Kuchisake-onna, Hantu Jepang Terseram Dengan Mulut Robek

Hantu Jepang Kuchisake-onna

Hantu Jepang Kuchisake-onna

Jepang terkenal akan berbagai macam hal menarik, seperti tempat wisata tradisional maupun modernnya, budaya kerja keras serta kedisiplinannya, hingga legenda-legendanya yang beraneka ragam. Baik itu legenda menyenangkan, mengharukan, atau bahkan mengerikan.

Salah satu legenda Jepang yang mengerikan dan paling terkenal adalah legenda Kuchisake-onna, hantu wanita yang digambarkan dengan wajah pucat, pupil mata kecil, dan mulut robek.

Konon, Kuchisake-onna adalah roh jahat yang bisa bangkit dari kematian kapan pun dan menghantui siapa pun.

1. Kronologi p3mbunuhan Kuchisake-onna

Cerita tentang Kuchisake-onna pertama kali populer pada zaman Edo (abad ketujuh belas). Dikutip dari berbagai sumber, Kuchisake-onna meninggal akibat dibunuh oleh suaminya sendiri.

P3mbunuhan itu sendiri bukanlah p3mbunuhan tanpa alasan. Konon, suami Kuchisake-onna merasa sakit hati karena Kuchisake-onna berselingkuh dengan laki-laki lain.

Bukannya membantah dugaan tersebut dan berusaha mempertahankan rumah tangga, Kuchisake-onna justru mengakui perselingkuhannya dan berniat untuk meninggalkan sang suami.

Tak terima, sang suami pun memukul Kuchisake-onna hingga pingsan, lalu mengikat wanita malang tersebut agar tidak bisa bergerak.

Ketika Kuchisake-onna terbangun, sang suami mengancam akan membunuh Kuchisake-onna apabila wanita tersebut meninggalkannya.

Akhirnya, setelah mengalami cekcok dengan Kuchisake-onna, ancaman itu benar-benar dilaksanakan oleh sang suami. Sang suami memenggal kepala Kuchisake-onna menggunakan gunting besar setelah merobek mulut wanita tersebut hingga mencapai telinga.

Baca jugaDolley Madison, Misteri Hantu Ibu Negara Penjaga Gedung Putih

Setelah merobek mulut Kuchisake-onna, sang suami sempat bertanya kasar, “Siapa yang akan menganggapmu cantik sekarang?”

Konon, setelah insiden p3mbunuhan tersebut terjadi, sang suami merasa menyesal, lalu akhirnya menyusul kepergian sang istri dengan cara bunuh diri.

2. Hantu Kuchisake-onna Yang Bergentayangan

Hantu Jepang Kuchisake-onna

Hantu Jepang Kuchisake-onna

Masyarakat Jepang percaya bahwa sampai saat ini, roh jahat Kuchisake-onna kerap kembali dari kematian untuk menghantui manusia. Ia bisa datang kapan pun, di mana pun, dan menghantui siapa pun.

Konon katanya, jika Kuchisake-onna bergentayangan, ia selalu mengenakan masker, syal, kipas, atau barang apa pun untuk menutupi mulutnya yang robek.

Kadang-kadang ia berdiri menunggu di jalan sepi, tetapi ia juga bisa muncul secara tiba-tiba. Yang jelas, ia selalu membawa gunting besar sambil bertanya, “Apa aku cantik?”

Jika manusia yang ia hantui menjawab “Iya” atau hanya menjerit, Kuchisake-onna akan merobek mulut manusia tersebut tanpa ampun, sehingga menjadi sama persis seperti miliknya.

Namun, jika manusia tersebut menjawab “Tidak”, Kuchisake-onna akan mengikuti manusia tersebut secara diam-diam, lalu membunuhnya saat malam tiba.

Sebenarnya, terdapat beberapa versi cerita yang berbeda-beda tentang cara Kuchisake-onna menghantui korbannya.

Baca jugaMisteri Hello Kitty, Sang Boneka Pembuka Jalan Penyembahan Iblis

Sebagai contoh, menurut salah satu sumber, Kuchisake-onna akan merobek mulut korbannya apabila korban tersebut berjenis kelamin wanita, tetapi Kuchisake-onna akan langsung memakan korbannya apabila korban tersebut adalah seorang anak.

3. Versi Lain Dari Legenda Kuchisake-onna

Hantu Jepang Paling Seram

Hantu Jepang Paling Seram

Sumber lain mengatakan bahwa sebenarnya, Kuchisake-onna bukanlah istri cantik dari seorang pria, melainkan selir dari seorang samurai. Meskipun begitu, sama seperti versi di atas, Kuchisake-onna tetap digambarkan sebagai wanita yang suka berselingkuh.

Sementara itu, versi lainnya menyebutkan bahwa sebenarnya, Kuchisake-onna adalah korban operasi plastik yang gagal.

Konon katanya, dokter yang menangani operasi wajah Kuchisake-onna menggunakan minyak yang berbau mengganggu, sehingga Kuchisake-onna tidak bisa tenang selama operasi berlangsung.

Akibatnya, dokter pun merasa terganggu, sehingga dokter tersebut tak sengaja menggunting mulut Kuchisake-onna hingga robek.

Kuchisake-onna, yang marah besar, akhirnya membunuh dokter tersebut. Ia berusaha kabur untuk menyembunyikan jejak, tetapi akhirnya, ia dibunuh balik oleh masyarakat sekitar yang tidak menoleransi perbuatan kejinya.

4. Kepercayaan Masyarakat Saat Ini

Legenda Hantu Jepang

Legenda Hantu Jepang

Walaupun banyak yang menganggap bahwa Kuchisake-onna hanyalah legenda yang sebenarnya tidak pernah terjadi, banyak pula masyarakat yang memilih untuk percaya. Beberapa orang bahkan mengaku bahwa mereka tahu cara untuk melepaskan diri dari Kuchisake-onna.

Katanya, apabila Kuchisake-onna sedang menghantui manusia, manusia tersebut dapat memberikan barang seperti uang, permen, atau perhiasan agar Kuchisake-onna “melepaskannya”.

Cara lainnya adalah dengan tetap bersikap tenang, lalu melempar balik pertanyaan tersebut (alias membiarkan Kuchisake-onna menjawabnya sendiri).

Bagaimana menurut kamu? Apakah Kuchisake-onna benar-benar ada, atau hanya legenda belaka?

Terlepas dari ada atau tidak, yang jelas, Kuchisake-onna adalah hantu yang cukup populer. Kisahnya bahkan pernah diangkat menjadi beberapa film, seperti Carved: The Slit-Mouthed Woman yang dirilis pada tahun 2007.

Baca jugaNagagini: Karakter Mitologi Indonesia Di Serial Harry Potter

Kuchisake-onna juga pernah membuat Nagasaki, salah satu kota di Jepang, heboh setelah segerombolan anak mengaku melihatnya pada tahun 1990-an. Meskipun begitu, polisi beranggapan bahwa itu hanyalah p3mbunuh gila yang berkeliaran, dan bukan sosok Kuchisake-onna yang asli.