Leak, Kisah Manusia Yang Menjelma Menjadi Hantu Menyeramkan

Misteri Leak

Misteri Leak

Berapa banyak makhluk mitologi dari Indonesia yang kamu ketahui?

Sepertinya banyak, ya. Indonesia, yang masih kental akan adat-istiadat dan budaya tradisional, memang memiliki ratusan makhluk mitologi dari berbagai daerah. Bahkan dari pulau kecil sekalipun. Salah satunya adalah Leak, makhluk yang berasal dari Bali.

Leak adalah makhluk yang digambarkan sebagai penyihir jahat. Namanya sendiri berasal dari dua kata, yakni Le yang memiliki arti penyihir, dan Ak yang berarti jahat. Orang awam lebih mengenalnya sebagai hantu, walaupun sebenarnya ia bukan merupakan hantu. Ia adalah wujud transisi yang dialami seseorang untuk berubah menjadi wujud lain.

Leak digambarkan sebagai makhluk raksasa bermata bundar menonjol, bergigi taring panjang sampai melewati batas mulut, berbulu lebat, dan berlidah panjang.

Leak juga terdiri dari beberapa jenis, seperti Leak Pemoroan dan Leak Nengkleng. Seluruhnya tergantung pada tingkat keburukan penganut ilmu hitam itu.

1. Manusia Yang Menerapkan Ilmu Hitam

Kisah Asal Usul Leak

Kisah Asal Usul Leak

Menurut kepercayaan masyarakat, Leak adalah manusia yang menerapkan ilmu hitam yang dirahasiakan untuk berbagai keperluan. Ilmu hitam ini berhubungan dengan konsep pengiwa (black magic) dan penengen (white magic) yang populer di Bali.

Konon katanya, agar ilmunya tetap ada dan bisa digunakan, Leak membutuhkan darah embrio. Itulah mengapa pada siang hari, Leak berwujud manusia biasa karena harus merahasiakan ilmunya, sementara pada malam hari, Leak berkeliaran dalam wujud hantu untuk mencari wanita hamil.

Dari wanita hamil tersebut, Leak mengambil darah bayi yang masih berada di dalam kandungan.

Baca juga5 Mitos Menyeramkan Yang Dapat Memancing Hantu Datang

Menurut sumber yang mengaku pernah bertemu Leak, pada malam hari, Leak terlihat amat mengerikan karena kepalanya terpisah dari badan. Kepala tersebut, yang tersambung dengan organ tubuh seperti usus, melayang-layang mencari tumbal.

2. Leak, Pencari Organ Tubuh Manusia

Konon, Leak tidak hanya mengisap darah embrio saja, tetapi juga  mencari organ-organ tubuh manusia untuk dijadikan ramuan sihir.

Ramuan tersebut dapat mengubah Leak menjadi hewan-hewan seperti harimau, kera, atau babi, yang entah apa tujuannya. Menurut beberapa sumber, Leak juga bisa berubah jadi benda mati, lho!

Konon katanya, karena Leak berasal dari Bali, ia hanya dapat ditemukan di Bali. Namun, menurut keterangan beberapa sumber, banyak pula manusia yang mengaku pernah bertemu dengannya di luar Pulau Bali.

3. Keresahan Masyakarat Akibat Kemunculan Leak

Penampakan Leak

Penampakan Leak

Beberapa dari kamu mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana caranya saya tahu bahwa manusia yang itu dapat berubah menjadi Leak, dan manusia yang lainnya tidak? Adakah ciri khusus yang membedakan mereka dari manusia biasa?”

Jawabannya, tidak ada. Manusia yang dapat berubah menjadi Leak terlihat sama saja dengan manusia biasa ketika siang hari. Namun, apabila kamu adalah seseorang yang memiliki ilmu spiritual tinggi, niscaya kamu dapat membedakan mereka hanya dalam sekali lihat.

Pada dasarnya, “Manusia Leak” sulit untuk dilacak karena mereka harus merahasiakan ilmu Leak mereka. Tidak ada yang boleh mengetahui identitas mereka, baik itu sengaja ataupun tidak. Oleh karena itu, setiap mereka berubah wujud menjadi Leak, mereka melindungi diri dengan pelindung gaib yang konon beradius dua ratus meter. Pelindung tersebut membuat mereka dapat merasakan kehadiran orang lain.

4. Leak dalam Aspek Pariwisata Pulau Bali

Meskipun Leak terdengar mengerikan dengan segala ilmu hitam dan perbuatannya, pada kenyataannya, Leak cukup populer dan menjadi daya tarik Pulau Bali, lho!

Pernahkah kamu melihat Tari Leak? Tari yang terinspirasi dari sosok Leak itu merupakan salah satu tari yang paling sering dibawakan oleh seniman Bali.

Baca juga5 Permainan Memanggil Hantu Paling Berbahaya Di Dunia

Selain itu, kamu juga akan mudah menemukan topeng, gantungan kunci, lukisan, hingga kartu pos bergambar wajah Leak yang menyeramkan.

Mungkin, kamu tertarik untuk menjadikannya sebagai oleh-oleh?

Leak, Kisah Manusia Yang Menjelma Menjadi Hantu Menyeramkan | nur azizah | 4.5