Tips Memenuhi Hasrat Mengoleksi Buku Meski Punya Uang Minim

Tips Mengoleksi Buku

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Membaca adalah jendela dunia. Bagaimana bisa? Karena dengan membaca banyak ilmu pengetahuan yang bisa kita serap dari belahan dunia manapun tanpa harus pergi ke negara tersebut. Seperti layaknya membuka jendela, kita akan melihat lingkungan sekitar dengan berbagai macam keanekaragaman flora, fauna, manusia, dan lingkungan di sekitarnya termasuk teknologi apa yang digunakan, apa yang sedang dilakukan, dan lain-lain.

Seperti itulah filosofi buku adalah jendela dunia. Dengan buku kita bisa melihat negara lain. Teknologi apa yang sedang tren, apa yang sedang dilakukan atau kebiasaan apa yang dilakukan oleh daerah atau negara tersebut, dan masih banyak yang lainnya. Maka tidak heran semakin banyak buku yang dibaca oleh seseorang maka semakin banyak pula ilmu yang didapatkan.

Buku apa yang dibaca juga bisa mencerminkan kepribadian orang tersebut. Seperti contoh jika buku yang sering dibaca adalah buku tentang hukum, maka kepribadian orang tersebut bisa jadi tipe kepribadian yang tegas, yang taat akan suatu aturan yang berlaku. Lain halnya dengan seseorang yang sering membaca buku tentang psikologi atau buku tentang cara membaca orang lain, maka kepribadian yang terbentuk adalah memahami perasaan orang lain dan menyikapi orang lain dengan tepat.

Buku memiliki peran yang yang amat penting dalam pembentukan kecerdasan. Semakin banyak ilmu baru yang didapat, maka semakin banyak informasi yang terserap ke dalam otak yang bisa digunakan untuk menyelesaikan persoalan dalam kehidupan. Namun, banyak sekali masalah yang sering kita dengar adalah banyak dari mereka yang sangat gemar sekali membaca buku namun tidak mempunyai dana untuk membelinya.

Lagi-lagi permasalahan uang menjadi biang keladinya. Uang menjadi penghambat nomor 1 dalam hal ini. Fatalnya, banyak yang beranggapan bahwa jika sudah berurusan dengan uang maka tidak akan ada lagi jalan keluarnya alias buntu! Hal ini salah besar. Mengoleksi buku tidak melulu harus mengeluarkan uang yang banyak kok. Bahkan untuk kamu yang masih sekolah pun bisa mengoleksi buku.

Baca Juga 4 Nasehat Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa Dari Buku Bondan Winarno

Membeli Buku Bekas Tidak Ada Salahnya Untuk Dicoba

Banyak cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah pertama, membeli buku bekas. Pasti di dalam suatu kota terdapat pasar yang khusus menjual buku-buku besar seperti Kampung Ilmu di Surabaya. Di kampung ilmu terdapat banyak sekali pedagang yang menjual buku-buku bekas yang masih layak dengan harga yang sangat terjangkau.

Bukan jelek atau bagusnya kondisi buku yang menjadi prioritas, tapi kualitas isi buku. Selama buku tersebut memiliki kualitas yang bagus untuk dibaca dan masih bisa dibaca, tidak masalah untuk membelinya. Toh yang dibutuhkan dari buku tersebut adalah ilmunya, bukan estetikanya. Seperti suatu pepatah jangan melihat dari covernya tapi isinya. Yap, betul sekali! Gunakan prinsip ini setiap kali kamu ingin membeli buku.

Manfaatkan Momen Cuci Gudang, Biasanya Harganya Bisa Lebih Murah Daripada Biasanya

Kedua, membeli saat ada cuci gudang. Toko buku besar sering kali mengadakan cuci gudang seperti Gramedia. Harga yang dijual bisa separuh lebih dari harga aslinya. Seperti contoh, buku dengan tebal 300 halaman yang biasanya dijual dengan harga lima puluh ribuan ke atas, dijual dengan harga sepuluh ribu sampai dua puluh ribu saja.

Manfaatkan cuci gudang untuk mengoleksi buku yang kamu inginkan. Jangan khawatir, buku yang dijual di cuci gudang masih layak kok. Bahkan beberapa diantaranya masih di segel. Jenis-jenis buku yang dijual pun beragam. Mulai dari novel, tips-tips, hingga ilmu pengetahuan umum. Jika kamu mengaku hobi membaca dan sangat suka mengoleksi buku, lakukanlah tips ini.

Baca Juga 7 Cara Mengisi Waktu Luang Yang Menghasilkan Uang

Demikian beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memenuhi hasrat kamu dalam mengoleksi buku.Semoga bermanfaat, Kawan!

Tips Memenuhi Hasrat Mengoleksi Buku Meski Punya Uang Minim | Siopung | 4.5