5 Cara Mengatasi Perasaan Gelisah Yang Berlebihan Menurut Psikolog

TIps Mengatasi Perasaan Cemas Berlebihan

Perasaan Cemas Bisa Datang Kapan Saja

Anda suka dilanda cemas terhadap sesuatu? Sudah berjam-jam di tempat tidur namun tetap tidak tidur karena perasaan gelisah?. Umumnya, perasaan gelisah sangat alami dialami oleh banyak orang. Menurut psikolog, hal ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan kedewasaan berpikir seseorang dalam mengelola tingkat stress dalam hidupnya.

Tentu banyak yang merasa terganggu dengan perasaan cemas berlebihan. Kamu mungkin saja mengalami kecemasan dengan deadline pekerjaan yang harus kamu siapkan hari ini juga, atau terkait kecemasan kamu dalam memandang masa depan. Hal ini adalah sesuatu yang lumrah.

Kabar baiknya, ada cara yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan ternyata mampu untuk mengelola atau mengontrol tingkat kecemasan anda. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

1. Jangan Berusaha Terlalu Keras Melupakan Kecemasan Anda, Pikirkan Saja Sampai Anda Bosan

Umumnya kita berusaha sekuat tenaga untuk melupakan kecemasan-kecemasan tersebut dengan melakukan hal-hal seperti, bermain game, menonton televisi, atau hangout bareng teman-teman. Tetapi, cara tersebut ternyata hanya bertahan sementara. Semakin kuat kamu berusaha untuk melepaskan kecemasan tersebut, maka akan semakin kuat pula perasaan cemas itu datang kepadamu.

Cobalah untuk mengomel atau berbicara sendiri pada diri kamu. Katakan bahwa masalah yang kamu hadapi hanyalah sementara saja. Mungkin besok semua akan akan baik-baik saja. Ulangi sampai kamu bosan untuk mengucapkannya.

2. Cobalah Membuat Kecemasan Anda Lebih Buruk Lagi Dari Yang Anda Pikirkan

Seperti mengobati bisa ular dengan bisa juga, maka disini kamu juga dapat mengobati kecemasan dengan menambahkan kecemasan. Terdengar lucu, tetapi hal ini adalah suatu metode kabalikan dari orang-orang terlalu berusaha untuk melepaskan kecemasannya, justru mendapatkan kecemasan tambahan.

Mungkin kamu akan tertawa dengan metode seperti ini. Namun, tahukah kamu bahwa metode ini sangat membantumu terlepas dari kecemasan. Jika sebelumnya kamu terlalu cemas mendapatkan tugas yang sulit dari atasan, cobalah untuk memikirkan sesuatu yang lebih sulit daripada yang kamu bayangkan.

Baca: 10 Cara Memaksimalkan Kerja Otak Dengan Aktifitas Sederhana

3. Jangan Ikuti Pikiran Anda, Cobalah Buat Ilusi Yang Baru

Kecemasan tentu saja datang tiba-tiba dari pikiran anda. Tetapi, kamu bisa memilih untuk tidak mengikutinya. Kamu dapat menciptakan ilusi-ilusi baru seperti yang dijelaskan pada poin kedua. Ingatlah, bahwa otak bekerja secara kompleks dan kreatif. Ia sangat mudah diganggu oleh hal-hal yang kecil.

Dengan menciptakan ilusi-ilusi baru dari permasalahaanmu, mungkin kamu tidak akan merasa cemas lagi.

4. Cobalah Lawan Dengan Berpikir Sebuah Solusi Dari Kecemasan Anda

Mungkin kamu sering terlalu cemas bahwa rumah terbakar atau kemalingan saat kamu sedang berpergian. Dengan berpikir bahwa akan banyak orang di lingkungan rumah yang melihat atau memiliki kesigapan jika hal tersebut terjadi, maka kecemasanmu tentu saja akan hilang.

Berpikirlah bahwa rumah kamu memiliki struktur bangunan yang tidak mudah terbakar, atau kamu tidak memiliki barang-barang yang berharga dirumah.

5. Cobalah Melakukan Yoga atau Bermeditasi

Jika selama ini kamu sering pergi ketempat ramai untuk menghilangkan kecemasan, cobalah sesekali untuk melakukan yoga atau bemeditasi sendiri dirumah atau ditempat yang sepi. Hal ini tentu saja sangat membantu menghilangkan kecemasan yang kamu miliki. Bertemu dengan banyak orang, kamu justru akan mendapatkan sesuatu yang buruk dari perasaan cemas tersebut.

Baca: 7 Rahasia Menghindari Stress Saat Bekerja Bagi Kamu Karyawan

Cobalah untuk fokus terhadap dirimu sendiri. Membuat dirimu tenang dan nyaman dengan aroma ruangan yang lembut, akan membuat otakmu kembali rileks. Hal ini akan menciptakan pikiran-pikiran yang positif terhadap kecemasanmu.