5 Tips Mengatasi Insomnia Bagi Remaja Dan Orang Dewasa

Tips Mengatasi Insomnia Untuk Remaja

Gambar Ilsutrasi Via Pixabay.com

Anda punya masalah tidur atau insomnia sepanjang malam? anda tidak sendiri. 30 hingga 35% orang juga menderita serangan insomnia. Kurang tidur berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, tekanan darah tinggi, dan juga penyakit jantung.

Meskipun anda mungkin tergoda untuk meminup obat tidur agar anda bisa tertidur lelap, alangkah lebih baiknya anda mencobal 5 tips ini terlebih dahulu.

1. Benamkan Wajah Anda Dengan Air Dingin

Cara yang pertama untuk menghilangkan insomnia adalah dengan membenamkan wajah anda dengan air dingin. Ini dikenal sebagai mammalia diving reflex. Membenamkan

wajah Anda dalam air dingin selama 30 detik akan menurunkan detak jantung anda dan mempersempit pembuluh darah Anda. Ini menyebabkan berkurangnya aliran darah ke anggota badan dan menyimpan lebih banyak untuk otak dan jantung.

Dari kegiatan ini sinyal tubuh anda akan menjadi mode hibernasi santai. Semakin dingin air, semakin cepat detak jantung akan melambat. Dan ini akan membuat tubuh anda semakin santai dan bisa membuat anda untuk tidur lebih cepat.

Baca juga: 5 Cara Mudah Tidur Kembali Setelah Terbangun Tengah Malam

2. Bernafas Dengan Menggunakan Metode 4-7-8

Metode pernapasan 4-7-8 diciptakan oleh Dr. Andrew Weil. Ia adalah seorang pendukung obat holistik dan integratif. Cara ini dapat mendorong anda untuk fokus pada napas anda dan merilekskan tubuh anda, sama seperti meditasi.

Teknik didasarkan pada teknik pernapasan “Pranayama Yoga” dan itu mudah dipelajari.

Dr. Weil menyarankan untuk duduk tegak dan menahan lidah anda di langit langit mulut di belakang gigi atas anda.

Langkah-langkah dari metode pernapasan 4-7-8 adalah:

  • Tarik napas melalui hidung anda untuk hitungan 4 detik.
  • Tahan nafas selama 7 detik.
  • Lalu, embuskan napas anda perlahan-lahan untuk hitungan 8 detik.
  • Ulangi langkah-langkah ini 2-4 kali.

Teknik pernapasan yang menenangkan ini akan membuat anda tertidur dalam waktu singkat. Dr. Weil menyarankan untuk mempraktekkan teknik ini sebelum tidur selama 4-6 minggu untuk mendapatkan manfaat penuhnya.

Baca juga: 4 Gerakan Yoga Ini Menjadi Solusi Untuk Kamu Yang Sulit Tidur

3. Jangan Mandi Malam Dengan Air Panas

Anda mungkin berpikir bahwa mandi dengan air panas akan membantu anda untuk tidur, tetapi mengekspos diri anda ke peningkatan suhu tubuh malah akan mengganggu kemampuan alami tubuh anda untuk memproduksi melatonin.

Melatonin adalah hormon alami yang dibuat oleh kelenjar pineal di otak anda. Hormon ini mengatur jam internal tubuh anda. Dua jam sebelum waktu tidur anda, kadar melatonin di tubuh akan naik dapat membantu tubuh anda untuk tidur pada malam hari. Cahaya yang terang dan suhu yang hangat dapat mengganggu produksi melatonin alami anda.

4. Tuliskan Masalah Anda Pada Secarik Kertas

Membuat jurnal tepat sebelum anda tidur dapat meredakan ketakutan dan kecemasan. Selain itu, membuat jurnal juga dapat membantu anda untuk tidur lebih cepat.

Menulis tentang masalah anda akan membuat masalah tersebut keluar dari dada anda. Menulis daftar masalah dan yang harus disyukuri setiap malam dapat membantu anda fokus pada pikiran positif dan membuat anda lebih mudah tertidur.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang membuat jurnal rasa syukur setiap malam akan bisa tidur lebih cepat dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

5. Regangkan dan Rilekskan Jari-Jari Kaki Anda

Meskipun anda mungkin tidak ingin berpartisipasi dalam latihan yang ketat sebelum tidur, tindakan sederhana seperti meregangkan jari-jari kaki dan membuat mereka rileks untuk hitungan sepuluh sampai tiga puluh detik dapat meredakan ketegangan dari tubuh anda dan memungkinkan anda bisa tidur lebih cepat.

Baca juga: 7 Manfaat Tidur Tanpa Celana Dalam Bagi Pria dan Wanita

Sebelum menggunakan obat tidur untuk tidur nyenyak, anda bisa mempertimbangkan cara cara ini. Mengubah kebiasaan dan pemikiran anda atau bahkan membenamkan wajah anda ke air dingin bisa menjadi alternatif yang lebih baik daripada obat-obatan yang berlebih. Efek samping dari penggunaan obat-obatan adalah masalah kesehatan yang mungkin nantinya akan tambah berdampak buruk pada tubuh anda.

5 Tips Mengatasi Insomnia Bagi Remaja Dan Orang Dewasa | Siopung | 4.5