7 Arti Kejatuhan Kotoran Burung Menurut Mitos Jawa

Mitos Kejatuhan Kotoran Burung

Mitos Kejatuhan Kotoran Burung

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa burung-burung yang beterbangan di langit seringkali membuang kotoran saat terbang, lalu kotoran tersebut jatuh dan menimpa apa pun di bawahnya tanpa pandang bulu. Entah itu pohon, jalan raya, atau bahkan kepala manusia sekalipun.

Sebenarnya, kotoran burung bisa jadi bermanfaat ketika ia jatuh di lingkungan, terutama untuk menyuburkan tanah dan membantu pertumbuhan terumbu karang.Namun, jika ia menimpa hal lain, kotoran burung adalah sesuatu yang menjengkelkan.

Selain dapat merusak permukaan benda karena kadar asamnya tinggi, kotoran burung juga dapat merusak kepercayaan diri apabila ia jatuh menimpa anggota tubuh.

Dalam berbagai mitologi, burung dikenal sebagai manifestasi para malaikat. Malaikat berkomunikasi dengan manusia dalam berbagai bentuk. Salah satunya yang paling disukai oleh malaikat adalah bertranfsormasi dalam bentuk burung.

Hal ini pula yang membuat banyak percaya bahwa kotoran burung memiliki artinya bagi manusia

Berikut ini beberapa mitos tentang kejatuhan kotoran burung yang berhasil kami kumpulkan.

1. Kejatuhan Kotoran Burung di Kepala

Menurut primbon Jawa, apabila kamu kejatuhan kotoran burung di kepala, kamu harus lebih waspada. Kotoran burung yang jatuh di kepala merupakan tanda bahwa kesialan akan menimpamu dalam waktu dekat, entah itu dalam hal karier ataupun asmara.

Psst, kesialan tersebut juga bisa berdampak pada orang-orang tersayang kamu, lho! . Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati saat melewati jalan yang memiliki banyak pohon dan burungnya. Jangan sampai kamu kejatuhan kotoran tersebut tepat berada di atas kepala.

2. Kejatuhan Kotoran Burung di Pundak

Kebalikan dari kejatuhan kotoran burung di kepala, kejatuhan kotoran burung di pundak memiliki arti bahwa kamu atau keluarga akan mendapat rezeki. Tak tanggung-tanggung, jumlah rezekinya cukup besar, lho!

Dalam mitologi umum yang banyak diketahui, kejatuhan kotoran di pundak merupakan pertanda bahwa kamu akan mendapatkan pekerjaan baru atau bisnis baru.

Baca juga6 Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Islam, Hindu, Dan Primbon Jawa

Jika kamu seorang pedagang atau seseorang yang menjalankan bisnis jasa, hal ini menandakan bahwa kamua akan mendapatkan orderan yang besar.

3. Kejatuhan Kotoran Burung di Punggung

Kejatuhan Kotoran Burung

Kejatuhan Kotoran Burung

Sama seperti kejatuhan kotoran burung di pundak, apabila kotoran burung jatuh di punggung kamu, kamu juga akan mendapatkan rezeki yang besar. Mungkin, kamu akan mendapat promosi di kantor, atau usaha yang sedang kamu jalankan tiba-tiba laris manis.

Punggung fillosofinya tanggungjawab, jika kamu mendapatkan kejadian tersebut, maka kamu akan mendapatkan tanggungjawab yang lebih besar lagi. Hal ini sering dikaitkan dengan pekerjaan baru atau bisnis yang berkembang.

4. Kejatuhan Kotoran burung di Dada atau Perut

Jika kotoran burung jatuh menimpa dada atau perut kamu, maka itu merupakan pertanda bahwa akan ada orang dekat kamu yang jatuh sakit. Orang dekat tersebut bisa jadi sahabat, keluarga, atau mungkin kekasih.

Walaupun tidak terjadi pada dirimu, jangan remehkan mitos ini, ya! Yuk, perhatikan orang-orang terdekat kamu dan selalu luangkan waktu untuk membantu mereka!

5. Kejatuhan Kotoran Burung di Tangan

Mengingat setiap tubuh punya dua tangan, primbon Jawa membagi mitos kotoran burung yang jatuh di tangan ini jadi dua mitos.

Mitos pertama, apabila kotoran burung jatuh menimpa tangan kanan, maka itu merupakan pertanda bahwa kamu akan mendapat rezeki.

Mitos kedua, apabila kotoran burung jatuh menimpa tangan kiri, maka kamu akan diuji dengan suatu kepentingan yang perlu biaya besar.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu selalu memiliki uang cadangan di tabungan, untuk berjaga-jaga apabila kamu perlu mengeluarkan biaya mendadak untuk suatu hal penting.

6. Kejatuhan Kotoran Burung di Kaki

Mitos Tentang Burung

Mitos Tentang Burung

Sama seperti tangan, mitos kejatuhan burung di kaki juga dibagi jadi dua bagian.

Mitos pertama, apabila kotoran burung jatuh menimpa kaki kanan kamu, kamu akan melakukan perjalanan jauh yang berhubungan dengan karier. Perjalanan tersebut dapat membuat pundi-pundi rezeki kamu bertambah apabila kamu menjalaninya dalam kondisi tubuh fit dan penuh semangat.

Mitos kedua, apabila kotoran burung jatuh menimpa kaki kiri, salah satu orang terdekat kamu-lah yang akan melakukan perjalanan jauh.

Perjalanan jauh itu sendiri memiliki dua persepsi. Pertama, bepergian ke tempat yang lebih jauh untuk liburan atau dinas. Kedua, meninggalkan dunia ini karena dipanggil oleh Tuhan.

7. Kejatuhan Kotoran Burung di Paha

Secara umum, jatuhnya kotoran burung di paha adalah pertanda bahwa kamu akan mendapatkan masalah.

Apabila kotoran burung jatuh menimpa paha kanan, konon katanya kamu atau orang-orang terdekat akan mendapatkan masalah dari teman-teman sekitar. Masalah itu sendiri timbul akibat kelalaian atau kesalahan diri sendiri.

Jika hal di atas terjadi, kamu perlu merefleksikan apa saja perbuatan kamu di masa lalu yang mungkin menyakiti hati orang lain. Jangan lupa pula untuk meminta maaf dan memperbaiki kesalahan tersebut.

Apabila kotoran burung jatuh menimpa paha kiri, maka kamu atau orang-orang terdekat akan mendapatkan masalah dari orang asing. Bisa saja dari orang yang baru kamu kenal, atau dari orang yang berbeda latar belakang dengan kamu.

Baca juga :  5 Mitos Suara Burung Di Malam Hari Yang Menyeramkan

Terlepas dari apakah kamu memercayai mitos-mitos di atas atau tidak, kamu tetap harus percaya bahwa dalam hidup manusia, rezeki dan cobaan memang datang silih berganti.

Namun, kamu harus tetap bersikap positif, bersyukur atas setiap rezeki, dan berusaha mengatasi setiap masalah dengan baik.

7 Arti Kejatuhan Kotoran Burung Menurut Mitos Jawa | nur azizah | 4.5