Libra Harus Tahu, Tips Berbuat Baik Tanpa Menyakiti Diri Sendiri

Libra Harus Tahu, Tips Berbuat Baik Tanpa Menyakiti Diri Sendiri
Tips Untuk Zodiak Libra

Kamu setuju nggak, sih, kalau berbuat baik memang menyenangkan?

Ketika melihat orang lain tersenyum dan bersyukur atas perbuatan baik kita, rasanya hati kita jadi ikut bahagia. Tanpa sadar, mulut kita pun ikut tersenyum. Dan kebahagiaan itu jadi berkali-kali lipat lebih besar ketika kebaikan kita dibalas oleh orang tersebut.

Namun, sayangnya, keinginan kita untuk berbuat baik bisa saja dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk hal yang kurang positif. Apalagi jika kita adalah tipe orang yang tidak enakan dan selalu ingin membantu, seperti zodiak Libra.

Kamu jelas merasa sakit hati, kan, kalau ternyata selama ini kamu hanya dimanfaatkan?


Maka dari itu, yuk, kenali cara berbuat baik tanpa menyakiti diri sendiri!

1. Tetapkan Batas

Libra, membantu orang lain memang perbuatan baik yang patut dilakukan. Namun, jangan sampai hal itu justru menyulitkanmu, ya. Jangan memaksa diri sendiri untuk memberi bantuan ketika kamu tak sanggup. Salah-salah, kamu malah akan dicap ”tidak tulus” atau ”setengah-setengah”.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kemungkinan buruk tersebut adalah menetapkan batas. Contohnya, kamu bisa memberi bantuan finansial, tetapi hanya sampai batas tertentu saja (sesuai kantongmu).

Kamu juga bisa memberi bantuan tenaga, tapi lagi-lagi hanya sampai batas tertentu, misalnya sampai pukul sepuluh malam. Jangan memaksakan diri untuk membantu di atas jam tersebut.

2. Bersikap Tegas

Walaupun secara natural kamu adalah orang yang tidak enakan dan susah bersikap tegas pada sebagian orang, kamu tetap harus melakukannya, Libra. Terutama jika orang lain memaksamu untuk membantu mereka, tetapi hal itu di luar kesanggupanmu. Ketegasan itu penting untuk kebaikan dirimu sendiri, lho.

Namun, kamu harus tetap mengontrol nada suaramu dan menjaga perasaan orang lain. Jangan sampai orang lain merasa tersinggung karena penolakanmu yang kasar, kemudian justru jadi membencimu.

Baca juga

Ingat ya, tegas dan galak adalah dua hal yang berbeda.

3. Berikan Alasan

Setelah bersikap tegas dengan memberikan penolakan, hal lain yang harus kamu lakukan adalah memberi alasan kenapa kamu tidak bisa membantu mereka.

Hal ini akan membuat mereka memaklumi kondisimu, juga mengurangi kemungkinan mereka tersinggung karena penolakanmu.

4. Buanglah Pikiran Negatif

Sebelum bersikap tegas, Libra seringkali dihantui oleh hal-hal negatif seperti takut kehilangan teman dan takut diolok-olok. Padahal, memikirkan hal-hal seperti itu hanya membuang-buang waktu.

Libra, ingatlah bahwa pikiran negatifmu belum tentu terbukti. Lagi pula, jika kamu menolak memberi bantuan dengan cara yang sopan dan alasan yang jelas, orang lain tentu tidak akan melakukan hal-hal buruk terhadapmu.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk membuang pikiran negatif adalah memasukkan sugesti positif ke dalam otakmu, juga bersikap tidak peduli pada pikiran negatif yang muncul.

5. Bersikaplah Lebih Terbuka

Libra suka dianggap sebagai orang yang bisa diandalkan. Libra juga suka menonjolkan kelebihan mereka dan menutupi kelemahan mereka, sehingga orang-orang yang mengenal Libra tidak tahu diri Libra yang sebenarnya.

Libra, cobalah untuk lebih menjadi dirimu sendiri. Bersikaplah terbuka pada orang lain, perlihatkan sisi positif dan negatifmu, dan katakan isi hatimu yang sejujurnya. Dengan begitu, orang lain tak akan menganggapmu sebagai malaikat yang mampu menolong mereka 24/7.

Sebaliknya, mereka justru akan menganggapmu sebagai manusia yang punya batas saat memberikan pertolongan, sama seperti mereka.

Psst, tips kelima ini juga berguna bagimu untuk menambah lingkar pertemananmu, lho!

6. Belajar Melihat Segala Sesuatu dari Kacamata Positif

Seandainya kemungkinan paling buruk terjadi (dijauhi oleh teman karena kamu menolak membantu mereka), kamu harus tetap berpikir positif, Libra.

Anggaplah kejadian ini sebagai seleksi pertemanan berdasarkan kualitas. Intinya, walaupun jumlah temanmu berkurang, setidaknya kamu telah membuat dirimu sendiri dikelilingi oleh orang-orang yang baik.

Baca juga

Selain itu, setidaknya, kamu juga bisa mengalokasikan waktumu untuk hal yang lebih baik. Daripada membantu teman yang hanya memanfaatkan kebaikan hatimu, tentu akan jauh lebih baik bagimu untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang yang benar menyayangimu.

Nah, bagaimana? Sudah siapkah kamu untuk menata kebaikan hatimu?