7 Pendekatan Obat Alami Untuk Mengatasi Skizofrenia

7 Pendekatan Alami Untuk Mengatasi Skizofrenia

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Meskipun sulit untuk menentukan penyebab sebenarnya skizofrenia, banyak gejala – termasuk halusinasi, perilaku motorik yang abnormal, kurangnya kebersihan pribadi, kurangnya emosi, dan banyak lainnya yang berhubungan dengan kelainan mental dapat dikategorikan sebagai hal hal yang berhubungan dengan skizofrenia.

Kebanyakan dokter akan merekomendasikan obat antipsikotik untuk masalah skizofrenia ini, tetapi efek samping sering membuat penderita skizofrenia waspada untuk meminumnya. Bagi mereka yang ingin mengelola gejala mereka dengan cara yang lebih alami, perawatan alami berikut dapat memberikan beberapa pilihan.

1. Panax Ginseng

Ramuan ini dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Ginseng membantu mengurangi emosi yang dialami beberapa penderita skizofrenia dan juga dapat meningkatkan energi seseorang. Penting untuk diingat bahwa Panax ginseng yang dapat dijadikan obat skizofrenia adalah yang berasal dari Korea, tidak dapat diganti dengan ginseng Siberia atau Amerika.

Namun, para peneliti percaya bahwa Panax Ginseng mungkin memiliki beberapa efek samping seperti hormon yang bisa berbahaya dengan penggunaan jangka panjang. Pastikan untuk tidak melanjutkan penggunaan ginseng ini jika anda merasakan efek samping negatif.

2. Minyak Ikan

Asam lemak Omega-3 yang terdapat pada minyak ikan penting untuk perkembangan sel otak yang sehat. Karena orang-orang dengan skizofrenia biasanya memiliki kadar asam lemak yang lebih rendah dalam tubuh mereka, mengonsumsi suplemen minyak ikan yang tinggi adalah cara yang efektif untuk mengurangi gejala penyakit mereka dan juga meningkatkan fungsi otak mereka menjadi lebih baik.

Baca juga: 9 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan Dan Cara Menggunakan

3. Olahraga Rutin

Olahraga tidak hanya bagus untuk tubuh yang sehat, tetapi juga membantu meningkatkan suasana hati seseorang dan mengurangi perasaan depresi dan kecemasan. Ini dapat dicapai hanya dengan setengah jam berjalan atau jogging setiap hari.

Yoga juga merupakan alternatif yang sehat karena dapat membantu mengurangi gejala psikotik. Ini juga dapat membantu meningkatkan kognisi, serta menghasilkan perubahan neurobiologi. Olahraga teratur dapat membantu menciptakan kualitas hidup yang lebih baik bagi mereka yang menderita skizofrenia.

4. Antioksidan

Ada kemungkinan bahwa perkembangan skizofrenia di otak dapat dipengaruhi oleh stres oksidatif. Penggunaan antioksidan yang tepat dapat membantu mengurangi masalah ini.

Vitamin tertentu, seperti A, C, dan E dapat membantu mengurangi keparahan gejala yang dialami penderita skizofrenia. Vitamin C juga memiliki kemampuan menurunkan stres. Vitamin ini dapat dikonsumsi dalam suplemen atau dengan memasukkan makanan dengan tingkat antioksidan yang tinggi seperti blueberry, bayam, lemon, wortel, atau buah delima ke dalam daftar makanan penderita skizofrenia.

5. Ashwagandha (tumbuhan yang bisa didapatkan di india)

Ramuan ini memiliki efek menenangkan pada penderita skizofrenia berkat kemampuannya untuk mengurangi perasaan cemas dan depresi. Ini sangat berguna bagi mereka yang menderita skizofrenia karena dua gejala tersebut dapat mengarah ke gejala yang lebih buruk lainnya termasuk pikiran untuk bunuh diri.

Penggunaan ramuan ashwagandha dianggap aman untuk penggunaan jangka pendek karena dosis besar dapat menyebabkan efek samping yang negatif seperti sakit perut, diare, dan muntah. Jadi untuk penggunaan ramuan dari tanaman ini, anda juga harus menkonsultasikan dengan dokter anda bagaimana dosis yang tepat.

6. Brahmi

Brahmi atau bacopa dapat membantu mengurangi gejala penyakit skizofrenia dengan meningkatkan kemampuan kognitif. Ini juga dapat membantu penderita skizofrenia dengan menstabilkan beberapa bahan kimia otak serta menawarkan sifat-sifat neuroprotektif.

Brahmi mungkin juga memiliki beberapa efek samping, tetapi tumbuhan ini dianggap aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu pendek hingga 12 minggu.

Baca juga: 6 Tanda Bahwa Tubuh Mengalami Ketidakseimbangan Hormon

7. Ginkgo Biloba

Karena kemampuannya untuk meningkatkan memori dan sirkulasi serebral, daun pohon ini telah digunakan dalam pengobatan selama bertahun-tahun.

Ramuan tumbuhan ini juga dipercaya dapat membantu mengurangi kelelahan dan keseimbangan tubuh yang buruk. Sakit kepala dan perubahan suasana hati juga dapat dikurangi ketika kita meminum ramuan ginkgo biloba. Oleh karena itu, ginkgo biloba bisa menjadi salah satu pendekatan alami untuk kesehatan mental yang lebih baik penderita skizofrenia.

7 Pendekatan Obat Alami Untuk Mengatasi Skizofrenia | Siopung | 4.5