3 Hal Yang Wajib Diperhatikan Untuk Mendapatkan Mandi Yang Sehat

3 Hal Yang Wajib Diperhatikan Untuk Mendapatkan Mandi Yang Sehat

Gambar Aktifitas Mandi Via Pixabay.com

Mandi merupakan salah satu kebutuhan manusia. dengan mandi bisa membersihkan badan dari kotoran yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, contoh sederhana penyakit kulit seperti gatal-gatal. sederhanakan? tapi tau ga kalau beberapa dari cara mandi kita salah bahkan bisa pula menurunkan kualitas kesehatan tubuh kita.

Baca Dulu Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Menurunkan Berat Badan Dan Depresi

Mandi memang dapat menghindarkan tubuh dari penyakit, tetapi mandi juga bisa membuat tubuh kita menjadi terasa aneh. seperti gata;-gatal, kulit kering dan rambut menjadi kusam dan kering. masalah ini timbul mungkin karena cara kita mandi salah, seperti penggunaan sampo dan sabun.

ini 3 tips mandi agar tubuh tetap segar dan mendapatkan mandi yang sehat setiap hari .

1. Mandi Terlalu Lama

Mandi terlalu lama juga tidak baik, memang kita dianjurkan untuk mandi 2-3 kali sehari, tapi dengan mandi terlalu lama dapat menimbulkan beberapa problem. Yang pertama, kulit menjadi kering setelah mandi, kenapa? karena pada kulit kita terdapat minyak alami yang diproduksi kulit kita agar kelembapannya tetap terjaga. Tetapi dengan mandi terlalu lama, minyak alami yang terdapat pada kulit bisa terus berkurang dan dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering.

Yang kedua, menyita waktu kedalam kegiatan yang tidak baik dikamar mandi. Seperti bernyanyi didalam kamar mandi. Bernyanyi dikamar mandi dapat menyebabkan sakit pada perut, kenapa? karena bakteri yang ada pada air dan gayung masuk kedalam tubuh kita melalui mulut.

2. Penggunaan Sampoo Dan Sabun

Mandi terasa tidaklah lengkap tanpa sampo dan sabun. kedua benda itu berguna sebagai penghilang bakteri dan debu pada saat kita mandi dan juga membuat badan dan rambut kita menjadi harum. tapi, penggunaan abun dan sampo secara berlebihan tidaklah baik saat mandi.

Penggunaan sampo yang berlebihan dapat membuat rambut menajadi kering dan kulit kepala menjadi kering. apalagi sampo yang tidak cocok untuk tipe kulit dan rambut kepala kita. sedangkan pemakaian sabun yang berlebihan dapat membuat kulit kita menjadi kering.

Pernahkah setelah mandi anda mengoreskan kuku atau menggaruk kulit anda dan setelah itu kulit anda terlihat garis putih? itu salah satu penyebabnya adalah penggunaan sabun yang berlebihan. pilih lah sabun sesuai pH kulit kita dan pakailah sabun dengan seperlunya.

3. Penggunaan Handuk

penggunaan handuk setelah mandi sangat penting untuk mengeringkan badan. tetapi tau ga pemakaian handuk juga dapat membuat masalah pada kulit anda? selain membuat kulit kering, pemakain handuk yang kasar dan sembarangan juga membuat kelembapan kulit kita menjadi berkurang.

Terbayang setelah menggunakan sabun yang berlebihan dapat membuat kulit kita kering dan dapat menghilangkan kelembapan dan memakai handuk dengan tidak baik bisa berdampak seperti itu juga, terbayang apa yang terjadi pada kulit kita? mungkin bisa membuat kulit kita menjadi iritasi.

Baca Juga 10 Cara Perawatan Kulit Untuk Bagian Tubuh Sensitif Secara Alami

Gunakan handuk yang lembut pada saat anda selesai mandi. dan jangan terlalu menggosok kulit anda. coba dengan cara hanya menepuk-nepukkan handuk kebagian kulit. karena fungsi handuk sebenernya sebagai pengering air dibadan setelah mandi, jadi tidak perlu terlalu keras menggunakannya dikulit

3 Hal Yang Wajib Diperhatikan Untuk Mendapatkan Mandi Yang Sehat | Siopung | 4.5