Sudah Makan Sedikit Tapi Badan Tetap Gemuk? Ini Penyebabnya

Badan Tetap Gemuk Meski Makan Sedikit

Penyebab Tubuh Tetap Gemuk Meski Makan Sedikit

Mungkin anda berpikir bahwa anda makan dengan baik dan berolahraga secara teratur. Tapi, anda merasa tidak bisa kehilangan berat badan. Bahkan, anda melihat berat badan terus bertambah. Lalu, apa yang menjadi alasan akan mengapa anda mungkin bertambah berat badan ? yuk cari tahu.

1. Anda Perlu Bertanggungjawab Atas Apa Yang Anda Makan

Anda bisa mencatat semua yang anda minum dan makan. Saat ini banyak aplikasi dan situs web yang dapat membantu. Jika anda males untuk menginstall aplikasi atau melihat di web, anda juga bisa mencatatnya pada sebuah buku.

Dari yang anda catat, anda perlu mengoreksi makanan yang telah anda makan. Anda perlu memperhatikan titik titik masalah,seperti makan es krim pada larut malam, nyemil snack sepanjang hari ataupun masalah masalah lain. Proses ini akan membuat anda merasa lebih bertanggung jawab atas apa yang anda konsumsi setiap hari.

Anda mungkin berpikir anda ingin makan sehat tetapi menuliskan setiap gigitan es krim, makanan manis atau yang lain akan membuat anda sadar akan kalori ekstra yang Anda makan, sehingga dapat menggurangi konsumsi makanan tersebut.

2. Anda Tidak Mengikuti Diet Anda

Untuk menjalani diet jangan menekankan pola makan apa yang harus diikuti. Pastikan saja anda benar-benar mengikutinya. Sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA menemukan bahwa apapun rencana penurunan berat badan yang anda pilih benar-benar tidak penting. Yang lebih penting adalah anda mampu menaatinya.

Dari berbagai jenis diet, penelitian menemukan hampir semuanya menekankan untuk mengonsumsi buah buahan dan sayuran. Selain itu, ada juga yang menyarankan untuk meminum teh hijau terbaik dipagi hari. Fokus anda haruslah dapat memenuhi apa yang menjadi panutan anda, bukan terus berganti-ganti jenis diet.

3. Anda Tidak Minum Cukup Air

Minum air dapat membantu anda menjaga suhu tubuh, menawarkan energi dan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Jadi, jika Anda tidak minum cukup air, anda bisa makan terlalu banyak kalori dan itu bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca juga: 8 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Saat Perut Kosong

Selain itu, ketika anda mengalami dehidrasi, tubuh anda menghemat air untuk fungsi-fungsi vital pada tubuh anda. Untuk memantau berapa banyak air yang anda konsumsi, anda bisa menggunakan botol minum yang aman yang bisa digunakan kembali dengan design yang ada ukuran airnya seperti 500 ml, 1 liter ataupun ukuran lainnya.

4. Anda Makan Terlalu Banyak Makanan Sehat Tapi Tinggi Kalori

Ya, Anda mungkin mengunyah makanan bergizi seperti biji gandum dan kacang, tetapi anda harus memikirkan bahwa makanan sehat pun juga dapat membuat Anda bertambah gemuk jika Anda tidak memperhatikan ukuran porsinya. Tetaplah pada ukuran porsi yang disarankan untuk menghindari kenaikan berat badan.

5. Anda Tidak Memberi Tahu Siapa-pun

Jangan merahasiakan tujuan penurunan berat badan Anda. Malah, anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan diet anda dengan menyebarkan hal itu ke teman dan keluarga anda. Dengan memberi tahu teman dan keluarga, mereka juga bisa membantu anda dalam menjalani diet dan tidak menawarkan makanan makanan yang merusak diet kepada anda.

6. Anda Kurang Tidur

Anda mungkin berolahraga dan makan dengan benar, tetapi upaya akan terhambat jika anda begadang. Sejumlah penelitian menemukan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan indeks massa tubuh dan juga membuat lingkar pinggang yang lebih besar.

7. Tujuan Anda Diet Tidak Masuk Akal

Sasaran atau tujuan anda harus dapat dicapai secara spesifik, dan anda harus bisa menetapkan sasaran jangka pendek dan juga jangka panjang. Namun jangan membuat target yang kurang masuk akal seperti seminggu harus turun 20 KG sekaligus, ini bukan nya membuat anda turun berat badan, malah kemungkinan anda akan stres memikirkan bagaimana caranya anda bisa turun 20 KG.

Baca juga: Hal-Hal Penting Yang Harus Kamu Lakukan Pada Tahap Awal Diet

8. Dapur Anda Penuh Dengan Godaan

Anda perlu membersihkan semua godaan yang bersembunyi di dapur anda. Anda perlu memikirkan tentang makanan pemicu gagalnya diet anda. Anda bisa mengganti keripik dan biskuit dengan makanan sehat seperti sayuran, buah buahan , biji-bijian dan makanan rendah lemak lainnya.

Sudah Makan Sedikit Tapi Badan Tetap Gemuk? Ini Penyebabnya | Siopung | 4.5