10 Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak Dan Manfaatnya

10 Cara Menumbuhkan Minat Membaca Bagi Anak-Anak Dan Manfaatnya

Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak-Anak Adalah Hal Yang Positif

Membaca untuk anak-anak sangat baik dibiasakan sejak usia dini. Mulai dari pra-sekolah hingga saat anak telah duduk dibangku sekolah.

Membaca tidak hanya menjadi hobi yang menyenangkan, tapi bagi anak-anak hal ini merupakan metode terbaik bagi mereka mengenal tentang tempat, ide, serta kreatifitas tanpa batas.

Anak yang hobi membaca memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak mungkin dimiliki oleh anak lain. Selain memiliki wawasan yang luas, mereka cenderung sangat pandai dalam berbicara dan memiliki kosakata yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak membaca.

Selain itu, para pengusaha dan akademisi yang sukses cenderung memiliki hobi yang sama yaitu membaca. Dengan meniru kebiasaan mereka, kita membentuk anak untuk menjadi pribadi yang sukses di masa depannya.

Apa Tujuan dan Manfaat Membaca Bagi Anak-Anak?

1. Mengembangkan Skill Berbicara Dan Memperkaya Kosakata

Sebelum membiasakan anak anda berbicara sendiri, sangat penting membangun hubungan komunikasi orang tua dengan anak. Berinteraksi secara langsung dengan membahas berbagai macam buku yang menarik, akan menumbuhkan sedikit demi sedikit minat anak untuk membaca. Tidak boleh ada paksaan disana.

Seiring berjalannya waktu dan usia anak anda, kebiasaan membaca yang sudah ditanamkan akan memperlihatkan hasilnya. Umumnya, anak yang tidak membaca akan mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri atau memaparkan sebuah cerita kepada orang tua. Hal ini dikarenakan keterbatasan pada kosakata yang dimiliki dan cenderung tidak pernah bertambah.

Selain itu, pemahaman anak dalam membaca akan meningkat seiring banyaknya buku yang telah dibaca. Hal ini juga akan mempengaruhi bagaimana mereka berkomunikasi dengan orang lain dan juga bagaimana mereka menulis atau memaparkan sesuatu. Kualitas bacaan menentukan seberapa kaya kosakata dan komunikasi mereka.

2. Menumbuhkan Minat Belajar dan Rasa Ingin Tahu

Manfaat Membaca Bagi Anak-Anak

Membaca memberikan segudang manfaat tidak hanya pengetahuan saja

Berdasarkan penelitian, cara termudah untuk membuat seorang anak mau belajar dengan giat adalah menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi. Membuat anak penasaran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan sesuatu di lingkungannya, menciptakan niat yang kuat untuk belajar sesuatu.

Dengan membaca, anak akan melihat berbagai kasus yang mungkin diminatinya atau membuatnya penasaran. Dengan membaca buku yang memiliki topik berbeda-beda, membuat anak mendapatkan berbagai macam kasus, ide, atau cakrawala yang baru terhadap dunia. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan minatnya terhadap suatu ilmu.

Dengan menumbuhkan minatnya terhadap suatu ilmu, sebagai orang tua maka anda tidak akan mengalami kesulitan lagi untuk menciptakan minat belajar terhadap dirinya.

Baca juga: 5 Cara Kreatif Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah

3. Meningkatkan Rasa Empati Terhadap Lingkungan

Seorang anak yang memiliki wawasan yang sempit tentang dunia dan lingkungannya cenderung sangat buruk dalam bersosial. Wawasan dan pengalaman tersebut terbentuk seiring mereka tumbuh menjadi pribadi yang dewasa.

Dengan membaca buku biograpi seseorang, seorang anak akan memiliki pengetahuan tentang berbagai jenis orang dan pengalamannya. Hal ini membuka sudut pandang seorang anak dalam melihat sesuatu yang mungkin selama ini biasa bagi dirinya. Dan dengan membaca kisah hidup orang lain, kita menumbuhkan sikap merasakan apa yang dirasakan orang lain.

Hal ini tentunya dapat membentuk sikap yang positif terhadap kepribadiannya seiring waktu dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa.

4. Membaca Adalah Hiburan Terbaik Bagi Anak-Anak

Lupakan sejenak televisi atau melihat video di internet, faktanya membaca adalah cara terbaik bagi anak-abak untuk mengisi waktu kosongnya. Membelikannya buku baru setiap minggunya tentu saja menumbuhkan minat yang kuat untuk membaca.

Ada banyak orang tua yang masih sulit menemukan tempat wisata bagi anak-anak. Namun, dengan membaca buku-buku fantasi, anak anda akan diajak berimajinasi ke sebuah tempat dimana hal ini sangat baik dalam menghiburnya.

Membaca buku-buku fantasi tidak hanya meningkatkan bagaimana cara ia berimajinasi, tetapi juga mampu untuk meningkatkan kreatifitasnya dalam kehidupan sehari-hari.

5. Membaca Bersama Adalah Metode Terbaik Membangun Fondasi Hubungan Dengan Anak

Tentu tidak baik membiarkan anak sendirian membaca buku-buku yang ia sukai. Sesekali, kamu bisa mengajaknya berbicara dan berbagi pandangan dan pengalaman tentang topik dari buku yang sedang ia baca. Dengan melakukan hal tersebut, sebagai orang tua kamu membangun hubungan yang lebih kuat dengan anak.

Selain itu, kamu juga akan mengetahui seberapa jauh perkembangan pengetahuannya dan juga bagaimana ia berkomunikasi dan menggunakan memori kosakata nya dalam membentuk sebuah kalimat.

Dengan membahas topik-topik yang berada di luar rumah, kamu membuat anak menjadi tidak canggung untuk berbicara lebih personal dengan anak.

Baca juga: 5 Cara Membuat Anak Aktif Berbicara Dan Bertingkah Lucu Kepada Semua Orang

6. Membaca Dapat Melatih Otak

Bermain catur, menyelesaikan puzzle, menjawab soal-soal matematika adalah cara terbaik bagaimana kamu dapat melatih cara kerja pada otak anak anda. Namun membaca, adalah aktifitas yang sama sekali tidak menjenuhkan dan membuat anak anda depresi. Memberikan bacaan-bacaan yang ringan sebenarnya juga mampu mengasah kemampuan otak.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan asupan nutrisi yang baik bagi otak anak anda. Seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan adalah makanan yang baik untuk memberikan vitamin bagi otak.

7. Meningkatkan Konsenstrasi Pada Anak

Membaca btentu saja membutuhkan fokus dan konsenstrasi yang tinggi. Hal ini sangat penting dimiliki anak untuk mengatasi dirinya terlalu aktif atau tidak bisa diam dalam berbagai situasi. Dengan membiasakan anak membaca, kamu melatihnya untuk dapat konsentrasi atau menenangkan pikiran dan tubuh fokus pada satu hal.

Dengan melatih bagaimana mereka membentuk konsentrasi, anak akan mudah dalam menangkap atau memahami sesuatu di lingkungannya.

Hal inilah yang sulit dilakuka oleh anak-anak yang tidak suka membaca. Mereka cenderung sangat sulit memahami pelajaran dan menangkap informasi yang diberikan oleh lingkungannya.

8. Membentuk Anak Agar Sukses Di Sekolah dan Di Kehidupannya

Berbagai penelitian telah menujukkan bahwa anak yang gemar membaca buku lebih sukses di sekolah ataupun di kehidupannya kedepan setelah selesai dari pendidikan. Manfaat membaca tidak hanya sebatas pada kemampuan akademik. Tetapi juga sangat positif bagi mereka saat bersosial dengan orang lain.

Membaca adalah investasi jangka panjang dimana hal ini dapat diperlukan dalam berbagai hal di kehidupan.

Saat anak anda menjadi seorang karyawa, ia akan menjadi karyawan yang baik. Saat anak anda menjadi seorang pengusaha, maka ia akan menjadi pengusaha yang sukses dengan segala wawasan yang dimilikinya.

Baca juga: 7 Situs Yang Bisa Kamu Manfaatkan Untuk Belajar Desain Web

9. Meningkatkan Kreatifitas Dan Kemampuan Berimajinasi

Ketika membaca, seseorang akan mengisi otaknya dengan imajinasi yang sesuai dengan apa yang ia baca. Hal ini tentu saja menambah kekayaan alam bawah sadarnya terhadap berbagai macam hal. Kemampuan berimajinasi yang kaya, akan membentuk kreatifitas dalam menciptakan sesuatu yang baru.

Membaca buku memungkinkan anak-anak anda untuk membayangkan pengalaman dan skenario baru yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, mereka akan membawa pengalaman yang didapat dari buku kedalam sebuah ide saat bermain dan membentuk cara berpikir yang bisa menemukan ide-ide yang baru dalam kehidupan.

Bagaimana Cara Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Kecil ?

Cara Memulai Kebiasaan Membaca Pada Anak

Memulai Kebiasaan Membaca Pada Anak

Di indonesia, aktifitas membaca bukanlah suatu hobi yang populer. Hal ini sangat penting untuk melihat lingkungan bermainnya dan mengawasi agar minat membaca tidak hilang dikarenakan lingkungannya. Lalu, bagaimana cara menumbuhkan minat membaca pada anak-anak ?

1. Jadikan Membaca Sebuah Pilihannya Bukan Dipaksakan

Memaksakan anak untuk membaca buku adalah cara terburuk bagi orang tua dalam menumbuhkan minat atau kecintaan terhadap buku. Menyuruh anak membaca buku boleh-boleh saja, tetapi keputusan kapan buku itu dibaca dan berapa lama ia membacanya adalah keputusan anak itu sendiri.

Jangan pernah memaksakan apalagi memarahi anak anda karena tidak membaca buku. Hal ini dapat merebut kesenangan dari membaca.

Cara terbaik yang bisa kamu mulai sebagai orang tua untuk menumbuhkan minat tersebut adalah dengan membacakan buku terhadapnya. Buatlah anak anda tidak lelah dalam membaca, tapi bentuklah supaya ia mau mendengarkan terlebih dahulu. Membacakan buku saat ia ingin tidur adalah aktifitas yang sudah populer di amerika dan eropa.

2. Tumbuhkan Ketertarikan Dengan Memperlihatkan Berbagai Jenis Buku

Minat membaca setiap anak berbeda-beda tergantung genre atau jenis buku apa yang ditawarkan kepadanya. Tidak ada orang yang tidak suka membaca jika buku yang ia baca memiliki daya tarik yang kuat bagi dirinya. Mulailah dengan memberikan buku komik superman atau tokoh-tokoh hero favoritnya.

Menumbuhkan minat membaca pada anak kecil, haruslah dimulai dengan memberikan buku-buku bergenre fantasi, misteri, atau berkaitan dengan fiksi ilmiah. Selain itu, perhatikan juga minat yang kuat dari anak anda. Jika ia suka berpetualang, maka berikan ia buku-buku petualangan, cerita fantasi sebuah kerajaan.

Kamu juga dapat membawanya berjalan-jalan ke toko buku untuk melihat ketertarikannya. Jika ia tertarik untuk membaca sebuah buku, maka anak anda akan menunjukkannya.

3. Jadilah Contoh Terbaik Yang Gemar Membaca Buku

Orang tua adalah sosok yang paling ditiru oleh anak dirumah. Mereka cenderung mengamati dengan baik bagaimana aktifitas orang tua mereka setiap hari. Hal ini tentu saja menanamkan kebiasaan di otak mereka.

Jika anak anda tidak suka membaca buku, mungkin saja dikarenakan anda juga tidak memiliki gemar membaca. Oleh sebab itu sangat penting menunjukkan hobi membaca kepada anak anda.

Ketika Anda memodelkan kecintaan Anda sendiri terhadap membaca dan buku dan menunjukkan kepada mereka dengan sukacita, maka mereka akan merasakan kecintaan yang sama terhadap buku.

4. Cobalah Buat Waktu Membaca Buku Bersama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, membaca bersama dengan anak adalah salah satu cara paling efektif dalam menumbuhkan minat tersebut. Mungkin anak anda memiliki jadwal yang padat untuk mengikuti sekolah, les, dan aktifitas bermain lainnya yang mungkin sangat melelahkan.

Disini pentingnya bagi kamu membiasakan menyelipkan waktu membaca bersama dengan anak anda. Cobalah untuk mencuri waktu 30 menit sebelum ia tidur atau saat keluarga sedang berkumpul.

5. Carilah Buku Yang Terhubunga Langsung Dengan Kehidupan

Menemukan koneksi kehidupan di dunia nyata dengan buku-buku yang dibaca oleh anak anda, akan menumbuhkan kebahagiaan dan minat yang kuat di diri mereka.

Jika anak anda baru saja membaca buku tentang ikan, cobalah untuk mengajaknya ke laut atau ke kolam perternakan ikan yang dekat dari lingkunganmu. Hal ini tentu saja dapat menumbuhkan kebahagiaan yang besar baginya.

Baca juga: 5 Situs Bahasa Indonesia Yang Membantumu Mengerjakan PR

Untuk wisata yang lebih berkesan, lakukan perjalanan keluarga ke luar negeri seperti ke London jika anak anda selesai membaca seri Harry Potter.

10 Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak Dan Manfaatnya | Siopung | 4.5