11 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Foto Teh Hijau Via Pixabay.com

Apakah Anda sering mengkonsumsi teh hijau dalam sebagai salah satu menu favorit Anda sehari-hari? Apa alasan Anda mengkonsumsi teh hijau? Jika Anda seorang pencinta teh, konsumsi teh hijau dalam menu makanan Anda mungkin bukan merupakan ide yang buruk.

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Teh hijau telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun yang berasal dari Cina, tetapi teh hijau juga banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh Asia. Minuman ini memiliki banyak kegunaan seperti menurunkan tekanan darah dan dapat mencegah kanker.

Alasan mengapa teh hijau memiliki lebih banyak manfaat kesehatan daripada teh hitam adalah karena pengolahan teh hitam biasanya diproses dengan melalui proses fermentasi sedangkan pengolahan teh hijau tidak menggunakan proses fermentasi dalam proses pembuatannya. Oleh karena itu, teh hijau memiliki jumlah antioksidan dan poli-fenol yang tinggi.

Berikut adalah beberapa manfaat yang menakjubkan,yang Anda mungkin belum sadari:

1. Berat Badan

Teh hijau meningkatkan metabolism pada tubuh Anda. Polifenol yang terdapat di dalam teh hijau akan bekerja untuk mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan dapat mempercepat proses pengolahan makanan yang Anda konsumsi yang akan langsung secara cepat berubah menjadi kalori.

2. Diabetes

Teh hijau ternyata membantu mengatur kadar glukosa dalam tubuh dan dapat memperlambat kenaikan gula darah setelah Anda makan. Hal ini dapat mencegah lonjakan insulin yang tinggi dan mengakibatkan penyimpanan lemak.

3. Penyakit Jantung

Para peneliti melakukan penelitian terkait kinerja teh hijau pada lapisan pembuluh darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu menjaga dan menahan perubahan tekanan darah agar tekanan darah tetap berada pada kondisi normal. Teh hijau juga dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah, yang merupakan penyebab utama serangan jantung.

4. Kanker Esofagus

Teh hijau juga dapat digunakan untuk mengurangi risiko terserang kanker. Menurut penelitian teh hijau dapat membunuh sel kanker secara umum tanpa merusak jaringan sehat yang berada di sekitarnya.

5. Kolesterol

Manfaat teh hijau lainnya adalah mampu menurunkan kolekstrol jahat yang ada didalam tubuh dan mengganti kolestrol jahat menjadi baik . Di Jepang, diet menggunakan teh hijau telah banyak diterapkan oleh para penderita diabetes . Faktanya, diet menggunakan teh hijau sangat ampuh untuk menurunkan berat badan.

6. Alzheimer dan Parkinson

Teh hijau dapat mencegah tubuh terjangkit Alzheimer dan Parkinson. Penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa teh hijau dapat melindungi sel-sel otak dari kematian dan dapat memperbaiki sel-sel otak yang rusak.

7. Kerusakan Gigi

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan kimia “catechin” dalam teh dapat menghancurkan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi tenggorokan, karies gigi dan kondisi gigi lainnya.

8. Tekanan Darah

Konsumsi rutin teh hijau diduga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

9. Depresi

Theanine adalah asam amino alami yang ditemukan dalam daun teh. Theaine terbukti mampu memberikan efek relaksasi dan menenangkan . Setelah satu hari bekerja dengan keras, tidak ada salahnya untuk kamu menghabiskan waktu istrirahat dengan segelas teh hijau .

10. Anti-virus dan Anti-bakteri.

Katekin yang terkandung di teh dapat memperkuat antibakteri dan antivirus yang dapat mengobati beberapa penyakit seperti flu hingga kanker. Dalam beberapa penelitian teh hijau juga telah terbukti menghambat penyebaran berbagai penyakit.

11. Perawatan Kulit

Teh hijau dapat juga dapat membantu mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan. Hal ini karena antioksidan dan aktivitas anti-inflamasi yang terdapat pada teh hijau.

Berapa Banyak Teh Hijau Yang Sebaiknya Kita Konsumsi?

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari teh hijau yang Anda konsumsi, disarankan untuk mengkomsi teh hijau paling tidak sekitar dua cangkir teh per hari. Pada dasarnya tidak ada aturan khusus mengenai berapa banyak teh hijau yang harus Anda konsumsi dalam sehari. Semuanya tergantung pada kebutuhan dan kondisi tubuh Anda. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat kadar kafein dalam teh hijau, jadi jika Anda sensitif terhadap kafein maka satu cangkir teh hijau juga sudah cukup.

Baca Juga 7 Daftar Makanan Sehat Yang Membuat Tubuh Tidak Mudah Sakit

Teh hijau juga mengandung tanin (yang dapat mengurangi penyerapan zat besi dan asam folat), jadi jika Anda sedang hamil atau mencoba untuk hamil maka teh hijau mungkin tidak ideal untuk Anda. Saran lainnya yang bisa anda coba adalah dengan mencampurkan teh hijau dengan bahan-bahan sehat lainnya seperti jahe .

11 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan | Siopung | 4.5

Related Post

Batu Kecubung Es: Jenis Mineral Kuarsa Paling Dica... Batu kecubung es adalah jenis mineral kuarsa (Quartz) dengan tingkat kekerasan mencapai 7 Skala Mohs , merupakan salah satu jenis yang paling dicari a...
Apakah Power Bank Dapat Merusak Smartphone atau Hp... Power Bank adalah alat pengisian baterai secara portable yang banyak digunakan oleh para pengguna mengingat akan kebutuhan penggunaan bagi daya listri...
Cara Membuat Ramuan Daun Sirih Untuk Menghilangkan... Gambar Daun Sirih Via Google.co.id Daun sirih adalah salah satu tanaman khas indonesia yang memiliki segudang khasiat atau manfaat bagi kesehatan ...
10 Arti Mimpi Cacing Menurut Psikolog Dan Pertanda... Mimpi cacing merupakan suatu pengalaman yang menjijikan yang terjadi dalam ilusi alam bawah sadar anda selama tidur . Menurut penelitian, pengalaman t...
Ini Alasan Kenapa Stres Penyebab Utama Seseorang K... Gambar Orang Gemuk Via Pixabay Anda berusaha memberikan penampilan terbaik namun anda ternganggu dengan berat badan anda yang berlebihan? Atau mun...
Cempaka Merah Aceh Harga Khasiat dan Perawatan Cempaka Merah Aceh adalah jenis Chalcedony dan sebagian jenisnya ditemukan memiliki kandungan Carnelian , walaupun tidak semuanya ( Berdasarkan Uji La...
Cara Membuat Batu Akik Cepat Tua Dengan Air Kelapa Batu akik disebut tua oleh para gemslover apabila sudah dalam bentuk kristal sempurna dan memiliki teksutur yang kuat . Bentuk kristal dari batu akik ...
10 Perbedaan Unik Cara Berpikir Orang Kreatif Dan ... Berfikir Kreatif adalah sebuah mental dan tindakan yang memberikan gagasan orisinil dan mampu untuk memberikan sesuatu yang berbeda . Menurut peneliti...
Arti Dan Makna Mimpi Naik Pesawat Menurut Ahli Taf... Mimpi pesawat adalah simbol dari sebuah kondisi finansial , harapan , dan cita-cita . Hal ini bukanlah mengacu pada bentuk pesawat dan jenisnya , namu...
Batu Akik Pandan Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat Batu akik pandan adalah jenis Chalcedony dengan ciri-ciri tertentu . Jenis ini bisa dilihat melalui struktur warna , serat , serta inklusi-nya. Batu p...