12 Alasan Ilmiah Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

12 Alasan Ilmiah Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

Manfaat Yang Terkandung Didalam Kopi Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh Manusia Via Google.co.id

Kopi adalah salah satu produk dengan konsumsi terbesar. Ada begitu banyak penelitian yang menunjukkan bahawa setidaknya ada begitu banyak alasan ilmiah mengapa Anda harus minum kopi setiap hari. Jadi bersyukurlah ketika Anda sudah kecanduan kopi, dan pastikan untuk tidak menggunakan gula atau krim pada kopi yang Anda konsumsi karena penggunaan krim dan gula terlalu banyak akan memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh Anda.

Berikut ini beberapa manfaat minum kopi setiap hari menurut penelitian dan riset ilmiah yang kami kutip dari situs lifehack .

1. Membuat Organ Hati Anda Sehat

Tidak seperti minum alkohol yang akan berbahaya apabila dikonsumsi setiap hari, konsumsi kopi hitam benar-benar akan meningkatkan funsgi organ hati Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum empat atau lebih cangkir kopi hitam dalam sehari memiliki tingkat resiko terkena sirosis hati lebih rendah sebanyak 80%. Orang yang minum kopi dalam jumlah yang sama dalam sehari juga memiliki resiko terkena kanker hati lebih rendah sebanyak 40% daripada orang yang tidak mengkonsumsi kopi hitam.

2. Konsumsi Kopi Akan Membuat Anda Lebih Pintar

Kafein adalah stimulan psikoaktif. Ketika Anda minum kopi, kafein akan mengalir ke dalam sistem pencernaan Anda, kemudian akan mengalir ke dalam aliran darah Anda dan akhirnya akan mengalir ke otak Anda (proses ini memerlukan waktu sekitar 30-45 menit). Ketika kopi masih masuk ke dalam otak Anda, otak Anda akan melakukan blok pada salah satu neurotransmitter inhibisi Anda, yaitu Adenosine. Hal ini menyebabkan peningkatan neurotransmiter lain (norepinefrin dan dopamin), yang menyebabkan neuron di otak Anda untuk untuk bekerja lebih cepat.

Semua bahan yang masuk ke dalam neuron Anda akan berfungsi untuk meningkatkan mood, energi, memori, waktu respon, dan umum fungsi kognitif Anda.

3. Meningkatkan Metabolisme Anda Sebesar 11%

Ingin menurunkan sedikit berat badan? Meminum kopi hitam merupakan salah satu solusi sederhana yang dapat Anda pilih untuk menurunkan berat badan Anda. Kopi mengandung kafein dan beberapa zat lainnya yang dapat membantu untuk melakukan proses pembakaran lemak. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat senyawa kafein pada hampir setiap lemak terbakar atau penurunan berat badan dengan menggunakan suplemen diet.

Akan tetapi perlu diingat bahwa bukan berarti dengan mengkonsumsi kopi setiap hari Anda tidak perlu melakukan kegiatan olahraga, Anda tetap harus melakukan keduanya. Kegiatan ini akan membantu Anda agar tetap sehat dan berenergi sepanjang hari.

4. Kopi Mengandung Nutrisi Penting Bagi Tubuh

Kandungan nutrisi yang paling tinggi yang terdapat dalam kopi adalah kandungan antioksidan. Kopi juga memiliki beberapa nutrisi penting termasuk: Vitamin B2, B3, dan B5, Mangan, Magnesium, dan Kalium. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh manusia menyerap antioksidan lebih baik dari kopi daripada yang dari sumber antioksidan lainnya seperti buah-buahan dan sayuran.

5. Kopi Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Harap dicatat bahwa manfaat ini tidak akan dapat diterima oleh tubuh Anda, apabila Anda meminum kopi yang dicampur dengan krim dan gula. Justru apabila Anda meminum kopi dengan campuran krim dan gula akan membuat Anda menjadi berisiko terkena diabetes. Tetapi jika Anda minum kopi hitam, penelitian menunjukkan rata-rata penurunan 7% risiko untuk diabetes untuk setiap cangkir kopi dalam sehari.

Jadi jika Anda minum, katakanlah, dua cangkir kopi di pagi hari. Maka Anda akan memiliki risiko 28% lebih rendah untuk terkena diabetes 2, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

6. Kopi Menurunkan Resiko Parkinson

Penyakit parkinson dikaitkan dengan penurunan dopamin. Dan karena kafein meningkatkan kadar dopamin di otak, minum kopi hitam akan mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit Parkinson. Orang yang mengkonsumsi kopi hitam telah terbukti memiliki resiko terkena Parkinson lebih rendah sebanyak 32-60% daripada mereka yang tidak mengkonsumsi kopi hitam.

7. Melawan Depresi Dan Membuat Anda Lebih Bahagia

Ingat, kafein yang terdapat di dalam kopi dapat meningkatkan dopamin di otak. Dopamin umumnya dikenal sebagai “kesenangan kimia,” sehingga masuk akal bahwa mengkonsumsi apa saja untuk meningkatkan dopamine akan membuat Anda lebih bahagia dan membuat tekanan Anda berkurang. Orang yang minum empat atau lebih cangkir kopi hitam sehari, memiliki kesempatan 20% lebih rendah mengalami depresi, dan lebih dari 50% lebih kecil kemungkinan untuk bunuh diri.

8. Kopi Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Apabila pada subbab diatas sudah dibahas tentang manfaat kopi hitam terhadap kesehatan hati Anda, kopi juga baik untuk mengurangi kemungkinan terkena resiko kanker kolorektal. Orang yang minum 4-5 cangkir kopi hitam sehari memiliki risiko 15% lebih rendah dari kanker kolorektal, dan risiko 40% lebih rendah dari kanker hati. Kanker hati dan kolorektal adalah penyebab kematian untuk 3 dan 4 penderita kanker di dunia.

Kopi hitam juga dapat mengurangi risiko untuk kanker kulit, terutama pada wanita sekitar 20%.

9. Kopi Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

Mereka yang minum kopi secara teratur memiliki risiko 20% lebih sedikit untuk stroke, dan umumnya memiliki tingkat yang lebih rendah resiko terkena penyakit jantung. Kafein dapat meningkatkan denyut jantung Anda dan kopi sebenarnya baik untuk kesehatan jantung. Minum beberapa cangkir kopi sehari memiliki efek yang sama dengan olahraga di pagi hari, yang dapat menjaga jantung Anda tetap sehat.

Akan tetapi, jangan jadikan ini menjadi alasan untuk tidak berolahraga, meskipun dengan mengkonsumsi kopi sudah memberikan manfaat yang baik bagi tubuh Anda.

10. Membersihkan Sistem Ekskresi Tubuh

Kopi adalah diuretik. Ini berarti minum kopi akan membuat Anda urinate lebih sering daripada jika Anda tidak minum kopi. Hal ini sangat baik untuk membersihkan sistem ekskresi dalam tubuh Anda. Tubuh manusia mengeluarkan bakteri berbahaya dan virus melalui sistem ekskresi dalam tubuh, dan dengan meminum kopi dapat meningkatkan proses alami ini.

11. Membuat Anda Menjadi Tenang

Kopi dapat membuat Anda menjadi lebih tenang. Bahkan hanya dengan aroma kopi dapat membuat Anda merasa lebih tenang. Aroma yang dikeluarkan oleh kopi dapat mengubah komposisi protein di otak yang berhubungan dengan stres, khususnya stres akibat kurang tidur.

12. Mengurangi Resiko Terkena Demensia dan Alzheimer

Kadar kafein yang terkandung dalam kopi hitam umumnya meningkatkan memori yang merangsang neurotransmitter otak. Dengan terus meningkatkan memori otak Anda, dengan begitu resiko terkena demensia dan Alzheimer akan menjadi rendah. Penikmat kopi biasanya telah benar-benar terbukti memilikirisiko 65% lebih rendah terkena penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia.

Jangan Lewatkan 2 Manfaat Minum Kopi Setiap Hari Untuk Kesehatan Otak

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia . Namun, pastikan bahwa kamu makan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya . Zat asam yang sangat tinggi pada kopi, sangat tidak baik untuk kondisi perut dalam keadaan kosong .

12 Alasan Ilmiah Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita | Siopung | 4.5

Related Post

9 Manfaat Bagi Kesehatan Dengan Makan 3 Buah Pisan... Gambar Buah Pisang Via Pixabay Penelitian mengatakan bahwa pisang memiliki banyak sekali manfaat. Pisang adalah buah yang sangat serbaguna dan san...
Arti dan Makna Mimpi Digigit Harimau Lengkap Mimpi Digigit Harimau - Harimau adalah simbol intimidasi , ketakutan , kejantanan , ketenangan , dan terkait erat dengan kecemasan . Melihat harimau d...
6 Penyebab Badan Terasa Sakit Semua Setelah Bangun... Foto Tubuh Manusia Dalam Keadaan Prima Via Pixabay.com Untuk menjalani aktifitasmu setiap hari agar lebih produktif, maka kamu membutuhkan kondisi...
Arti Mimpi Melihat Bulan Menurut Primbon Dan Psiko... Mimpi melihat bulan merupakan simbol kreatifitas, kebahagiaan, ketenangan, dan cita-cita . Sering kali, benda-benda langit memberi simbol tentang kesu...
Batu Akik Puser Bumi Sejarah Harga dan Khasiatnya Batu akik puser bumi adalah jenis batuan Sub-Chalcedony Agate yang memiliki keunikan dari segi corak dan warnanya . Disebut puser bumi karena memiliki...
Macam-macam Batuan Fosil Yang Dijadikan Sebagai Ba... Batu fosil adalah batuan yang terbentuk dari sebuah proses yang begitu panjang , saat sisa dari tanaman atau hewan mengendap atau tertutup oleh lapisa...
Benarkah Pil Vitamin Bermanfaat Atau Justru Berbah... Gambar Berbagai Macam Suplemen Vitamin Via Google.co.id Apakah kamu sedang mencoba untuk mulai mengkonsumsi lebih banyak suplemen vitamin? Kamu mu...
Pertanyaan Umum dan Jawaban Seputar 4G Lengkap 4G adalah salah satu teknologi standar keempat dari jaringan telepon seluler yang menggunakan jaringan pita lebar ultra, yang mampu memberikan kecepat...
Arti Mimpi Naik Mobil Menurut Para Ahli Tafsir Len... Mimpi naik mobil dan kendaraan lainnya merupakan simbol dari rencana dan tujuan anda . Hal ini berkaitan dengan mimpi , cita-cita , dan kegiatan yang ...
Arti Mimpi Suami Selingkuh Dan Pertandanya Bagi Ke... Mimpi suami selingkuh adalah pengalaman tidur yang sangat menakutkan dialami oleh banyak para istri di dunia . Apakah hal ini merupakan pertanda buruk...