12 Kota Paling Macet Di Dunia, Jakarta Nomor Berapa?

Kota Termacet di Dunia

Kota Termacet di Dunia

Kemacetan bukanlah hal baru apalagi di kota – kota besar pasti akan sering ditemui. Terjebak macet menjadi momen yang menyebalkan untuk banyak orang, misalnya saja jarak tempuh yang sebenarnya dekat diharuskan memakan waktu sampai berjam – jam.

Selain menghabiskan waktu, terjebak di kemacetan juga membuang energi karena sangat melelahkan. Bila naik kendaraan pribadi, konsumsi bahan bakar pun jadi lebih boros. Namun demikian, kadangkala memang tidak ada pilihan lain karena rutinitas yang harus dilakukan menuntutmu melewati itu semua.

Berbicara mengenai kemacetan, ternyata kamu tidak sendirian. Berikut ini adalah beberapa daftar kota – kota dari berbagai negara yang saking macetnya sampai mendapat julukan kota paling macet di dunia.

Apa sajakah kota paling macet di dunia tersebut? Simak ringkasannya berikut ini!

12. Istanbul

Istanbul Adalah Kota Termacet di Dunia

Istanbul Adalah Kota Termacet di Dunia

Istanbul dijuluki sebagai kota paling padat kedua di dunia berdasarkan laporan lalu lintas baru oleh perusahaan analitik transportasi INRIX.

Kota terbesar di Turki ini memiliki lalu lintas terburuk di wilayahnya. Pengemudi kehilangan rata-rata 157 jam (6,5 hari) pada jam – jam sibuk di tahun 2018. Kemacetan lalu lintas di Istanbul tersebut meningkat 6% dibandingkan tahun 2017.

11. Boston

Kemacetan di Kota Boston

Kemacetan di Kota Boston

Boston diberi gelar kota paling padat di Amerika Serikat selama waktu puncak komuter oleh Global Traffic Scorecard terbaru dari perusahaan analitik transportasi INRIX.

Pada peringkatnya sendiri, kota Boston menempati peringkat ke-7. Hal itu didasarkan pada waktu yang dihabiskan para pengemudi rata – rata dalam lalu lintas sepanjang hari.

Baca Juga : 7 Mobil Terlaris di Dunia Sepanjang Masa & Belum Terkalahkan

Di Boston, mereka harus kehilangan 164 jam dalam kemacetan jam sibuk. Stephanie Pollack, yang menjabat sebagai Sektretaris Departemen Transportasi, mengatakan bahwa jalan – jalan di Boston sangat padat dalam cahaya yang buruk.

10. Washington DC

Kemacetan di Washington DC

Kemacetan di Washington DC

Setiap pengemudi di Washington, D.C. tahu bahwa perjalanannya akan buruk dan akrab kemacetan lalu lintas. Mereka yang berkendara di kota ini kehilangan 155 jam per tahun saat terjebak macet.

Pengalaman buruk para pengendara yang menghadapi jalanan macet bahkan menghabiskan biaya Amerika Serikat lebih dari $ 300 miliar–jumlah yang kira – kira keseluruhan ekonomi Singapura.

Washington, D.C. berada di peringkat keenam di Amerika Serikat dan ke-18 di dunia dalam soal kemacetan terburuk. Kemacetan yang parah tentu saja merugikan perekonomian karena menyebabkan pengeluaran baik waktu maupun biaya untuk bahan bakar yang terbuang sia – sia.

9. Jakarta

Gambar Kemacetan di Jakarta Yang Parah

Kemacetan di Jakarta

Jakarta juga termasuk ke dalam daftar kota paling macet di dunia. Tak mengejutkan karena memang kemacetan di ibukota memang sering membuat kepala hampir pecah saking semrawutnya!

Menurut laporan tahunan dari perusahaan analisis transportasi, kemacetan di Jakarta lumayan buruk. Dalam scorecard di tahun 2017 mereka, Jakarta menduduki peringkat sebagai lalu lintas terburuk ke-12 di dunia.

Para pengendara baik mobil maupun motor keduanya menambah kemacetan pagi di Jakarta. Mereka menghabiskan waktu selama 63 jam dalam lalu lintas paling pada di kota ini dan membantu menjadikan Indonesia sebagai negara paling padat kedua di dunia.

8. Bangkok

Kota Termacet Salah Satunya Adalah Bangkok

Kota Termacet Salah Satunya Adalah Bangkok

Bangkok merupakan salah satu kota paling padat di dunia. Ditambah lagi, ibukota Thailand ini punya masalah lalu lintas yang parah apalagi selama jam – jam sibuk.

Lalu lintas terjadi cukup padat di Bangkok hampir sepanjang hari. Akan tetapi, kemacetan paling buruk adalah dari pukul 7:30 hingga 9:30 di pagi hari dan pukul 5 hingga 7:30 di malam hari.

Para pengendara di Bangkok kehilangan 64 jam saat terjebak kemacetan. Masalah lalu lintas ini menjadi masalah yang cukup serius bagi pemerintah Thailand.

7. Miami

Kemacetan di Miami

Kemacetan di Miami

Miami, sebuah kota di Amerika Serikat, tepatnya terletak di bagian selatan negara bagian Florida, memiliki angka kepadatan penduduk sebesar 2.532,1 jiwa/km². Dengan terdapat lebih dari 6 juta orang di wilayah metropolitannya, Miami menghadapi masalah lalu lintas yang signifikan.

INRIX menempatkan kota yang diberi julukan Magic City ini sebagai wilayah perkotaan paling padat kelima di seluruh negeri. Dari studi itu ditemukan bahwa para pengemudi di Miami menghabiskan sekitar 64 jam dalam kemacetan lalu lintas.

Studi ini juga mengantarkan Miami pada daerah ke-10 paling padat di dunia. Tak heran kalau kemacetan di kota ini terbilang cukup parah.

6. Paris

Kemacetan di Paris

Kemacetan di Paris

Paris sebagai ibu kota dan kota terpadat di Perancis, dengan luas 105 kilometer persegi dan perkiraan populasi resmi 2.140.526 penduduk, ternyata juga menghadapi masalah lalu lintas yang cukup buruk.

Menurut perusahaan navigasi lalu lintas TomTom, Paris termasuk ke dalam daftar kota – kota dengan lalu lintas terburuk di Perancis. Orang – orang di wilayah Paris biasanya kehilangan enam hari dan sepuluh jam setahun dalam menghadapi kemacetan.

Kemacetan paling merepotkan bagi pengendara di Paris terjadi pada pagi hari yang menurut TomTom dikatakan bahwa selama jam – jam lalu lintas puncak perjalanan pengendara Paris dapat diperpanjang hingga 68 persen.

5. London

Kemacetan di London

Kemacetan di London

London mungkin terkenal dengan bis bertingkatnya, akan tetapi, kota ini juga terkenal dengan lalu lintasnya. Kota paling padat di Eropa tersebut menghabiskan 74 jam waktu para pengemudi.

Para pengemudi di London membuang 227 jam setahun saat terjebak dalam lalu lintas. Penelitian dari perusahaan data Inrix menunjukkan bahwa London adalah kota paling padat untuk pengemudi di Inggris dan keenam secara global.

Pengemudi bisa kehilangan hingga £ 1.680 setahun pada 2018 karena padatnya lalu lintas. Menurut Global Traffic Scorecard Inrix 2018, pengemudi Inggris kehilangan rata – rata 178 jam setahun dengan biaya £ 7,9 miliar.

Saking macetnya, pengemudi di London hanya bisa menempuh kendaraan mereka dengan kecepatan 7mph. Itu artinya bahkan lebih cepat bepergian dengan sepeda.

4. Sao Paulo

Kemacetan di Sao Paulo

Kemacetan di Sao Paulo

Jangan pernah mengeluh apabila terjebak kemacetan kalau belum pernah mengemudi di Sao Paulo. Kota terbesar Brasil ini memiliki masalah kemacetan terburuk di dunia.

Lalu lintas yang padat adalah bagian dari kehidupan dan budaya di kota yang berpenduduk lebih dari 11 juta orang ini. Terutama saat Jumat malam, itu bisa jadi mimpi terburuk di Sao Paulo.

Baca Juga : 5 Negara Yang Memiliki Kota Paling Ekstrim Di Dunia

Menurut insinyur lalu lintas setempat, kemacetan yang masuk dan keluar kota bisa mencapai rata – rata 180 km dan dan yang paling parahnya bisa sampai sepanjang 295 km. Lalu lintas macet di Sao Paulo membuat para pengendara menghabiskan 86 jam.

3. New York

Kemacetan di Kota New York

Kemacetan di Kota New York

Para pengemudi di New York City selalu ingat satu hal saat mereka berada di kemacetan: Kemacetan ini bisa lebih buruk lagi! Lalu lintas di kota ini memang padat dan melelahkan bagi penduduknya yang berkendara.

New York adalah kota paling macet ketiga di dunia dan kedua di Amerika Serikat. Menurut INRIX Global Traffic Scorecard tahun 2018 New York menduduki peringkat sebagai wilayah perkotaan paling padat keempat setelah dibandingkan dengan lebih dari 200 kota di seluruh dunia.

Penduduk di New York kehilangan rata – rata 133 jam dan $ 1.859 per pengemudi karena kemacetan lalu lintas setiap tahunnya. Apalagi saat hiruk pikuk jam sibuk jalanan akan semakin macet.

2. Moscow

Kemacetan di Moscow

Kemacetan di Moscow

Kota Moskow yang berdiri pada tahun 1147 memiliki tata ruang seperti jalan -jalannya yang tidak dirancang untuk lalu lintas modern. Oleh sebab itulah tidak aneh kalau perjalanan di sini memakan waktu hingga berjam – jam.

Ibukota Rusia ini tercatat sebagai kota dengan lalu lintas paling padat di dunia pada tahun 2017. Para pengemudi rata – rata kehilangan 91 jam setahun karena kemacetan yang dialami setiap harinya.

Dibandingkan dengan setiap ibukota di Eropa, Moskow memiliki kemacetan lalu lintas terburuk yakni dengan puncak kemacetan 210 jam pada 2018.

1. Los Angeles

Los Angeles Sebagai Kota Termacet di Dunia

Los Angeles Sebagai Kota Termacet di Dunia

Dalam daftar kota paling macet di dunia, Los Angeles memimpin dengan lalu lintas terburuknya dan mengalahkan 1.360 kota lain di 38 negara selama enam tahun berturut-turut.

Para pengemudi di Los Angeles menghabiskan rata-rata 102 jam dalam kemacetan lalu lintas selama jam – jam padat. Selain itu, mereka mengalami kerugian biaya setiap pengemudi sekitar $ 2.828 dan pemerintah kota $ 19.2 miliar dari biaya langsung dan tidak langsung.

Biaya langsung tersebut berkaitan dengan bahan bakar dan waktu yang terbuang, sedangkan biaya tidak langsung mengacu pada ongkos angkut dan bisnis dari kendaraan perusahaan terjebak macet. Jangan sampai emosi kalau terjebak macet di Los Angeles!

Baca Juga : 10 Negara Yang Memiliki Kota Paling Kotor di Dunia

Itulah tadi daftar 12 kota paling macet di dunia. Ternyata tidak hanya di Jakarta, di negara lain pun bahkan yang termasuk negara maju kemacetan masih menjadi masalah serius yang perlu ditangani.

Kalau sempat berkendara di kota paling macet di dunia yang sudah disebutkan tadi, memang kita harus ekstra sabar!