11 Makanan Sehat Yang Membuat Anda Menjadi Panjang Umur

11 Makanan Sehat Yang Membuat Anda Menjadi Panjang Umur

Foto Makanan Sehat Via Pixabay.com

Anda tentu menginginkan hidup yang sehat dan layak sehingga anda dapat berumur panjang dan menemani keluarga anda kelak dalam suasana berbahagia. Berolahraga, Menjaga pola makan dan istirahat yang cukup tentu adalah rahasia utama dalam menjaga kesehatan tubuh baik luar maupun dalam. Lantas, bagaimana dengan gaya hidup anda sendiri? Apakah anda sudah melakukan ketiga hal tersebut dengan baik.

Jika belum, mungkin sebaiknya anda mulai memperbaiki dan merancang pola hidup sehat yang paling mudah yaitu, pola makan. Tidak hanya jadwalnya saja yang harus dipertimbangkan, tetapi makanan yang anda konsumsi tentu tidak kalah penting. Apalagi jika anda berniat untuk berumur panjang.

Berikut beberapa superfood yang memiliki khasiat yang sangat bermanfaat untuk gaya hidup sehat anda.

1. Sayur Brokoli, Anggur, dan Salad

Untuk posisi pertama, ada makanan sehat yang cocok untuk anda yang sedang diet. Menu Diet yang kaya buah-buahan dan sayuran, tinggi nutrisi dan rendah kalori, adalah taruhan terbaik untuk hidup yang panjang.
Spesifikasinya, makan lebih banyak brokoli, anggur, dan salad.

Baca Juga Buah dan Sayuran Penurun Kolestrol Dengan Cepat

Para peneliti telah menemukan dan sudah membuktikan bahwa senyawa dalam ketiga makanan tersebut sangat bermanfaat untuk memperpanjang hidup anda.

2. Berries

Buah yang satu ini, tentu sudah banyak menjadi buah ataupun menu favorit bagi setiap kalangan umur dengan ukuran yang hanya seukuran gigitan ini. Buah ini sendiri menandung antioksidan yang tinggi dan dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah penyakit yang mengancam jiwa.

Mereka akan membantu Anda untuk menuju usia lanjut juga. Sebuah studi pada tahun 2012 dari Harvard University menemukan bahwa setidaknya satu porsi blueberry atau setidaknya 6 porsi dalam sebulan, dapat mengurangi penurunan kognitif pada orang dewasa atau tua.

Jadi, masihkah anda berpikir untuk tidak mengkonsumsi buah – buahan yang khas dengan rasa asem manisnya ini?

3. Bawang Putih

Penelitian telah menemukan bahwa fitokimia dalam bawang putih dapat menghentikan pembentukan bahan kimia karsinogenik dalam tubuh, dan menunjukkan bahwa wanita yang makan lebih banyak bawang putih memiliki risiko lebih rendah kanker usus tertentu. Bawang putih juga sebagai penambah cita rasa dan member efek harum dalam racikan setiap bumbu masakan.

Jadi, jangan tanya untuk apa menggunakan bawang putih dalam masakan anda. Selain itu, bawang putih ini juga berkhasiat dalam pengobatan tradisional yang dibasuhkan ke kuli dengan campuran beberapa bahan lainnya.

4. Sayur Sawi / Bok choy

Studi menunjukkan bahwa sayuran seperti ini mengandung nutrisi, seperti serat, vitamin C, dan folat, yang dapat membantu Anda menipu kematian. Sebuah studi dari Vanderbilt University menemukan bahwa penderita kanker payudara di Shanghai yang makan kubis – kubisan khususnya lobak, kubis, dan sawi/bok choy lebih banyak dari porsi orang memiliki resiko lebih rendah kambuhnya kanker maupun penyebab kematian.

5. Tomat

Jangan sepelekan buah yang dijadikan sayur yang satu ini ya. Tomat ini kaya akan kandungan Lycopene yang merupakan nutrisi penting dalam melawan kanker yang merupakan penyebab utama kedua kematian di Amerika Serikat. Dan tidak ada sumber dari zat Lycopene yang lebih baik daripada tomat merah cerah.

Anda bisa mencampurkannya dalam bahan masakan anda, dibuat menjadi saus pasta, sup tomat, atau chutney, yang sebenarnya dapat meningkatkan jumlah karsinogen dalam tubuh, untuk melawan zat karotenoid.

6. Kacang Polong

Kacang-kacangan, baik untuk hidup Anda? Tentu! Dalam studi tahun 2004 yang dilakukan terhadap manula di Australia, Jepang, Swedia, dan Yunani, peneliti menemukan bahwa partisipan mengalami penurunan 7% hingga 8% dalam kematian mereka untuk pengkonsumsian setiap 20 gram kacang-kacangan yang mereka konsumsi sehari-hari.

Menurut sebuah studi dari Michigan State University, menu diet yang kaya kacang-kacangan dan polong-polongan ternyata dapat meningkatkan kadar butirat asam lemak, yang berfungsi untuk melindungi diri anda terhadap pertumbuhan kanker.

7. Biji – Bijian

Dengan mengkonsumsi biji – bijian seperti gandum dan jagung, maka anda akan mendapatkan lebih banyak serat khusus. Tentu tidak masalah jika anda beralih dari roti halus dan pasta ke konsumsi biji-bijian karena ternyata manfaatnya dapat mengurangi risiko kematian akibat penyebab apa pun sebanyak 22%, dan hal itu telah diteliti dalam sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine.

Para ahli mengatakan bahwa serat dapat melindungi tubuh anda terhadap penyakit diabetes, penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan obesitas. Bahkan hal – hal yang lebih detail sekalipun yaitu dapat mengurangi kolesterol, gula darah, dan tekanan darah.

8. Alkohol

Jangan salah paham dulu, beberapa studi telah menunjukkan bahwa alkohol dalam jumlah tidak lebih dari dua gelas sehari untuk pria dan satu gelas sehari untuk wanita, dapat memiliki manfaat kesehatan jantung, dan bahwa peminum yang seadanya cenderung hodup lebih lama daripada yang pecandu.

Sebuah studi yang dilakukan Harvard Medical School pada tahun 2012, juga menemukan bahwa minum Alkohol sekedarnya saja, dapat mengurangi risiko kematian pada pria dalam dua dekade setelah serangan jantung. Jadi anda bisa ambil sisi positifnya jika beberapa orang menyalahkan anda karena memiliki koleksi alcohol di rumah.

9. Lemon Tea/The Pureh

Lemon tea mengandung senyawa kekebalan untuk tubuh yang merupakan bagian penting dari hidup untuk usia lanjut, dan untuk itu Anda perlu banyak melawan penyakit dengan mengkonsumsi sumber antioksidan ini. Ahli gizi kesehatan Frances Largeman-Roth, RD, benar – benar yakin bahwa lemon tea mengandung lebih banyak antioksidan daripada teh hijau yang lebih terkenal tersebut.

Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan memasukkan sekantong teh pureh selama tiga sampai lima menit dan sajikan dengan lemon dan madu. Selain rasanya yang hangat, ditemanin dengan beberapa cemilan juga akan terasa lebih nikmat dan menyehatkan.

10. Kopi

Sebuah studi pada tahun 2008 yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard University menemukan bahwa, dibandingkan dengan non-peminum kopi, perempuan memiliki risiko 18% lebih rendah meninggal dunia jika mereka meminum 2 – 3 cangkir kopi sehari, dan 26% lebih rendah jika mereka minum 4-5 cangkir kopi sehari. Mereka yang minum enam atau lebih sehari mengalami penurunan resiko sebesar 17%.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 oleh National Institutes of Health dan AARP mendukung teori ini. Ketika peneliti mengontrol faktor-faktor seperti merokok, minum, dan makan daging merah, mereka menemukan bahwa peminum kopi baik pria dan wanita, cenderung hidup lebih lama.

Siapa sangka kopi memiliki manfaat seperti ini walaupun beberapa resiko terntentu bisa anda alami juga.

11. Cokelat

Senang Mengkonsumsi cokelat, ternyata dapat berdampak pada pertambahan satu tahun untuk hidup Anda. Pria yang makan cokelat dengan jumlah yang seadanya selama tiga kali dalam sebulan, akan hidup hampir satu tahun lebih lama daripada mereka yang tidak. Hal tersebut dibuktikan dalam studi Harvard UnIversity pada tahun 1999 terhadap lebih dari 8.000 orang.

Dan dalam sebuah studi pada tahun 2009 dari Karolinska Institute di Stockholm, pasien yang selamat dari serangan jantung , berjumlah 44% lebih kecil kemungkinannya untuk mati selama delapan tahun ke depan jika mereka mengkonsumsi cokelat seminggu sekali, dibandingkan tidak sama sekali. Namun, untuk cokelat yang berjenis permen tampaknya tidak memiliki efek pada umur panjang.

Baca Dulu 7 Daftar Makanan Sehat Yang Membuat Tubuh Tidak Mudah Sakit

Studi awal telah mengidentifikasi bagian yang paling menguntungkan dari coklat, antara lain adalah kandungan flavonol, antioksidan yang ditemukan dalam biji kakao. Maka dari itu, dengan mengolahnya menjadi cokelat, akan menambah manfaat dari makanan ini sendiri.

11 Makanan Sehat Yang Membuat Anda Menjadi Panjang Umur | Siopung | 4.5

Related Post

Batu Akik Pacitan Yang Populer Dikalangan Gemslove... Pacitan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur , dikenal oleh para gemslover sebagai salah satu daerah penghasil batu akik berkualitas di Indo...
Cara Membuka Rekening Atas Nama Perusahaan di Mand... Seiring perkembangan jaman , bisnis saat ini telah banyak dibantu dengan beragam fitur teknologi yang memudahkan semua pelaku didalamnya . Tidak terke...
Cara Menghilangkan Mata Panda Dengan Ramuan Tradis... Foto Perawatan Menghilangkan Kantung Mata Yang Hitam Via Lifehack.org Kantung mata hitam atau biasa disebut Eye Bags, merupakan masalah yang serin...
10 Arti Mimpi Cacing Menurut Psikolog Dan Pertanda... Mimpi cacing merupakan suatu pengalaman yang menjijikan yang terjadi dalam ilusi alam bawah sadar anda selama tidur . Menurut penelitian, pengalaman t...
Arti Mimpi Banjir Dan Pertandanya Bagi Kehidupan A... Mimpi banjir merupakan simbol dari emosi dan tekanan yang anda dapatkan dari lingkungan . Mereka yang mendapati kondisi tertekan dalam pekerjaan , hub...
10 Perbedaan Unik Cara Berpikir Orang Kreatif Dan ... Berfikir Kreatif adalah sebuah mental dan tindakan yang memberikan gagasan orisinil dan mampu untuk memberikan sesuatu yang berbeda . Menurut peneliti...
Hal Yang Membatalkan Puasa: Memotong Rambut dan Ku... Puasa di bulan ramadhan merupakan wujud ketaatan kita sebagai seorang muslim dalam menjalankan perintah Allah SWT . Puasa memiliki aturan-aturan yang ...
10 Cara Perawatan Kulit Untuk Bagian Tubuh Sensiti... Gambar Kulit Sehat Via Pixabay.com Apakah Anda pernah merasa malu karena warna kulit anda kering saat bertemu dengan orang-orang penting? Sebagian...
6 Cara Melatih Otak Yang Tampak Aneh Tapi Membuat ... Gambar Ilustrasi Orang Cerdas Via Pixabay.com Pernahkah kamu bertanya-tanya kemudian berpikir mengapa beberapa orang dapat dengan mudah mendapatka...
7 Hal Yang Menyebabkan Kamu Terbangun Tengah Malam... Gambar Ilustrasi Terbangun Tenah Malam Via Pixabay.com Tentu sangat mengganggu apabila anda sering mendapatkan masalah terbangun tengah malam. Sit...