesaikan berbagai macam hal dalam jangka waktu lebih cepat. Seperti saat mengkonsumsi menu atau lauk sarapan yang panas, anda akan meniupnya kemudian melahapnya dengan perasaan lebih tenang dan sangat menikmati. Namun, ternyata hal itu merupakan kebiasaan sehari – hari terburuk yang seharusnya sudah anda ketahui.

Minuman dan makanan yang ditiup akan menyebabkan Karbondioksida (CO2) dari mulut kita berbaur dengan cairan/air (H2O) yang merupakan unsur minuman atau makanan anda. Jika kedua zat itu tercampur, maka akan menciptakan asam karbonat yang tidak baik untuk kesehatan. Asam Karbonat sendiri pada dasarnya sudah ada di dalam tubuh, dan jika berlebihan maka kadar keasamaan darah yang memiliki pH normal 7.35 – 7.45 tersebut akan melewati batas normal.

Dampaknya, anda akan mengalami gangguan jantung yang ditandai dengan sesak nafas dan pusing. Sebaiknya anda mengkonsumsi menu dengan suhu panas tersebut secara perlahan – lahan dan sedikit demi sedikit, karena akan sangat bagus untuk menjaga kesehatan lidah serta organ yang dilalui oleh makanan anda.

3.Mengkomsumsi Makanan Yang Sudah Dipanaskan Kembali

Anda yang tidak memiliki banyak waktu dan dipenuhi jadwal yang tidak bisa ditunda, menyebabkan anda sendiri nekat memanaskan lauk malam anda untuk dijadikan sebagai menu sarapan anda guna mempersingkat waktu. Namun, tahukah anda bahwa makanan yang anda konsumsi tersebut malah tidak akan memberi manfaat apa – apa terhadap tubuh anda? .

Beberapa makanan pada dasarnya dapat berubah komposisinya apabila sudah melalui tahapan pemanasan berulang yang menyebabkan hilangnya kandungan gizi dan timbulnya racun yang tentu sangat berbahaya apabila anda konsumsi lagi. Contohnya seperti Bayam, karena bayam mengandung nitrat yang jika melalui tahap pemanasan berulang akan berubah menjadi nitrit yang bisa memicu zat Karsinogen yaitu zat pemicu kanker.

Oiya, Baca Juga 5 Pola Hidup Sehat Yang Bermanfaat Untuk Memperpanjang Usia

Telur yang direbus atau lebih tepatnya dengan keadaan kuning yang berada utuh didalam, jika melalui pemanasan berulang, akan menimbulkan bau tidak sedap dan racun yang sangat berbahaya. Menu lainnya yang apabila sudah dipanaskan ulang seperti jamur, ayam, kentang dan seledri akan kehilangan nutrisinya sehingga anda hanya akan mengkonsumsi lauk layaknya ampas, yang tidak bermanfaat apa – apa untuk tubuh anda.

3 Kebiasaan Sarapan Pagi Yang Tidak Baik Untuk Dilakukan Setiap Hari | Siopung | 4.5

Related Post

Perbedaan Batu Lavender Dengan Kecubung ( Amethyst... Batu lavender adalah salah satu jenis yang populer dikalangan para gemslover Indonesia . Tidak kalah populer dengan lavender , jenis batu kecubung ung...
Penyebab Batu Akik Menurun Dan Sepi Peminat Penyebab Batu Akik Menurun dan Sepi Peminat - Pada tahun ini disinyalir penjualan batu akik mulai menurun drastis . Tidak terlihat lagi banyaknya peda...
Ini Sebab Batu Kecubung Cutting Memiliki Harga Yan... Ini Sebab Batu Kecubung Cutting Memiliki Harga Yang Tinggi . Kecubung atau Amethyst dan varian lainnya seperti Citrine ( Yellow Quartz )  , Kecubung A...
Batu Akik Kecubung: Ini 3 Jenis Yang Paling Banyak... Batu akik kecubung sebenarnya adalah sebutan untuk jenis batu yang berwarna ungu ( Amethyst ) . Namun seiring perkembangannya , banyak para gemslover ...
Batu Belimbing Retak: Tips dan Cara Mudah Menghila... Batu belimbing aceh memiliki kekerasan yang sangat rendah . Hal ini mengakibatkan retakkan atau hairline sering kali muncul . Tukang gosok batu , seri...
Tips Agar Uang Tidak Dicuri Tuyul Tuyul adalah makhluk halus yang digambarkan berwujud kerdil ( kecil ) dan memiliki kepala gundul . Tuyul sering ditugaskan oleh orang yang melakukan p...
6 Tips Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Selama Per... Foto Ilustrasi Perjalanan Bisnis Via Pixabay.com Ukuran porsi makanan anda saat melakukan perjalanan bisnis mungkin di luar kendali anda dan kemun...
Mitos Kejatuhan Cicak Beserta Arti dan Pertandanya Banyak berbagai mitos yang dikaitkan dengan kehadiran hal- hal aneh yang akan menghampiri kehidupan kita, seperti halnya hewan yang ada di sekitar kit...
Misteri Penyebab Harga Uang 100 Rupiah Lama Gambar... Gambar Uang Kuno Rp 100 Perahu Pinisi Via Google.co.id Untuk kamu  yang sekarang usia nya diatas 24 atau 25, pasti sudah tidak asing dengan uang r...
Arti Mimpi Melihat Cahaya Turun Dari Langit Lengka... Cahaya merupakan salah satu hal yang sangat sensitif dalam pembahasan tafsiran dari sebuah mimpi . Kali ini kita akan membahas salah satu pengalaman m...